Sukses


Barcelona Sewa Influencer untuk Menjelek-jelekkan Para Pemainnya Sendiri?

Bola.com, Barcelona - Jaringan radio terkenal Spanyol, Cadena SER, melalui programnya, Què Thi Jugues mengungkapkan bahwa ada perusahaan khusus yang disewa oleh Barcelona untuk mempermanis citra manajemen klub dan memperburuk imej para pemainnya sendiri.

Tak tanggung-tanggung, figur yang dipojokkan merupakan nama-nama tenar di Barcelona, macam Gerard Pique, Lionel Messi, bahkan juga Xavi Hernandez dan Charles Puyol.

Pola kerjanya adalah perusahaan tersebut menjelek-jelekkan sejumlah pemain dan staf lewat akun media sosial. Cadena SER menyebut salah satu perusahaan yang disewa Barcelona, yakni I3 Ventures sudah dikontrak sejak tiga tahun lalu dengan bayaran yang sangat besar.

I3 Ventures diketahui memiliki lusinan akun media sosial dengan pengaruh besar, bahkan beberapa di antaranya merupakan influencers. Tugasnya sama, yakni menyerang individu yang berpotensi merusak internal Barcelona.

Lebih dari itu, para influencers tersebut juga berupaya untuk membersihkan citra Presiden Barcelona, Josep Maria Bartomeu. Siapa pun figur yang mencoba mengkritik Bartomeu, maka langsung diserang lewat kampanye-kampanye busuk, baik itu lewat rilis media mau pun memes.

Berdasarkan keterangan Què Thi Jugues, I3 Ventures memiliki hampir 100 akun Twitter dan Facebook yang telah, sedang, dan akan menyerang Messi, Xavi, Gerard Pique, Pep Guardiola, Carles Puyol, Joan Laporta, dan Carles Puigdemont.

Marca menjelaskan, puluhan bahkan mungkin ratusan akun menyerang Messi setelah legenda hidup Timnas Argentina dan Barcelona itu menunda penandatanganan kontrak baru. Contoh lainnya, Pique, yang dikritik karena jalinan bisnisnya dan ketertarikannya dengan Davis Cup, turnamen tenis yang prestisius.

2 dari 3 halaman

Dibantah Barcelona

Segera setelah berita ini tersiar, Barcelona langsung membantahnya. Ada beberapa poin yang dilontarkan melalui pengumuman resmi.

"Terkait pemberitaan yang menyatakan bahwa Barcelona menyewa sebuah perusahaan yang didedikasikan khusus guna menciptakan opini di media sosial dengan tujuan menjelek-jelekkan citra klub ini, Barcelona menegaskan bahwa:

"Barcelona menolak adanya hubungan dan keterikatan dengan layanan jasa media sosial untuk menyoroti imej negatif baik itu individu, entitas, atau organisasi yang sedang atau pernah berhubungan dengan klub ini."

"I3 Ventures tidak ada hubungannya dengan Barcelona, dan sekali pun ada, maka kami akan langsung memutus kontrak dengan mereka." tulisnya.

Barcelona juga meminta agar informasi yang tersedia mengenai I3 Ventures segera dicabut. Manajemen klub juga akan menempuh jalur hukum jika ada pihak-pihak serupa yang mencoba melakukan praktik-praktik tersebut.

Sumber: AS, Marca

3 dari 3 halaman

Video

Video Populer

Foto Populer