Sukses


Industri Sepak Bola di Spanyol: 185 Ribu Lapangan Kerja dan Pemasukan Pajak Rp59,5 Triliun

Bola.com, Jakarta - Sepak bola di Spanyol sudah merangsek ke 'genre' industri. Sisi komersiil menjadi nilai tambah bagi La Liga, Segunda Division, dan beberapa liga domestik lain di Spanyol.

Meski belum sebesar Premier League, pelan tapi pasti sepak bola di Spanyol memengaruhi kualitas sosial dan ekonomi. Dampak terhadap dua aspek masyarakat tersebut sudah terlihat. Faktanya, industri sepak bola profesional di Spanyol sudah menghasilkan 185 ribu lapangan kerja, plus raihan pajak sebesar Rp4,1 miliar euro atau lebih dari Rp59,5 triliun.

Dua statistik tersebut masih ditambah dengan penghasilan setara 1,37 persen dari produk domestik bruto (PDB) Spanyol. Walhasil, karakter industri 'bal-balan' di negeri Matador mampu menginisiasi efek positif di segmen sosial dan ekonomi.

Deretan fakta di atas menjadi bagian kecil dari fakta-fakta hasil riset independen dari firma konsultasi PricewaterhouseCoopers (PwC). PwC melakukan penelian terkait industri sepak bola di Spanyol dan pengaruhnya terhadap beragam aspek sosial-ekonomi.

PwC menurunkan beragam laporan tersebut dalam tajuk ‘Financial, Fiscal, and Social Impact of Professional Football in Spain’, atau jika diterjemahkan menjadi Finansial, Fiskal, dan Dampak Sosial dari Sepak Bola Profesional di Spanyol. Menurut rilis La Liga, PwC melakukan pengambilan sampel dan data sejak musim 2016-2017.

Presiden La Liga, Javier Tebas mengakui apa yang dilakukan pihaknya, dengan mengubah sistem industrialisasi sepak bola di Spanyol, belum maksimal. Masih banyak unsur yang bisa dikembangkan, sehingga memerluas efek positif bagi sepak bola profesional di negara tetangga Portugal tersebut.

Perwakilan PwC, Jordi Esteve mengungkappkan, lapangan pekerjaan telah meningkat sebesar 28 persen dibandingkan dengan laporan dengan topik yang sama empat tahun lalu. Catatan kontribusi fiskal juga meningkat sebanyak 41 persen.

Kontribusi industri sepak bola di ranah Spanyol juga memiliki efek lain yang selajur dengan mereka. Laporan PwC mengungkapkan, LaLiga menciptakan penghasilan tambahan bernilai 4 miliar euro pada sektor lain. Wilayah lain yang terpengaruh misalnya katering, akomodasi, bar, dan wisata lokal.

Hal itu berkaitan dengan angka pengunjung stadion dan jumlah penonton yang semakin tinggi. Secara realita, kondisi tersebut telah membantu bar-bar di Spanyol meraup sekitar 1,23 miliar euro, plus menghasilkan 19.415 pekerjaan.

Sumber: La Liga

Video Populer

Foto Populer