Sukses


Liga Spanyol: Profil Real Madrid dan Prediksi pada Musim Ini

Bola.com, Jakarta - Real Madrid menatap La Liga musim ini dengan percaya diri. Berstatus sebagai juara bertahan, Madrid bertekad tampil impresif dan kembali finis di posisi teratas.

Bicara singkat soal musim lalu, Madrid berhasil mengalahkan Barcelona dalam balapan meraih trofi La Liga, setelah sepak bola sempat ditunda beberapa bulan karena pandemi virus corona.

Pasca-lockdown, Los Blancos terbukti lebih tangguh. Anak asuhan Zinedine Zidane itu merangkai kemenangan demi kemenangan.

Real Madrid akhirnya menutup musim sebagai juara dengan 87 poin, unggul lima angkat atas Barca yang mengekor di peringkat kedua. Bagi Zidane, trofi La Liga musim lalu merupakan titel juara paling penting sepanjang kariernya sebagai bos Madrid.

Betapa tidak, perjalanan El Real menjuarai La Liga musim lalu jelas tidak mudah. Skuad Real sempat goyah, kehilangan Eden Hazard karena cedera panjang, dan menggantungkan semuanya kepada Karim Benzema.

Terbukti Madrid gagal di Copa del Rey dan di Liga Champions, kompetisi favorit mereka. Real Madrid bertekuk lutut di kandang Manchester City pada duel laga leg kedua 16 besar Liga Champions, dan harus berlibur lebih cepat.

Bagaimanapun, kegagalan itu tidak mengurangi prestise trofi La Liga yang diraih Madrid dengan susah payah. Kondisi skuad Zidane masih lebih baik dan lebih percaya diri dari sang rival abadi.

Real Madrid akan memasuki musim 2020/2021 dengan misi besar, yakni mempertahankan trofi La Liga, sesuatu yang sudah bertahun-tahun gagal mereka lakukan. Juga, Zidane akan kembali membuktikan nama besar Madrid di Liga Champions.

Soal gaya bermain dan taktik, kualitas Zidane tidak perlu diragukan lagi. Dia memang tidak punya gaya bermain khas seperti tiki-taka atau gegenpressing, tetapi justru itulah yang membuat Zidane spesial, adaptasi taktik kelas lihai.

Kekuatan Madrid musim depan pun diyakini tidak akan jauh berbeda dari musim lalu. Kali ini tidak ada belanja pemain bintang, pelatih asal Prancis itu justru memangil pulang beberapa pemain muda.

Musim depan, konsistensi bakal jadi kata kunci keberhasilan Real Madrid dan Zidane hanya bisa meraihnya jika memiliki skuad tangguh dengan kedalaman mumpuni.

Selain itu, musim depan Real Madrid akan mengharapkan bantuan Eden Hazard pada level terbaiknya, dan berharap tuah Santiago Bernabeu yang segera tuntas direnovasi.

 

2 dari 9 halaman

Pelatih: Zinedine Zidane

Kualitas pelatih yang satu ini tak perlu diragukan lagi. Zidane adalah pelatih spesial, bahkan mungkin entrenador terbaik yang menangani Madrid pada era modern ini.

Prestasi terbaiknya adalah menuntun Real Madrid menjuarai Liga Champions dalam tiga musim beruntun, dan di antaranya meraih satu trofi La Liga plus beberapa gelar bergengsi lainnya.

Zidane adalah pelatih dengan cara kerja unik. Dia disegani ruang ganti Madrid, tetapi pada saat yang sama bisa menjalin hubungan dekat dengan para pemain Madrid.

Gaya melatih inilah yang membuatnya begitu disegani oleh skuad Madrid. Beberapa pemain Los Blancos pernah bicara, bahwa mereka rela melakukan segalanya untuk Zidane.

Legenda Timnas Prancis itu patut dipuji karena keberhasilannya mengatasi skuad yang penuh bintang. Tidak ada kericuhan internal, setiap pemain tahu bahwa sesekali dia harus dicadangkan, bahkan yang terbaik sekali pun.

Lalu, soal racikan strategi, Zinedine Zidane termasuk pelatih yang kaya taktik. Dia tidak terpaku pada satu formasi dan satu gaya main yang sama, justru terus berubah menyesuaikan dengan ancaman lawan.

Madrid memetik 26 kemenangan di La Liga musim lalu, kalah tiga kali, dan sembilan kali bermain imbang. Hasil imbang inilah yang masih jadi PR besar Zidane, terkadang finishing skuadnya tak maksimal.

 

3 dari 9 halaman

Pemain Kunci: Sergio Ramos

Karim Benzema merupakan mesin gol di Madrid. Tetapi, sebenarnya sosok Sergio Ramos-lah yang mendorong skuad Real Madrid melewati masa-masa sulit.

Ramos adalah kapten, pemimpin di dalam dan di luar lapangan, dan jelas dia merupakan salah satu bek tengah terbaik di dunia saat ini.

Musim lalu, absennya Ramos pada laga-laga penting terbukti membuat El Real kerepotan. Satu di antaranya adalah ketika mereka dikalahkan Man City di Liga Champions, saat itu Ramos terpaksa absen karena hukuman akumulasi kartu.

Bek berusia 34 tahun itu pun tidak hanya penting untuk pertahanan tim, dia juga begitu rajin mencetak gol. Bahkan, musim lalu Ramos merupakan top scorer kedua Madrid, hanya kalah dari Karim Benzema.

Seperti biasa, gol-gol Ramos selalu tercipta pada momen penting, entah itu lewat sundulan atau tendangan penaltinya. Dia adalah pemain yang selalu menunaikan tugasnya dengan baik.

Musim depan, Real Madrid akan kembali bergantung kepada bek Timnas Spanyol tersebut. Zidane akan kembali meminta Ramos memimpin tim di lapangan. Ramos seperti seharusnya, akan kembali mencetak gol-gol penting saat tim membutuhkannya.

4 dari 9 halaman

Aktivitas transfer

Seperti yang disebut di atas, Madrid tidak terlalu aktif pad bursa transfer sejauh ini. Beberapa pemain pinjaman dipulangkan, tetapi beberapa di antaranya kembali dipinjamkan atau dijual.

Masuk:

  • Martin Odegaard (Real Sociedad), kembali dari pinjaman
  • Alvaro Odriozola (Bayern Munchen), kembali dari pinjaman
  • Sergio Reguilon (Sevilla), kembali dari pinjaman

Keluar:

  • Achraf Hakimi (Inter Milan), 40 juta euro
  • Takefusa Kubo (Villarreal), dipinjamkan
  • Brahim Diaz (AC Milan), dipinjamkan
  • James Rodríguez (Everton), bebas transfer
  • Dani Ceballos (Arsenal), dipinjamkan
  • Alphonse Areola (PSG), akhir peminjaman
  • Reinier (Borussia Dortmund), dipinjamkan
  • Jesus Vallejo (Granada), dipinjamkan
5 dari 9 halaman

Skuad Sementara Real Madrid:

Kiper: Thibaut Courtois, Andriy Lunin, Diego Altube.

Pemain Belakang: Raphael Varane, Eder Militao, Sergio Ramos, Nacho Fernandez, Ferland Mendy, Sergio Reguilon, Marcelo ,Daniel Carvajal, Alvaro Odriozola.

Pemain Tengah: Casemiro, Federico Valverde, Toni Kroos, Luka Modric, Martin Odegaard, Isco, Eden Hazard.

Pemain Depan: Vinicius Junior, Marco Asensio, Rodrygo, Gareth Bale, Lucas Vazquez, Karim Benzema, Luka Jovic, Mariano Diaz, Borja Mayoral.

 

6 dari 9 halaman

Prakiraan formasi Real Madrid (4-2-3-1):

Kiper: Thibaut Courtois

Bek: Dani Carvajal, Raphael Varane, Sergio Ramos, Marcelo

Gelandang bertahan: Toni Kroos, Casemiro

Gelandang Serang: Federico Valverde, Luka Modric, Eden Hazard

Striker: Karim Benzema

7 dari 9 halaman

Prediksi Klasemen

Menyandang status juara bertahan, Madrid diyakini bakal memasuki musim baru dengan percaya diri. Mereka mengusung misi besar untuk mempertahankan gelar juara, tentu dengan mengalahkan Barcelona lagi.

Zidane mengambil risiko besar dengan skuad yang sekarang, tidak ada pembelian signifikan. Namun, sebenarnya skuad Real Madrid yang sekarang pun sudah cukup tangguh, ada beberapa pemain yang bersaing untuk satu posisi.

Madrid jelas akan bersaing di puncak klasemen, berusaha mengungguli Barca. Seperti biasa, kedua tim ini akan saling salip, peringkat pertama dan kedua.

Karena itulah konsistensi masih jadi faktor paling penting. Jika El Real bisa menjaga konsistensi seperti paruh kedua musim lalu, tidak ada alasan untuk tidak jadi juara lagi.

8 dari 9 halaman

Jadwal Lima Laga Awal Real Madrid:

21/9/2020 - Real Sociedad vs Real Madrid

27/9/2020 - Real Betis vs Real Madrid

30/9/2020 - Real Madrid vs Real Valladolid

4/10/2020 - Levante vs Real Madrid

18/10/2020 - Real Madrid vs Cadiz

Sumber: Berbagai sumber

Disadur dari: Bola.net (Penulis: Richard Andreas/Published: 11/09/2020)

9 dari 9 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

Video Populer

Foto Populer