Sukses


Liga Spanyol: Bukan Cuma Kylian Mbappe, Barcelona Juga Gagal Dapatkan Dua Pemain Ini

Bola.com, Jakarta - Barcelona ternyata tidak cuma gagal mendapatkan Kylian Mbappe, melainkan lebih banyak lagi. Tiga di antaranya adalah Erling Haaland, Alvaro Morata dan Thibaut Courtois.

Pada 2017 lalu, Barcelona ternyata pernah punya peluang memboyong Kylian Mbappe dari Monaco sebagai pengganti Neymar yang hengkang ke PSG. Alih-alih merekrut Mbappe, Barca malah akhirnya merekrut Ousmane Dembele.

Kabar yang tidak diketahui banyak orang ini disampaikan oleh eks direktur Barcelona, Javier Bordas. Ia mengatakan Barcelona sebenarnya sudah menyiapkan uang senilai 100 juta euro untuk merekrut Mbappe.

Dana sebesar itu didapatkan dari sebagian hasil penjualan Neymar ke PSG senilai 222 juta euro. Waktu itu, Mbappe sudah menutup pintu dari Real Madrid yang dipenuhi banyak pemain bintang seperti Cristiano Ronaldo dan Gareth Bale.

"Saat kami hendak merekrut Dembele, Josep Maria Minguella [seorang agen] mengabari saya bahwa Mbappe berada dalam jangkauan. Saya berbicara kepada Josep Maria Bartomeu dan dia menyuruh saya memantaunya," ujar Bordas ke Mundo Deportivo, Minggu (15/11/2020).

"Saya menghubungi ayah Kylian Mbappe dan diberitahu bahwa dia tidak akan ke Real Madrid karena ada Cristiano Ronaldo, Karim Benzema dan Gareth Bale. Dia bisa ke Barcelona karena Neymar sudah hengkang," lanjutnya.

 

Video

2 dari 4 halaman

Dihalangi Robert Fernandez

Monaco tidak ikhlas melepas Mbappe ke PSG, dan lebih memprioritaskan Barcelona. Sayangnya, proses transfernya terhalang oleh Robert Fernandez selaku sekretaris teknis yang lebih menginginkan Dembele.

"Presiden Monaco lebih memilih Barcelona agar dia tidak memperkuat PSG, rival utama. Dan transfer bisa terjadi seharga 100 juta euro. Robert lebih memilih Dembele dan Pep Segura mendukung dia," tambah Bordas.

"Penjelasannya adalah karena Mbappe bermain hanya untuk dirinya sendiri sementara Dembele bermain untuk tim. Dan karena winger seperti Neymar yang pergi, Robert lebih memilih winger ketimbang seorang finisiher," pungkasnya.

Harapan Fernandez tidak berjalan dengan baik. Dembele menghabiskan sebagian besar waktunya di ruang perawatan karena mengalami cedera. Padahal Barcelona mengeluarkan uang senilai 145 juta euro untuk merekrutnya dari Dortmund.

 

3 dari 4 halaman

Nyaris Dapatkan Haaland

Selain Mbappe, Bordas menjelaskan kalau Barcelona juga pernah hampir mendapatkan Erling Braut Haaland yang sekarang memperkuat Dortmund. Kali ini penyebabnya adalah mantan presiden Barcelona, Josep Maria Bartomeu.

"Mereka memberitahu saya bahwa dia bukan tipe pemain yang tepat untuk Barca. Saya paham bahwa Bartomeu lebih memperhatikan sisi teknis," ujar Bordas seperti yang dikutip dari Goal International.

"Sejujurnya pemain semacam ini bisa saja datang, namun anda tidak akan tahu performa seperti apa yang bakalan mereka berikan," lanjutnya.

 

4 dari 4 halaman

Ingin Merekrut Courtois dan Morata

Pada tahun 2014, Bordas ingin mendatangkan Courtois dari Atletico Madrid. Ia sudah membuka jalan untuk membawanya ke Camp Nou. Sayang, upayanya kembali digagalkan oleh bagian manajemen Barcelona lainnya.

"Saya membuat perekrutan Courtois jadi mungkin terjadi dan Zubi [Andoni Zubizarreta, mantan direktur sepak bola Barca], dengan penilaian yang bagus, ingin mendatangkan ter Stegen dan kami sudah tepat karena dia yang terbaik di dunia," tambahnya.

Morata, yang sekarang memperkuat Juventus, juga masuk dalam radar Barcelona sewaktu masih di Chelsea. Namun Barcelona gagal merekrutnya karena intervensi Atletico Madrid.

"Kami sudah bertemu agennya. Pinjaman dengan opsi pembelian, namun kami tidak mampu menuntaskannya karena Atletico tahu dan berhubung hubungan Juanma Lopez dan Morata baik, mereka berhasil mengambilnya," tutupnya.

Sumber: Goal International

Disadur dari: Bola.net (Yaumil Azis, published 15/11/2020)

Video Populer

Foto Populer