Sukses


Real Madrid dan Peluang Juara 3 Klub La Liga

Bola.com — Real Madrid bertengger di puncak klasemen sementara La Liga 2016-2017 hingga pekan ke-24. Lantas, bagaimana peluang juara mereka, berserta tiga klub lainnya, yakni Barcelona, Sevilla, dan Atletico Madrid?

Pada Januari 2017, Real Madrid mencatat rekor di Spanyol setelah menjalani 40 pertandingan di seluruh ajang tanpa terkalahkan. Catatan tersebut terhenti setelah Real Madrid takluk 1-2 dari Sevilla, di Ramon Sanchez Pizjuan, 16 Januari lalu. 

Meski sempat bertengger di puncak klasemen sementara, Real Madrid mulai mengalami penurunan performa. Teranyar, mereka bahkan kembali menelan kekalahan 1-2 dari Valencia, di Mestalla Stadium, 23 Februari lalu. 

Hasih tersebut membuat jarak Real Madrid dengan Barcelona yang menempati peringkat kedua kini hanya berjarak satu poin. Namun, Real Madrid berpeluang kembali memperlebar jarak karena masih memiliki satu pertandingan lebih sedikit ketimbang Barcelona. 

Jika dapat mempertahankan konsistensi, Real Madrid tentu akan menjadi calon terkuat juara La Liga musim ini. Namun, jika Cristiano Ronaldo dan kawan-kawan gagal, tentu tiga klub lain di papan atas klasemen sementara bersiap mengambil alih posisi Los Blancos. 

Lantas, seperti apa peluang ketiga klub tersebut? Berikut ini adalah ulasannya yang dirangkum Bola.com

2 dari 4 halaman

Barcelona

Barcelona memiliki target mempertahankan gelar untuk kali ketiga pada musim ini. Namun, sejak awal musim, Lionel Messi dan kawan-kawan belum menunjukkan konstensi permainan sehingga mereka sempat kesulitan mengejar Real Madrid.

Pada awal musim, Barcelona pernah menghajar Real Betis, 6-2. Namun, La Blaugrana gagal meraih poin penuh setelah kalah 1-2 melawan Deportivo Alaves, 11 September 2016. Satu bulan berselang, Barcelona bermain 1-1 melawan Atletico Madrid dan kalah 1-2 kontra Celta Vigo.

Pada November, Barcelona pun takluk 1-3 dari Manchester City, di Stadion Etihad. Setelah itu, Barcelona belum juga menunjukkan konsistensi setelah tercatat meraih lima hasil imbang dan satu kekalahan (0-4 dari Paris Saint-Germain).

Peluang juara: 75 %

3 dari 4 halaman

Sevilla

Pada musim ini, Sevilla tampil sebagai salah satu penantang serius dalam perburuan gelar juara. Hingga pekan ke-24, skuat asuhan Jorge Sampaoli tersebut hanya menelan empat kekalahan saat menghadapi Granada, Athletic Bilbao, Barcelona, dan Espanyol.

Performa Sevilla pun cukup baik di turnamen Eropa. Mereka sukses meraih tiga trofi Liga Europa secara beruntun. Pada musim ini, mereka masih berpeluang meraih Liga Champions untuk kali pertama sejak 1945-1946 setelah menang 2-1 atas Leicester City pada laga leg pertama 16 besar.

Peluang juara: 50 %

4 dari 4 halaman

Atletico Madrid

Sejak beberapa musim terakhir, Atletico Madrid telah dikenal sebagai klub yang mampu mematah dominasi Real Madrid dan Barcelona di ajang La Liga. Namun, pada musim ini,performa Atletico Madrid dinilai belum maksimal.

Hingga pekan ke-26, Atletico Madrid berada di peringkat keempat klasemen sementara La Liga dengan poin 45, tertinggal tujuh angka dari Sevilla yang menempati posisi ketiga.

Setelah bermain 1-1 dengan Barcelona pada September 2016, Atletico Madrid menelan kekalahan melawan Sevilla, Real Sociedad, Real Madrid, dan bermain 0-0 melawan Espanyol, sebelum libur akhir tahun.

Memasuki periode 2017, Atletico Madrid bermain imbang melawan Athletic Bilbao dan Deportivo Alaves. Teranyar, mereka takluk 1-2 dari Barcelona, di Stadion Vincente Calderon, pada akhir pekan lalu.

Peluang juara: 30 %

Sumber: Sky Sports

Saksikan cuplikan pertandingan dari Liga Inggris, La Liga, Liga Champions, dan Liga Europa, dengan kualitas HD di sini

Video Populer

Foto Populer