Sukses


Radomir Antic, Satu-satunya Pelatih yang Pernah Menangani Real Madrid, Barcelona, dan Atletico Madrid

Bola.com, Jakarta - Pria asal Serbia ini bermain dua musim di La Liga bersama Real Zaragoza tapi ia dikenal sebagai pelatih yang sukses dalam tiga dekade karier kepelatihannya. Ia meninggal karena penyakit jangka panjang yang dideritanya pada 6 April 2020 dalam usia 71 tahun.

Di dunia sepak bola yang kompetitif sangat sulit untuk dikagumi dan dicintai oleh seluruh negeri. Namun hal tersebut tak berlaku bagi Radomir Antic, pelatih asal Serbia yang pernah menangani enam klub, yakni Real Zaragoza, Real Madrid, Real Oviedo, Atletico Madrid, Barcelona, dan Celta Vigo.

Antic bermain selama dua musim di Spanyol bersama Real Zaragoza dalam rentang tahun 1978 hingga 1980, mencetak tujuh gol dari 58 penampilan. Sebuah angka yang cukup mengagumkan bagi seorang pemain belakang.

Namun demikian, kariernya sebagai pelatih lah yang memenangi hati para pecinta sepak bola di Spanyol. Antic menjalani 409 pertandingan sebagai pelatih di Liga teratas panyol atau La Liga. Itu menempatkannya di peringkat 16 sebagai pelatih dengan pertandingan terbanyak di La Liga.

Momen terbaiknya ada di musim 1995-1996 ketika ia membawa Atletico Madrid menjuarai dua gelar untuk pertama kalinya dan satu-satunya dalam sejarah mereka. Atleti telah memenangi 10 gelar La Liga 10 gelar Copa Del Rey, tetapi hanya dengan Antic mereka berhasil menjuarai dua gelar tersebut dalam musim yang sama.

Selama karier kepelatihannya, Antic Hanya berhasil menjuarai dua trofi tersebut tetapi lebih dari itu ia mencatatkan 172 kemenangan membuatnya menempati peringkat 14 sebagai pelatih dengan kemenangan terbanyak di divisi teratas sepak bola Spanyol.

 

2 dari 4 halaman

Lahirkan Pelatih Kelas Dunia Lainnya

Selain itu Antic juga meninggalkan warisan luar biasa bagi dunia sepak bola. Ia melahirkan pelatih-pelatih luar biasa Seperti Diego simeone, Luis Enrique, Frank de Boer, Eduardo Berizzo, Michele, dan Phillip Cocu.

Namun pencapaian terbaik Antic yaitu ia selalu dicintai kemana pun ia pergi ia melatih tim di semua penjuru Spanyol dan berhasil dihormati oleh semuanya.

Paco Buyo, mantan anak didiknya, mengeluarkan pernyataan beberapa jam Setelah Antic meninggal.

"Ketika Anda meninggalkan warisan seperti ini tak heran apabila semua orang di Atletico Madrid, Barcelona, dan Real Madrid memiliki kenangan indah tentang Anda."

3 dari 4 halaman

Karier Kepelatihan Antic di La Liga

  • 1988-1990 Real Zaragoza

Karier kepelatihan pertama antic adalah bersama klub yang ia bela semasa karier bermainnya, Real Zaragoza. Di sana, ia membawa timnya menempati peringkat lima dan sembilan selama dua musim di Stadion La Romareda.

  • 1991-1992 Real Madrid

Karier kepelatihannya bersama Real Zaragoza yang impresif membuat Real Madrid mengontraknya di akhir musim 1990-1991. Mereka lalu memulai musim 1991-1992 dengan cukup baik dan Antic berhasil membawa Los Blancos memuncaki klasemen selama setengah musim.

Sayang, ia dilepas oleh Real Madrid dan mereka menyia-nyiakan keunggulan tujuh poin yang didapat oleh Antic.

  • 1992-1995 Real Oviedo

Reputasi antic semakin bagus setelah ia melakukan pekerjaan yang baik bersama Real Madrid dan ia segera dikontrak oleh Real Oviedo dan berhasil membawa mereka lolos dari jerat degradasi yang dianggap sebagai pencapaian luar biasa

  • 1995-2000 Atletico Madrid

Antic lalu melatih Atletico dalam tiga periode berbeda dalam jangka waktu lima tahun dan ia akan selalu dikenang ketika ia menjuarai dua gelar di musim pertamanya di Vicente Calderon.

Meskipun ia hengkang Pada tahun 1998 ia dikontrak pada musim 1998-1999 dan 1999-2000 di mana pada musim 1999-2000 Atletico terdegradasi.

  • 2003 Barcelona

Setelah menjalani rehat pelatih asal Serbia ini kembali melatih tim La Liga dan kali ini bersama Barcelona. Itu menjadikannya satu-satunya pelatih yang menangani tiga tim besar Spanyol: Real Madrid, Atletico Madrid, dan Barcelona.

Ia dikontrak di pertengahan musim 2002-2003 dan dengan ajaib membawa Barcelona naik dari peringkat 15 ke peringkat enam tapi harus dipecat pada akhir musim.

  • 2004 Celta Vigo

Antic sempat melatih Celta Vigo di akhir karier kepelatihannya Dia kemudian melatih Timnas Serbia dan berkarier di China

4 dari 4 halaman

Video

Video Populer

Foto Populer