Sukses


Liga Spanyol: Bukan Hanya Antoine Griezmann, Semua Pemain Prancis di Barcelona Bermasalah

Bola.com, Jakarta - Perdebatan mengenai posisi bermain Antoine Griezmann sempat menjadi perdebatan, di mana pemain asal Prancis itu sempat meminta bermain sebagai penyerang tengah di Barcelona tapi gagal membuktikan kualitasnya ketika Blaugrana kalah 0-1 di markas Getafe, Minggu (18/10/2020).

Padahal posisi bermain yang diinginkan Antoine Griezmann itu membuatnya mampu bermain lebih baik ketika bersama Timnas Prancis. Pelatih Les Bleus, Didier Deschamps, meyakini posisi terbaik Griezmann memang di sentral penyerangan, dan kebenaran itu terbukti dalam laga kontra Kroasia di UEFA Nations League pekan lalu.

Saat itu, Griezmann berhasil mencetak gol ke gawang Kroasia. Ia tidak bermain sebagai winger pada laga tersebut. Berbeda dengan apa yang diyakini Ronald Koeman di Barcelona, di mana pelatih asal Belanda itu memilih menaruhnya di sisi kanan penyerangan.

Sebagai pembuktian, Ronald Koeman memberikan kesempatan kepada Griezmann menjadi penyerang tengah dalam formasi 4-2-3-1 yang diterapkan Barcelona ketika menghadapi Getafe pada akhir pekan lalu. Namun, alih-alih mencetak gol, Griezmann malah jadi pesakitan di lini depan.

Video

2 dari 3 halaman

Pemain Prancis Bermasalah di Barcelona

Selama ini posisi Griezmann selalu menjadi sorotan. Kedua pelatih sudah mencobanya di beberapa posisi yang anehnya menunjukkan hasil berbeda. Apakah mungkin masalahnya terletak pada kewarganegaraan sang pemain?

Ini mungkin tidak masuk akal. Namun, sejumlah pemain asal Prancis yang sekarang membela Barcelona juga tidak tampil memuaskan. Pertama, ada Ousmane Dembele yang lebih sering cedera ketimbang bermain di lapangan.

Dembele direkrut dari Borussia Dortmund pada 2017 dengan harga 160 juta euro. Alih-alih menggantikan Neymar yang memutuskan hengkang ke Paris Saint-Germain, Dembele malah kerap menghuni ruang perawatan.

3 dari 3 halaman

Samuel Umtiti dan Clement Lenglet

Selanjutnya ada Samuel Umtiti. Beberapa tahun yang lalu, Umtiti pernah menjadi tandem terbaik Gerard Pique di jantung pertahanan Barcelona. Namun, ia tidak pernah lagi kelihatan belakangan ini.

Sejak mengalami cedera parah, performa Umtiti terlihat menurun drastis. Barcelona sampai mencarikan klub yang siap menampungnya di bursa transfer musim panas kemarin. Sialnya, Barcelona gagal.

Pemain asal Prancis lainnya yang sekarang berada di skuat Barcelona adalah Clement Lenglet. Performa mantan penggawa Sevilla tersebut sebenarnya tidak berada di titik yang pantas untuk disoroti.

Kendati demikian, Lenglet turut hadir saat Barcelona kalah di tangan Liverpool dalam pentas Liga Champions beberapa musim lalu. Begitu juga kala Blaugrana dibantai habis-habisan oleh Bayern Munchen di pentas yang sama.

Sumber: Marca

Disadur dari: Bola.net (Yaumil Azis, published 19/10/2020)

Video Populer

Foto Populer