Sukses


Liga Spanyol: Seperti Klub Indonesia, Barcelona Akan Bahas Renegosiasi Kontrak

Bola.com, Barcelona - Barcelona dikabarkan memulai pembicaraan tentang pemotongan gaji untuk pemain dan karyawan. Semua karyawan klub, termasuk tim utama yang bermain, akan dikenakan pengurangan gaji sebagai bagian dari modifikasi kontrak kerja.

Renegosiasi kontrak sudah dilakukan oleh klub-klub Indonesia dengan pemotongan gaji mencapai 50 persen.

Anggota skuad Ronald Koeman telah diminta memilih perwakilan, yang akan duduk bersama karyawan klub lainnya untuk menegosiasikan pemotongan gaji.

Masalahnya adalah, sebagian besar skuad tim utama menjalani tugas internasional, jadi menyisakan pilihan terbatas untuk seorang wakil.

Setelah wabah virus corona menyerang Spanyol dan cukup parah, Barcelona mengambil kebijakan pemotongan gaji hingga akhir musim 2019/2020.

Namun, situasi ekonomi Barcelona semakin memburuk pada bulan-bulan berikutnya dan sekarang tidak ada pilihan selain memperpanjang kebijakan pemotongan gaji. 

Menurut berbagai sumber  yang dihubungi oleh Marca, pemain dan karyawan memiliki hak untuk membatalkan kontrak mereka jika ada kesepakatan untuk mengubah kontrak atas dasar alasan keuangan.

Singkatnya, seorang pemain atau karyawan memiliki hak untuk meninggalkan klub secara gratis dan membawa serta pendapatan mereka selama 20 hari untuk setiap tahun mereka melayani klub.

Untuk menghindari kehilangan pemain secara gratis, Barcelona harus mengadakan pembicaraan dengan masing-masing pemain secara pribadi untuk mencapai kesepakatan.

Saksikan video pilihan berikut ini:

2 dari 2 halaman

Rugi dan Terjerat Utang

Barcelona mengklaim telah menelan kerugian 97 juta euro (Rp1,6 triliun) karena dampak pandemi virus corona.

Pendapatan raksasa Catalan pada musim 2029/2020 menurun 135 juta euro menjadi menjadi 855 juta euro. Padahal, perkiraannya, Barcelona akan mendapat 1 miliar euro dan keuntungannya mencapai 2 juta euro.

"Klub menderita secara finansial akibat pertandingan yang dimainkan secara tertutup, serta pembatalan total bola basket Euroleague, dan karenanya ada kerugian yang cukup besar dari pendapatan," demikian pernyataan Barcelona di Twitter, Senin (5/10/2020) malam.

Sementara itu, utang Barcelona pada 30 Juni 2020 488 juta euro. Tetapi, setelah berivestasi dalam proyek Espai Barca untuk membangun kembali Camp Nou sebesar 109 juta euro, utang yang disesuaikan klub adalah 379 juta euro atau Rp6,6 triliun.

 

Sumber: Marca

 

Video Populer

Foto Populer