Sukses


Luis Enrique: Level Andres Iniesta Nyaris Mendekati Lionel Messi

Bola.com, Barcelona - Pelatih Timnas Spanyol, Luis Enrique, menyebut Lionel Messi adalah pemain terbaik yang pernah dilatihnya. Enrique juga memuji kualitas Andres Iniesta yang dianggapnya satu level di bawah Messi.

Luis Enrique pernah menangani keduanya saat masih duduk di kursi pelatih Barcelona dari 2014 hingga 2017. Berkat racikan pelatih asal Spanyol itu, ditambah peran Messi dan Iniesta, Barca tampil digdaya di Spanyol dan Eropa.

Dalam tiga musim tersebut, Enrique berhasil membantu Blaugrana merengkuh dua trofi La Liga, tiga gelar Copa del Rey, serta masing-masing satu titel juara Piala Super Spanyol, Liga Champions, Piala Super Eropa, dan Piala Dunia Antarklub.

"Saya tidak bisa memberi tahu Lionel Messi cara menggiring bola atau bagaimana mengoper atau menembak, karena dia adalah seorang seniman dalam hal-hal tersebut. Jelas kami tidak harus menasihatinya mengenai topik-topik itu," kata Enrique.

"Tetapi hal-hal yang berkaitan dengan sistem yang kami gunakan, situasi atau level yang lebih umum jika itu menguntungkan kami, tentu saja kami memberi tahu dia," lanjutnya.

"Bagaimana dia menciptakan tekanan dengan cara tertentu, di mana kami ingin bola, ruang di lapangan, dia akan berusaha untuk menerima bola. Kami coba memengaruhi Lionel Messi terkait dengan semua hal itu," kata Luis Enrique.

2 dari 3 halaman

Level Andres Iniesta Dekat dengan Messi

Pelatih berusia 49 tahun itu juga memuji pengaruh Andres Iniesta ketika masih berseragam Barcelona. Bagi Luis Enrique, Iniesta adalah pemain yang memiliki level permainan hampir mendekati Lionel Messi.

"Pemain yang paling mengesankan saya dalam karier saya adalah Lionel Messi. Setelah itu, Andres Iniesta sangat dekat dengan sesuatu yang serupa, meskipun Leo di depan sisanya dengan perbedaan besar," tutur Enrique.

Sumber: Sportsmole

3 dari 3 halaman

Video

Video Populer

Foto Populer