Sukses


Mengintip Langsung Renovasi Markas Real Madrid Stadion Santiago Bernabeu

Jakarta - Real Madrid tengah mempersiapkan tampilan baru Santiago Bernabeu. Menelan biaya sekitar Rp8 Triliun, markas Los Blancos digadang-gadang salah satu stadion termegah di dunia.

Renovasi dimulai sejak musim panas lalu. Rencananya stadion baru Real Madrid bakal memiliki atap yang bisa dibuka dan ditutup sesuai kebutuhan. Kapasitas juga akan ditambah dari 80 ribu menjadi 100 ribu penonton sehingga menambah tinggi stadion hingga 12 meter.

 

 

 

 

 

Saat berada di kota Madrid, Spanyol, belum lama ini, Liputan6.com berkesempatan menyambangi stadion megah tersebut. Proses pengerjaan sedang berlangsung. Alat berat dan tukang tampak memadati areal depan stadion yang berada di pusat kota itu.

Pagar-pagar pembatas dipasang di lokasi pengerjaan. Pengunjung umum dilarang masuk ke lokasi tersebut. "Si, si (iya, iya)...," ujar salah seorang pekerja bangunan saat ditanya apakah mereka tengah mengerjakan tampilan baru Santiago Bernabeu.

 

Untuk tahun 2019, ada dua tahap proses pengerjaan yang dilakukan. Pertama adalah menghancurkan lokasi belanja Esquina del Bernabeu. Selanjutnya bagian atap akan diruntuhkan. Selanjutnya, pada musim ini stan baru di sisi Timur akan dibangun.

Dua pilar utama di bagian Barat juga akan diruntuhkan dan digeser lebih ke tengah agar mampu menopang berat atap baru Santiago Bernabeu.

 

2 dari 3 halaman

Tetap Berfungsi Normal

Santiago Bernabeu tidak hanya markas bagi Real Madrid. Stadion megah ini juga merupakan salah satu ikon kota Madrid, Spanyol. Meskipun bukan pendukung skuat Los Blancos, tidak sedikit wisatawan yang menyempatkan diri untuk berkunjung ke Santiago Bernabeu. 

Selain untuk sekedar berfoto, biasanya wisatawan juga mengikuti paket tur ke dalam stadion yang dibuka untuk umum. "Selama renovasi, paket tur ke stadion tetap dibuka. Tiketnya sebesar 25 euro," kata Maria Jesus Malo Sanchez, salah seorang pemandu wisata di Madrid.

Selama renovasi, Santiago Bernabeu tetap beroperasi normal. Los Blancos masih menjamu Galatasaray di sana pada laga lanjutan Liga Champions, 7 November lalu. Selanjutnya, Real Madrid juga akan menjamu Real Sociedad dalam lanjutan La Liga, 24 November 2019. 

 

Berada di Pusat Kota Sanchez menemani rombongan wartawan bersama Astra Honda Motor (AHM) Indonesia selama berada di Madrid. Perjalanan menuju Santiago Bernabeu diawali dari kawasan Puerta de Sol yang menjadi salah satu pusat wisata di kota Madrid, Spanyol.

 

3 dari 3 halaman

Berada di Pusat Kota

Menggunakan bus, perjalanan menuju Santiago Bernabeu ditempuh tidak lebih dari 30 menit. Perjalanan juga melewati air mancur Cibeles atau Fuente de Cibeles). Monumen ini dibangun oleh arsitek Ventura Rodriguez di era pemerintahan Raja Charles III.

Patung Fuente de Cibeles berbentuk wanita di atas kereta yang ditarik dua singa. Dia memegang kunci dan tongkat. Dalam budaya Yunani kuno, Cibeles adalah ibunya para dewa.

Monumen ini juga merupakan lokasi favorit bagi suporter Real Madrid saat merayakan kemenangan timnya.

Santiago Bernabeu masih berada di pusat kota. Lokasinya berada di pinggir jalan raya dan dikelilingi gedung apartemen dan pertokoan. Santiago Bernabeu juga terletak tidak jauh dari bangunan bersejarah Linares Palace, Buenavista Palace, dan Madrid, Cybele Palace.

 

Sumber asli: Liputan6.com

Disadur dari: Liputan6.com (Marco Tampubolon/Edu Krisnadefa, Published 13/11/2019)

 

 

Video Populer

Foto Populer