Sukses


Liga Spanyol: Ronald Koeman Punya Pemain Tak Tergantikan di Barcelona, Jelas Bukan Lionel Messi

Bola.com, Barcelona - Pelatih Barcelona, Ronald Koeman, terang-terangan menyatakan bukan penggemar berat sistem rotasi ketika ditunjuk menangani klub Catalan itu. Sejauh ini ia masih memegang filosofi itu. 

Tapi, bukan berarti Ronald Koeman tidak melakukan perubahan. Faktor cedera, larangan bermain, kelelahan, dan terutama jadwal yang padat membuat mustahil Koeman tidak melakukan rotasi. 

Pelatih Barcelona asal Belanda itu telah memakai 22 pemain di lapangan sejauh ini. Koeman hanya sekali memakai starting XI yang sama dua kali beruntun, saat melawan Villarreal dan Celta Vigo. 

Rodrigo Sanchez dari Betis, kiri, memperebutkan bola dengan pemain Barcelona Frenkie de Jong, tengah, Pedri Barcelona. (Foto AP / Joan Monfort)

Namun, ada pemain kunci yang lebih dipercaya oleh Komean, dibanding penggawa lain. Menurut Marca yang dilansir Football Espana, Jumat (20/11/2020), ada satu pemain yang benar-benar tak tersentuh, yaitu kompatriotnya, Frenkie de Jong. Ia menjadi satu-satunya pemain yang menjadi starter di setiap pertandingan pada era Koeman.  

Status De Jong yang tak tergantikan kemungkinan salah satu alasannya karena bertipe pemain serbabisa. De Jong telah tampil di double pivot, sebagai pivot tunggal dan sebagai bek tengah, dan telah bermain selama 890 menit sejauh musim ini.

Setelah De Jong, ada Lionel Messi, Sergio Busquets, Ansu Fati dan Pedri yang menjadi favorit Ronald Koeman, jika diukur dari menit bermain yang diberikan. Keempatnya selalu berpartisipasi di setiap pertandingan Barcelona musim ini, meskipun beberapa di antaranya menjadi pemain pengganti. 

 

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini

2 dari 2 halaman

Messi Pernah Jadi Pengganti

Lionel Messi tercatat sudah bermain 855 menit musim ini. Pemain Argentina itu sekali memulai laga dari bangku cadangan saat menghadapi Real Betis karena disebut kondisinya tidak terlalu bugar. 

Dari empat pilihan itu, Busquets dan Fati belum bisa turun lagi, karena sedang menepi akibat cedera. 

Di ujung lain spektrum ini ada Martin Braithwaite. Striker Denmark itu telah membuat lima penampilan untuk Barcelona musim ini sebagai pemain pengganti, tetapi total bermain hanya 38 menit.

Sumber: Football Espana 

 

Video Populer

Foto Populer