Sukses


5 Fakta Perjalanan 100 Hari Quique Setien di Barcelona

Bola.com, Barcelona - Pada 14 Januari 2020, Quique Setien resmi diperkenalkan sebagai pelatih baru Barcelona, menggantikan Ernesto Valverde.

Itu berarti, pelatih berusia 61 tahun itu telah menangani Barcelona selama 100 hari. Sayangnya, perjalanan Setien dengan tim terhenti di tengah jalan akibat berhentinya La Liga dan kompetisi Eropa imbas pandemi virus corona.

Setien mendarat di Camp Nou setelah Barcelona kalah di Supercopa de Espana. Catatan Setien dalam 100 hari ialah delapan kemenangan, satu imbang dan tiga kekalahan. 

Selama beberapa bulan pertama di klub, Setien mengalami situasi di mana ada beberapa pemain inti Barcelona yang cedera, di antaranya Ousmane Dembele, Arthur Melo, Jordi Alba, Neto, Luis Suarez, Sergi Roberto, dan Arturo Vidal.

Setien pun terpaksan mempromosikan beberapa pemain dari tim B, yakni Riqui Puig, Alex Collado, Inaki Pena, Ronald Araujo, Chumi, Rey Manaj, Abel Ruiz, dan Sergio Akieme.

Setelah virus corona merebak, Barcelona, seperti mayoritas klub sepak bola Eropa, menghentikan aktivitasnya. Namun, Setien tetap mengawasi skuatnya yang menjalani latihan mandiri di rumah masing-masing.

 

Berikut lima fakta perjalanan 100 hari Quique Setien di Barcelona, dikutip dari situs resmi klub, Rabu (22/4/2020).

2 dari 4 halaman

Puncak Klasemen

1. Puncak Klasemen

Ketika Setien tiba di Camp Nou, Barcelona bersaing ketat dengan Real Madrid dalam memperebutkan posisi puncak klasemen. Pada waktu itu, kedua tim sama-sama mengantongi 40 poin, tapi Barcelona unggul selisih gol.

100 hari berlalu, Barcelona mampu mengambil jarak dua poin dari Real Madrid. Namun, Setien masih harus bekerja keras karena kompetisi belum tuntas.

2. Ball Possession

Sejak kedatangan Quique Setien, Barcelona meningkatkan persentase penguasaan bola dalam permainan berkat gaya permainan baru. Di semua kompetisi, ball posession Barcelona meningkat hingga 69,5%, tertinggi kedua di Eropa, setelah Manchester City (70,9%).

3. Memakai 21 pemain

Setien telah memakai 21 pemain semenjang melatih Barcelona. Dua nama yang absen ialah Luis Suárez dan Ousmane Dembele yang mengalami cedera.

Sebanyak 17 pemain yang diturunkan Setien berasal dari tim utama. Setien juga memanfaatkan pemain muda dari tim B, Ansu Fati, Alex Collado, Riqui Puig, dan Carles Pérez.

Pemain yang paling banyak digunakan adalah Antoine Griezmann dan Ivan Rakitic. Keduanya bermain di semua 12 pertandingan Barcelona di bawah Setien. Kemudian Lionel Messi, Marc-Andre Ter Stegen, Sergio Busquets, Frenkie de Jong, dan Arthur, dengan 11 penampilan.

3 dari 4 halaman

Catatan Kemenangan

4. Delapan kemenangan

Dari 12 pertandingan di bawah kendali Setien, Barcelona mencatatkan delapan kemenangan, satu imbang, dan tiga kali kalah.

Kemenangan terbesar ialah 5-0 melawan Leganes (Copa del Rey) dan Eibar (La Liga). Lionel Messi mencetak empat gol pada duel versus Eibar.

8. Pencetak gol

Delapan pemain berbeda telah mencetak gol pada pertandingan-pertandingan itu, yakni Lionel Messi (8 gol), Antoine Griezmann (5), Arthur, Clement Lenglet dan Ansu Fati (2) dan Sergi Roberto, Sergio Busquets, dan Frenkie De Jong dengan masing-masing satu gol.

Adapun assist, Messi menguasai dengan tujuh assist, diikuti oleh Nelson Semedo, Ivan Rakitic dan Arthuro Vidal dengan dua assist. Frenkie de Jong dan Jordi Alba dengan masing-masing menyumbang satu assist. Barcelona telah kebobolan 11 gol.

 

Sumber: Barcelona

4 dari 4 halaman

Video

Video Populer

Foto Populer