Sukses


7 Catatan Julen Lopetegui Setelah Dipecat Real Madrid

Bola.com, Jakarta - Karier Julen Lopetegui bersama Real Madrid hanya seumur jagung. Keputusan sang entrenador menanggalkan jabatan pelatih Timnas Spanyol ternyata tak linear dengan perjalanannya bareng Real Madrid.

Manajemen Real madrid memecat Julen Lopetegui setelah gagal mengangkat performa Real Madrid. Kekalahan dari Barcelona dengan skor telak, 1-5, menjadi 'gong maut' yang tak mungkin lagi ditahan jajaran petinggi El Real.

Keputusan final keluar: Julen Lopetegui enyah dari Santiago Bernabeu. Sebuah keputusan yang banyak mendapat dukungan, meski tak sedikit yang mengirim kritikan.

Namun, jalan hidup Julen Lopetegui bersama Sergio Ramos dkk tak bisa bertahan lama. Apalagi jejak Julen Lopetegui tergolong penuh kontroversial. Saat diumumkan sebagai pelatih baru Real Madrid, Lopetegui masih menjabat sebagai pelatih timnas Spanyol yang sedang bersiap untuk tampil di Piala Dunia 2018. Tak lama berselang, Lopetegui dipecat oleh federasi sepakbola Spanyol [RFEF].

Selama menjalani karier di Santiago Bernabeu, Lopetegui mencatat sejumlah catatan statistik yang baik dan buruk. Mengutip dari Opta, di bawah ini adalah catatan statistik eks pelatih FC Porto selama menjadi pelatih Real Madrid:

 

2 dari 2 halaman

Catatan Julen

 14 - Julen Lopetegui hanya memainkan 14 laga dengan Real Madrid dalam kapasitas sebagai pelatih. Enam kali menang, enam kali kalah dan dua kali imbang adalah hasil yang dia capai.

20 - Dari semua laga resmi yang dimainkan oleh Real Madrid di bawah komando Lopetegui, mereka telah kebobolan 20 gol. Madrid hanya mampu mencetak 21 gol dengan Karim Benzema sebagai penyumbang gol paling banyak, 6 gol.

14 - Real Madrid hanya mencetak 14 gol di La Liga sepanjang kepemimpinan Julen Lopetegui. 14 juga menjadi jumlah kebobolan Real Madrid dari 10 laga di ajang La Liga pada musim 2018/19. Ini adalah rekor terburuk sejak musim 2008/09 silam.

179 - Pada 10 pertandingan La Liga di bawah komando Julen Lopetegui, Real Madrid total melepas 179 tendangan, termasuk yang diblok. Lebih banyak dari tim mana pun. Tapi, tingkat konversi Madrid hanya 7,82 persen yang jadi gol.

9 - Di bawah asuhan Julen Lopetegui, Gareth Bale menjadi pemain yang cukup penting. Pemain asal Wales tersebut total sembilan kali bermain penuh selama 90 menit, dari total 14 laga yang dijalani Lopetegui.

9 - Real Madrid berada di posisi ke-9 klasemen ketika Julen Lopetegui dipecat. Posisi ini adalah yang paling buruk bagi Real Madrid sejak tahun 2001/2002 atau 11 tahun yang lalu.

14 - Julen Lopetegui dipecat setelah hanya menukangi Real Madrid pada 14 pertandingan. Catatan ini hanya lebih baik dibandingkan dengan Jose Antonio Camacho yang dipecat pada tahun 2004 silam. Saat itu, Camacho hanya memainkan 6 laga saja.

Sumber: Bola.net

Video Populer

Foto Populer