Sukses


Ronald Koeman Pernah Sebut Lionel Messi dan Luis Suarez Uzur, Indikasi Restrukturisasi di Barcelona?

Bola.com, Jakarta - Ronald Koeman santer disebut bakal duduk di kursi pelatih Barcelona, menggantikan Quique Setien. Koeman diyakini bakal melakukan restrukturisasi di skuad Barca yang mayoritas dihuni pemain uzur.

Pria asal Belanda itu memang belum resmi ditunjuk sebagai pelatih Los Cules. Namun, sejumlah media dan jurnalis top Eropa memprediksi Ronald Koeman akan diumumkan sebagai pelatih baru Barcelona dalam waktu dekat.

Dikutip dari Marca, saat ini pihak Koeman tengah bicara dengan Federasi Sepak Bola Belanda (KNVB). Ronald Koeman mengajukan pengunduran diri dari jabatan pelatih Timnas Belanda demi menangani Lionel Messi dkk.

Antara Barcelona dan Ronald Koeman diyakini tidak ada kendala berarti. Kedua pihak hanya membutuhkan formalitas sebelum resmi menjalin kerja sama untuk musim 2020/2021.

Pada 2019 lalu, Ronald Koeman sempat memberi komentar pada skuad Barcelona musim 2019/2020. Mantan manajer Everton itu menyoroti banyaknya pemain berusia di atas 30 tahun yang menjadi sosok kunci di skuad El Barca.

"Luis Suarez lebih dari 30 tahun, Lionel Messi lebih dari 30, Gerard Pique lebih dari 30, Sergio Busquets lebih dari 30," kata Ronald Koeman kepada Esport3 pada 2019 lalu, dikutip dari Marca.

"Mereka masih punya beberapa tahun lagi, tentu saja, tetapi setelah itu apa?" sambung Ronald Koeman.

Ronald Koeman menilai Barcelona butuh banyak perubahan, terutama dari sisi skuad. Pelatih berusia 57 tahun itu beranggapan, harus ada pemain baru dengan usia lebih muda yang dibeli untuk menjadi pilar utama.

"Anda harus melakukan perubahan karena mereka adalah pemain dengan posisi penting di Barcelona - seluruhnya pemain inti," ucap Koeman.

 

2 dari 4 halaman

Posisi yang Paling Aman

Ronald Koeman menilai hanya ada satu lini yang cukup aman yakni penjaga gawang. Marc-Andre ter Stegen, 28 tahun, masih bisa bermain untuk periode panjang. Dia juga menunjukkan performa yang cukup bagus.

"Anda akan memiliki penjaga gawang, tetapi Anda tidak akan memiliki bek tengah, gelandang bertahan, penyerang tengah atau Messi," kata Ronald Koeman.

"Semoga beruntung dengan itu," tutur Ronald Koeman.

Barcelona sejatinya sudah berupaya melakukan peremajaan skuad. Arthur Melo, Philippe Coutinho, Ousmane Dembele, hingga Frenkie de Jong dibeli dengan harga mahal. Akan tetapi, semua pembelian mahal itu masih belum memberikan dampak maksimal.

3 dari 4 halaman

Bakal Ada Restrukturisasi

Kegagalan Barcelona merengkuh satu pun trofi juara pada musim ini membuat petinggi klub geram. Setelah menggelar pertemuan pada Senin (17/8/2020), direksi Barca akhirnya memutuskan untuk memecat Quique Setien dari jabatannya sebagai pelatih.

Dalam keterangan resminya, Barcelona menyebut akan melakukan restrukturisasi di skuad utama. Alhasil, para pemain yang dianggap telah berumur kemungkinan besar dilepas pada bursa transfer musim panas tahun ini.

"Ini (pemecatan Quique Setien) adalah keputusan pertama dari restrukturisasi yang lebih luas di tim utama, nantinya akan disepakati antara sekretaris teknik saat ini dan pelatih baru, yang akan diumumkan dalam beberapa hari mendatang," bunyi pernyataan Barcelona.

Sumber: Marca, Barcelona

Disadur dari: Bola.net (Penulis: Asad Arifin/Published: 18/8/2020)

4 dari 4 halaman

Saksikan video menarik di bawah ini:

Video Populer

Foto Populer