Sukses


Sulit Membayangkan Barcelona Tanpa Lionel Messi

Bola.com, Jakarta - Mantan bek Barcelona, Giovanni van Bronckhorst, berharap Lionel Messi menyudahi karier di Camp Nou. Dia mengaku tak bisa membayangkan Barcelona tanpa Messi. 

Masa depan Lionel Messi jadi bahan spekulasi sejak beberapa pekan terakhir. Ia dikabarkan emoh memperpanjang kontraknya di Camp Nou yang akan habis pada musim panas 2021. 

Pemain asal Argentina itu dikabarkan frustrasi dengan kegagalan Barcelona membangun skuad yang mumpuni. Imbasnya Barca kepayahan bersaing pada pacuan juara La Liga maupun Liga Champions. 

Messi mulai dihubungkan dengan kepindahan ke beberapa klub top Eropa, mulai Juventus, Inter Milan, Manchester City hingga PSG. 

Van Bronckhorst, yang kini melatih Guangzhou R&F di Liga Super China, berharap persoalan yang membelit Lionel Messi dan Barcelona segera berakhir. 

"Saya akan suka melihatnya menjadi bagian Barcelona di sepanjang kariernya. Dia satu dari sedikit pemain yang bertahan di satu klub di sepanjang kariernya," kata Van Bronckhorst, seperti dilansir France 24, Jumat (10/7/2020). 

"Saya mengaguminya sebagai individu dan pemain. Semoga dia bertahan di saya. Saya akan suka melihatnya di sana," sambung Van Bronckhorst soal Lionel Messi.

 

2 dari 3 halaman

Bisa Membuat Keputusan Sendiri

Van Bronckhorst meninggalkan Arsenal untuk gabung Barcelona pada 2003. Ia memenangi Liga Champions pada 2006. Saat itu, Messi sudah mulai membangun reputasi mentereng. 

"Saya mengenalnya sejak dia berusia 16 tahun dan sekarang dia berumur 33 tahun," tutur Van Bronckhorst.

"Dia berkembang menjadi sosok yang luar  biasa. Dia sayang keluarga dan sangat mampu membuat keputusan tentang di mana masa depannya dan apa yang ditinggalkannya." 

"Dia akan memutuskan sendiri. Tapi, saya tak bisa membayangkan Barcelona tanpa dirinya," imbuh pria asal Belanda itu. 

Presiden Barcelona, Josep Maria Bartomeu, pekan ini merespons spekulasi seputar masa depan Lionel Messi. Dia menyatakan sudah menjadi kewajiban klub untuk mempertahankan Messi, yang disebutnya sebagai pemain terhebat dalam sejarah sepak bola. 

Sumber: France 24 

 

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini

Video Populer

Foto Populer