Sukses


Messi Tutup Tahun dengan Sempurna

Barcelona - Lionel Messi kembali menunjukkan kualitasnya di laga El Clasico, Sabtu (23/12/2017). Striker Barcelona itu menyumbang sebuah gol dan assist sehingga membawa timnya menang 3-0 atas Real Madrid.

Messi memang memiliki peran penting dalam kemenangan Barcelona di El Clasico, Sabtu (23/12/2017). Setelah di babak pertama mati kutu, pemain asal Argentina itu mampu mengeluarkan performa terbaiknya di babak kedua.

Ia membawa tim tamu unggul 2-0 lewat penalti di menit ke-64 menyusul handball Dani Carvajal. Selanjutnya, ia memberikan umpan matang yang dimaksimalkan Aleix Vidal di injury time. Dua aksinya itu pun menorehkan catatan spesial.

Tercatat, pemain asal Argentina itu sudah mencetak 15 gol di Santiago Bernabeu pada laga El Clasico. Jumlah itu jauh lebih banyak dari yang diciptakannya saat tampil di Camp Nou. Tak heran jika Messi menyambut kemenangan itu dengan sukacita.

"Senang mengakhiri tahun dengan kemenangan penting di El Clasico! Pelukan dan Selamat Natal untuk kalian semua!," tulis Messi lewat akun Twitter.

 

2 dari 3 halaman

Rekor Messi

Aleix Vidal rayakan gol bersama Lionel Messi ( JAVIER SORIANO / AFP)

Kembali bicara soal rekor, Messi juga memperkokoh statusnya sebagai pencetak gol terbanyak dalam sejarah El Clasico. Sudah 25 gol yang dikoleksinya dengan rincian 17 di La Liga, enam di Piala Super Spanyol, dan dua di kompetisi Eropa.

Dari 25 gol yang dicetak Messi selama El Clasico, pemain Timnas Argentina itu melepaskan 129 tembakan ke gawang Real Madrid. Itu artinya, dia mengancam gawang Los Blancos sebanyak 0,6 kali per laga El Clasico.

Messi juga punya kontribusi besar untuk rekan-rekannya dalam banyak pertandingan El Clasico. Dia total menghasilkan 14 assist dan menciptakan 68 peluang. Itu artinya Messi membuat satu assist per tiga laga.

 

3 dari 3 halaman

Barcelona Kandidat Kuat

Ekspresi penyerang Real Madrid Cristiano Ronaldo saat melawan Barcelona dalam pertandingan Liga Spanyol di stadion Santiago Bernabeu di Madrid, Spanyol (23/12). Pada El Clasico itu Ronaldo dan timnya kalah telak di kandang sendiri. (AP Photo/Paul White)

Bukan cuma memantapkan status sebagai pencetak gol terbanyak sepanjang masa El Clasico, Messi juga mempertajam rekornya sebagai pencipta assist terbanyak klub. Dilansir Opta, sudah 200 assist yang diciptakan pemain 30 tahun itu di semua ajang.

Kontribusinya kali ini pun membuat tim besutan Ernesto Valverde itu semakin berpeluang menjuarai La Liga. Pasalnya, mereka sudah unggul 14 poin atas Madrid, 11 poin atas Sevilla, dan sembilan poin atas Atletico Madrid.

Tak hanya di La Liga, Blaugrana sebelumnya juga sudah memastikan tiket 16 besar Liga Champions. Nantinya, ia akan bertemu Chelsea. Di Copa del Rey, mereka akan meladeni Celta Vigo pada babak 16 besar.

Video Populer

Foto Populer