Sukses


5 Fakta Lionel Messi yang Belum Banyak Orang Tahu

Bola.com, Jakarta - Sejak kemunculannya pertama kali kali pada 16 Oktober 2004, Lionel Messi terus menciptakan hal-hal magis bersama Barcelona dan Timnas Argentina. Banyak sejarah yang ia ciptakan hingga kini.

Melakoni debut pada usia 17 tahun 114 hari melawan Espanyol di Camp Nou, Messi tak berhenti membuat penikmat sepak bola dunia berdecak kagum.

Kekuatan utamanya terletak pada kaki kiri. Messi juga piawai mengelabui lawan lewat kecepatan dan kelincahan gerak tubuhnya. Meski mungil, La Pulga, julukannya, tak pernah gentar menghadapi bek musuh yang berukuran jauh lebih besar.

Selain gelar buat klub, Messi juga kerap kali meraih penghargaan individu. Ia sukses meraih lima Ballon d'Or atau pemain terbaik dunia.

Sejumlah fakta menarik mengikuti perjalanan karier Messi. Sebagai pesepak bola, Messi ternyata mengalami masalah kesehatan, yakni kekurangan hormon pertumbuhan yang membuatnya sulit menjulang tinggi.

Selain itu, Messi menandatangani kontrak pertamanya di atas kain serbet. Usut punya usut, sekretaris Barcelona kala itu tidak memiliki kertas. Karena terburu-buru, Messi sampai harus membubuhkan tanda tangan di atas kain serbet.

Berikut ini lima fakta Lionel Messi yang belum banyak diketahui orang lain.

 

2 dari 7 halaman

Mencetak Setidaknya Tujuh Gol ke Gawang Seluruh Tim La Liga

Selama karirnya, Messi telah menghadapi 40 klub berbeda, dan hanya tiga klub yang belum pernah ia bobol, yakni Cádiz CF, Murcia, dan Xerez CD.

Sevilla menjadi lumbung gol buat Messi. Dari 38 penampilan melawan klub Andalusia tersebut, La Pulga sukses menyarangkan 37 gol.

 

3 dari 7 halaman

Sudah Bermain bersama Gerard Pique sejak 2000

Messi dan Gerard Piqué menghabiskan sebagian besar karir mereka bersama. Mereka satu tim saat menimba ilmu di akademi Barcelona, La Masia, bersama Cesc Fàbregas – dimana mereka dijuluki sebagai “Angkatan ‘87” dan berhasil melewati hampir seluruh tantangan di karir mereka.

 

4 dari 7 halaman

Dedikasikan Tiap Gol untuk Neneknya

Pemandangan Messi mengacungkan jari di kedua tangannya ke angkasa setiap mencetak gol hampir terlihat di setiap pekan di La Liga. Hal tersebut adalah gestur penghormatan untuk neneknya, Celia.

Sang nenek meninggal dunia pada 1998 dan tak pernah melihat Messi mengguncang dunia lewat sihirnya.

 

5 dari 7 halaman

Bisa Membela Timnas Spanyol

Setelah menghabiskan masa kecilnya di Barcelona, ia dapat membela Timnas Spanyol, juara Piala Dunia 2010, tetapi Messi tak pernah memikirkannya. Bersama Argentina, ia telah menjadi pencetak gol terbanyak sepanjang sejarah dengan 70 gol.

 

6 dari 7 halaman

Mengidolai Pablo Aimar

Idolanya adalah pemain asal Argentina, dan mantan pemain Valencia dan Real Zaragoza, yakni Pablo Aimar. Mereka sempat berhadapan beberapa kali di La Liga.

Pada sebuah pertandingan pada 2004, Aimar mendatangi Messi yang kala itu tak bermain. Aimar memberikan Messi jerseynya yang hingga kini masih disimpan.

Sumber: La Liga

7 dari 7 halaman

Video

Video Populer

Foto Populer