Sukses


Penyerang Atletico Madrid Diego Costa Divonis Penjara 6 Bulan karena Penggelapan Pajak

Jakarta - Penyerang Atletico Madrid, Diego Costa, kembali diterpa kabar kurang menyenangkan. Ia didakwa atas kasus penggelapan pajak dan divonis hukuman penjara senilai Rp8,6 miliar dan hukuman penjara selama enam bulan.

Seperti dilansir Goal, berdasarkan hukum di Spanyol, Diego Costa boleh tidak menjalani hukuman penjara tersebut. Namun, pemain berpaspor Spanyol itu harus menggantinya dengan denda tambahan yang nilainya ditentukan pengadilan.

Diego Costa mengaku bersalah dalam sebuah sidang pengadilan Madrid pada Kamis (4/6/2020) pagi waktu setempat. Pemain berusia 31 tahun itu menghindari pajak dengan total nilai mencapai 1,1 juta euro atau setara Rp 17,5 miliar.

Uang tersebut seharusnya dia bayarkan karena menjadi bagian transfer dari Atletico Madrid ke Chelsea pada 2014. Diego Costa telah membayar pajak dengan jumlah penuh tahun lalu dan akan membayar denda seperti yang sudah disebutkan di atas.

Hukuman penjaranya dipastikan akan diganti dengan denda tambahan. Menurut undang-undang Spanyol, seorang terdakwa dengan hukuman di bawah dua tahun bisa bebas dari kehidupan penjara alias hanya berstatus hukuman percobaan dan atau tahanan kota.

Apa yang menimpa Diego Costa sedikit banyak mengganggu persiapan Atletico Madrid jelang kembalinya La Liga. Seperti diketahui, jadwal pertandingan telah disusun dan akan dimulai pekan depan.

Video

2 dari 3 halaman

Pernyataan Atletico

Atletico Madrid sendiri telah angkat bicara terkait masalah yang dialami pemainnya tersebut. Klub asal ibu kota Spanyol itu menyerahkan apa pun keputusan dari pengadilan terhadap Diego Costa.

"Diego Costa mencapai kesepakatan beberapa bulan yang lalu dengan jaksa penuntut dan telah membayar denda ditambah bunga serta permintaan hukuman penjara ditarik," terang juru bicara Atletico Madrid.

"Minggu ini diharapkan kesepakatan akan disahkan di pengadilan, seperti yang diwajibkan," katanya lagi.

3 dari 3 halaman

Bintang Tersangkut Kasus Pajak

Diego Costa bukan menjadi pemain La Liga pertama yang bermasalah dengan kasus penggelapan pajak. Cristiano Ronaldo, Lionel Messi, Luka Modric, Marcelo, Radamel Falcao, Angel di Maria hingga Javier Mascherano pernah kena kasus serupa.

Sumber asli: Atletico Madrid

Disadur dari: Liputan 6 (Windi Wicaksono, published 5/6/2020)

Video Populer

Foto Populer