Sukses


Konglomerat Inggris Jadi Calon Pembeli Pertama Hak Penamaan Camp Nou

Bola.com, Jakarta - Pengusaha asal Inggris, Alki David, dikabarkan menjadi yang pertama meminati penawaran hak nama Stadion Camp Nou, markas Barcelona.

Alki David merupakan pemilik dua perusahaan yang bergerak di bidang kesehatan, Swissx dan FilmOn.

Alih-alih menggunakan dua nama perusahannya itu, Alki David lebih senang dengan ide penamaan Camp Nou menjadi 'Swissx Camp Nou'.

Football Espana via Daily Mail mengungkap Alki David cukup percaya diri bisa memenangi penawaran tersebut. Dia meyakini kesepakatan bisa segera terjalin setelah ia melakukan kontak dengan pihak Barcelona pada awal pekan ini.

Berkaca dari branding yang telah melekat di beberapa stadion di Inggris, kemungkinan nilai branding Camp Nou bisa ada di kisaran 30 juta paun (Rp572,3 miliar).

Manchester City menerima lebih dari 18 juta paun, sementara Tottenham Hotspur masih mencari sponsor untuk stadion yang telah selesai direnovasi dengan tawaran lebih dari 25 juta paun. Angka tersebut untuk hitungan per tahun.

Andai diterima, angka 30 juta paun yang ditawarkan Alki David itu bisa jadi bakal memecahkan rekor branding stadion termahal.

Satu persoalan, terkait seberapa lama stadion bisa dibuka untuk umum pada musim depan menyusul keinginan Pemerintah Spanyol untuk menutup sarana publik selama mungkin di masa pandemi virus corona, dan mungkin setelahnya.

Ada kemungkinan sarana publik, termasuk Stadion Camp Nou, baru bisa dibuka pada awal 2021.

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 2 halaman

Seputar Alki David

Seperti diberitakan sebelumnya, pihak Barcelona menawarkan kepada pihak yang berminat mem-branding Stadion Camp Nou.

Ini jadi kali pertama sepanjang sejarah berdirinya Camp Nou, 63 tahun, stadion kebanggaan di Catalan itu akan dibubuhi embel-embel sponsor.

Barcelona bukan hendak mencari untung atau pemasukan yang masuk kas sendiri dengan program ini, melainkan akan menggunakan dana yang masuk untuk ikut memerangi pandemi virus corona yang juga menghantam Spanyol.

Di sisi lain, sekelumit perihal Alki David. Dia pria kelahiran Nigeria, namun memegang paspor Inggris. 

Alki David dikenal menggemari sepak bola dan bahkan sempat disebut hendak mengakuisisi Coventry City pada 2007, namun mundur di saat-saat akhir.

Dia juga dekat dengan mantan petinju, Mike Tyson. Kekayaan Alki David dikabarkan mencapai 2,6 miliar paun (Rp49,6 triliun).

Sumber: Football Espana

Video Populer

Foto Populer