Sukses


Antoine Griezmann dan 8 Transfer Kontroversial Sepanjang Masa

Jakarta - Barcelona tersenyum puas setelah sukses menggaet Antoine Griezmann. Untuk meminang striker Timnas Prancis tersebut, Barcelona harus membayar mahar sebesar 120 juta euro atau setara dengan Rp 1,8 triliun kepada Atletico Madrid.

Kendati proses transfer sudah selesai, Atletico Madrid bakal menuntut Barcelona. Pasalnya, tim asuhan Diego Simeone itu mencium ada siasat licik yang dilakukan Barcelona untuk mendapatkan tanda tangan Griezmann.

Pasalnya, Los Blaugrana, sebutan Barcelona, sudah menemui kata sepakat dengan Griezmann sejak Maret 2019. Namun demikian, Barcelona tidak mau menebus Griezmann pada Maret lalu, karena klausul jualnya masih 200 juta euro.

Dari sini, Atletico Madrid menilai Barcelona telah melakukan siasat licik karena menunggu klausul Griezmann berubah menjadi 120 juta euro per 1 Juli.

Atletico Madrid bakal melaporkan hal ini kepada FIFA dan meminta 80 juta euro lagi kepada Barcelona karena sudah 'mendapatkan' Griezmann sejak Maret lalu.

Sebelum Antoine Griezmann ke Barcelona, ada delapan transfer kontroversial yang terjadi di dunia sepak bola. Simak di halaman selanjutnya.

Saksikan siaran langsung pertandingan-pertandingan Premier League, La Liga, Ligue 1, dan Liga Europa di sini

2 dari 9 halaman

Sol Campbell (Tottenham Hotspur ke Arsenal, 2001)

Saat masih memperkuat Tottenham Hotspur, Campbell pernah berujar tidak akan pernah memperkuat tim rival sekota.

Namun, mantan bek timnas Inggris ini bak menjilat ludahnya sendiri saat menolak tawaran klub-klub besar Eropa untuk bergabung dengan Arsenal tahun 2001 lalu.

Menariknya, Campbell pergi dengan status gratis dari Spurs karena menolak perpanjangan kontrak yang akan membuatnya sebagai pemain dengan gaji termahal. Hingga kini, fans Spurs masih memanggilnya Yudas.

 

3 dari 9 halaman

Ashley Cole (Arsenal ke Chelsea, 2006)

Kepindahannya ke Chelsea tahun 2006 lalu sempat bikin geger bursa transfer. Maklum, Cole pindah dari Arsenal ke Chelsea yang notabene rival sekota.

Sebelum proses kepindahan ini rampung, skandal juga sempat terkuak. Tepatnya, saat Cole dan agennya Jonathan Barnett kedapatan bertemu pelatih Chelsea kala itu Jose Mourinho dan CEO Peter Kenyon di sebuah hotel di London.

Gara-gara pertemuan ilegal itu, Cole didenda 100 ribu poundsterling oleh FA. Chelsea sendiri harus merogoh kocek 5 juta pounds plus melepas William Gallas untuk mendapatkan tanda tangan mantan suami Cheryl Tweedy ini.

 

4 dari 9 halaman

Luis Figo (Barcelona ke Real Madrid, 2000)

Tahun 2000 silam, Figo bikin kontroversi saat hengkang dari Barcelona ke rival abadi mereka, Madrid dengan transfer 60,1 juta euro, rekor transfer termahal dunia saat itu.

Momen paling menyeramkan saat Figo kembali ke Nou Camp dengan kostum Madrid untuk pertama kalinya. Fans Barca meneror Figo sepanjang pertandingan, membakar poster bintang asal Portugal itu hingga yang paling parah melemparkan kepala babi ke lapangan dari tribun.

 

5 dari 9 halaman

Johan Cruyff (Ajax Amsterdam ke Feyenoord, 1983)

Di akhir musim 1982-1983, Ajax tidak memberikan kontrak baru kepada Cruyff. Ia pun merespon hal tersebut dengan bergabung ke Feyenoord Rotterdam, klub rival Ajax.

Bersama Feyenoord, Cruyff berperan penting dalam keberhasilan meraih dobel gelar, juara Eredivisie dan Piala Belanda, di akhir musim. Gelar Eredivisie itu merupakan yang pertama kali dalam satu dekade.

 

6 dari 9 halaman

William Gallas (Chelsea ke Arsenal, 2006)

Bek tangguh asal Prancis ini ditransfer ke Arsenal sebagai bagian dari pembelian Ashley Cole ke Chelsea tahun 2006 lalu. Setelah proses transfer itu rampung, pihak "The Blues" melempar isu Gallas mengancam bakal mencetak gol bunuh diri jika tidak dibiarkan hengkang.

Namun, pernyataan Chelsea itu dibantah dengan tegas oleh Gallas. Sebelum pergi ke Arsenal, Gallas sempat mengungkapkan ingin bermain di Serie A. Kala itu, Juventus dan AC Milan menyatakan minat untuk memboyong bek serbabisa itu.

 

7 dari 9 halaman

John Obi Mikel (Lyn Oslo-Chelsea, 2006)

Bergabungnya Obi Mikel ke Chelsea sempat memicu kontroversi. Masalah muncul karena Manchester United lebih dulu mengumumkan telah resmi memboyong pemain asal Nigeria itu setahun sebelumnya.

Lucunya, Obi Mikel pun sempat menghilang dan saat kembali ia langsung sepakat bergabung dengan tim London Barat. Meski sukses merebut Mikel dari MU, Chelsea harus membayar kompensasi 12 juta pounds ke Manchester United dan 4 juta pounds ke Lyn Oslo.

 

8 dari 9 halaman

Roberto Baggio (Fiorentina ke Juventus, 1980)

Keributan terjadi di Florence begitu pemain dengan kuncir kuda itu dijual oleh Fiorentina ke Juventus. Akibatnya, banyak orang yang mengalami cedera akibat keributan tersebut. Baggio sendiri dibeli Juventus dengan mahar 13,6 juta euro, rekor transfer saat itu.

Saat Juventus bertemu Fiorentina, Baggio menolak untuk menendang penalti. Tidak cuma itu, ia pun mencium syal berwarna ungu, warna kebesaran Fiorentina sebagai bukti cintanya. Baggio juga mengklaim dia dipaksa untuk menerima proses kepindahannya ke Turin.

 

9 dari 9 halaman

Carlos Tevez-Javier Mascherano (Corinthians, 2006)

Kejutan besar terjadi saat dua Tevez dan Mascherano malah bergabung dengan West Ham United. Padahal, banyak klub besar yang mengincar tanda tangan kedua pemain ini.

Kepindahan keduanya mencurigakan karena kualitas Tevez dan Mascherano terlalu bagus untuk tim penghuni zona degradasi macam West Ham.

Spekulasi yang beredar ada klub Liga Premier yang enggan merekrut kedua pemain ini karena adanya ketentuan yang ditetapkan pihak ketiga, dalam hal ini MSI dan Global Soccer Agencies.

Saksikan video pilihan berikut ini:

Video Populer

Foto Populer