Sukses


6 Fakta yang Perlu Anda Ketahui tentang Zinedine Zidane: Legenda Sesungguhnya Real Madrid

Bola.com, Jakarta - Level kesuksesan Zinedine Zidane tidak perlu diragukan lagi, baik sebagai pemain maupun pelatih. Seabrek gelar juara ia dapatkan. Ia sosok legenda sesungguhnya bagi Real Madrid.

Sebagai pemain, Zinedine Zidane adalah salah satu yang terbaik di dunia. Bersama timnas Prancis, dia pernah merasakan dua final Piala Dunia. Satu gelar juara diberikan pada Le Blues.

Di level klub, Zidane meraih banyak sukses bersama Juventus dan Real Madrid. Dia pernah menyandang status pemain paling mahal dunia. Selain itu, dia juga pernah meraih Ballon d'Or.

Pensiun sebagai pemain, Zinedine Zidane punya karier bagus sebagai pelatih. Real Madrid dibawa menjadi juara Liga Champions tiga musim beruntun. Dia juga mendapat beberapa gelar domestik.

Paling baru, Zidane membawa Real Madrid juara La Liga 2019-2020. Hanya satu gelar yang belum pernah ia rasakan, yakni juara Copa del Rey.

Mau tahu cerita-cerita menarik soal Zizou? Simak di bawah ini.

 

Video

2 dari 7 halaman

Statistik sebagai Pelatih

Sebagai pelatih Real Madrid, ia rata-rata meraih satu trofi tiap 19 pertandingan: Gelar LaLiga Santander 2019/20 adalah gelar ke-11 Zinédine Zidane sebagai pelatih Real Madrid dalam kurun 3,5 musim, sebuah catatan luar biasa dengan rataan satu trofi setiap 19 pertandingan.

Meskipun ia mungkin kalah di babak gugur Liga Champions musim ini, ia adalah satu-satunya pelatih yang menjuarai Liga Champions tiga musim beruntun.

3 dari 7 halaman

Pelatih El Real Pertama asal Prancis

Ia adalah pelatih asal Perancis pertama bagi Real Madrid: Real Madrid memiliki banyak pemain asal Perancis dan mereka telah dilatih oleh pelatih dari 16 negara berbeda. Zidane adalah pelatih asal Perancis pertama untuk Real Madrid.

4 dari 7 halaman

Penasaran Gelar Copa del Rey

Hanya satu trofi yang belum dimenangkannya: Zidane telah memenangi hampir semua gelar yang ada di sepak bola, mulai dari Piala Dunia, Liga Champions, Ballon d’Or, hingga berbagai gelar domestik lainnya.

Namun ia belum pernah menjuarai Copa del Rey, baik sebagai pelatih maupun pemain.

Real Madrid memang menjuarai Copa del Rey 2014, tapi saat itu ia berstatus sebagai asisten pelatih bagi Carlo Ancelotti, dan hingga saat ini ia belum berhasil menjuarai gelar tersebut sebagai pelatih utama.

5 dari 7 halaman

Keluarga Sepak Bola

Anak-anak laki-lakinya juga menekuni dunia sepak bola: Zidane memiliki empat anak laki-laki, yang semuanya menimba karir sebagai pesepak bola.

Enzo bermain sebagai gelandang untuk klub Almeria UD, dan sedang membantu timnya promosi ke La Liga dari La Liga SmartBank.

Luca adalah seorang penjaga gawang, dan saat ini sedang dipinjamkan Real Madrid ke Racing Santander, sedangkan Theo dan Elyaz masih menimba ilmu di akademi Los Blancos.

6 dari 7 halaman

Paling Populer di Prancis

Ia adalah orang Perancis paling populer sepanjang sejarah: Pada tahun 2004, media cetak asal Perancis, Le Journal du Dimanche, mengadakan sebuah poling dan Zidane terpilih sebagai orang Perancis paling populer sepanjang sejarah.

Poling tersebut tak hanya diisi oleh bintang-bintang olahraga, akan tetapi seluruh tokoh-tokoh masyarakat, dan kemampuan sepak bola Zidane membuatnya terpilih mengungguli sosok-sosok ikonik lainnya.

Saat itu, Zidane menjelaskan bagaimana bangganya ia dapat terpilih, mengingat latar belakangnya sebagai seorang imigran, dan hasil tersebut menggambarkan pentingnya keharmonisan antar ras di Perancis saat ini.

7 dari 7 halaman

Pernah Main Film

Ia tampil dalam dokumenter tentang dirinya: Pada tahun 2006, Zidane tampil dalam dokumenter Zidane, Un Portrait Du 21e Siecle (Zidane, sosok abad ke-21).

Ini adalah sebuah acara unik, dimana kru film tersebut memiliki 17 kamera yang fokus pada Zidane dalam pertandingan Real Madrid vs Villarreal di tahun 2005.

Namun, itu bukan satu-satunya film yang ia bintangi; ia juga tampil dalam film Goal! II (2007) bersama rekan-rekannya seperti Sergio Ramos, David Beckham, dan Thierry Henry, dan Zidane juga tampil dalam film Asterix at the Olympic Games (2008).

Sumber asli: BCW Indonesia

Disadur dari: Bola.net (Asad Arifin, Published 30/7/2020)

Video Populer

Foto Populer