Sukses


5 Pelajaran Selepas Pertandingan Barcelona Vs Real Sociedad: Los Cules Mulai Kembali ke Habitatnya

Bola.com, Barcelona - Barcelona meraih kemenangan 2-1 atas Real Sociedad pada laga lanjutan La Liga di Camp Nou, Kamis (17/12/2020) dini hari WIB. Torehan tersebut membuat El Barca perlahan mulai kembali ke papan atas klasemen La Liga.

Bermain di kandang sendiri, Blaugrana sempat tertinggal lebih dulu setelah Willian Jose membobol gawang Marc-Andre ter Stegen pada menit ke-27. Namun, setelah itu Barcelona mampu menunjukkan kebangkitan.

Setelah menyamakan kedudukan berkat gol cantik Jordi Alba pada menit ke-31, Barcelona berbalik unggul lewat gol Frenkie de Jong menit ke-43 meski sempat dianulir dan kemudian kembali disahkan oleh VAR.

Beberapa poin penting pun bisa diambil dari kemenangan yang diraih Barcelona ketika menjamu Real Sociedad ini. Berikut ini adalah ulasan selengkapnya.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

2 dari 6 halaman

Buah Taktik Ronald Koeman

Berbeda dengan laga-laga sebelumnya, dalam laga ini Ronald Koeman memasang formasi 4-3-3 dan membuat Frenkie de Jong lebih aktif membantu serangan.

Barcelona pun tampil sangat dominan, khususnya pada babak pertama. Meski sempat kebobobolan, tetapi tuan rumah mampu membalikkan keadaan sebelum turun minum.

Menariknya, dua gol Barcelona lahir bukan dari para penyerang mereka, melainkan dari Jordi Alba yang aktif membantu serangan dari sisi kiri serta De Jong yang kini bermain lebih naik.

 

3 dari 6 halaman

Performa Apik Jordi Alba

Salah satu faktor utama mengapa Barcelona bisa mengalahkan Sociedad adalah karena performa impresif yang ditunjukkan Jordi Alba di sisi kiri.

Selain mencetak gol lewat tembakan melengkung menggunakan kaki kanan, Alba juga turut berperan mengirim crossing yang disempurnakan menjadi gol kedua oleh De Jong,

Tak hanya itu, Alba juga aktif meneror pertahanan Sociedad dan hampir membuat assist di babak kedua, sayang penyelesaian akhir Antoine Griezmann gagal menjadi gol.

 

4 dari 6 halaman

Lionel Messi Sang Inspirator

Meski tak mencatatkan namanya di papan skor, akan tetapi Lionel Messi tetap menjadi inspirator kemenangan Barcelona lewat performa apiknya sepanjang pertandingan.

Messi yang lebih banyak bergerak dari lini kedua berulang kali membuat barisan pertahanan Sociedad kelabakan ketika mencoba menghentikan pergerakan La Pulga.

Dilihat dari statisitik, Messi sangat impresif dengan empat kali melakukan dribble sukses, dan melepas tiga tembakan serta dua umpan kunci.

 

5 dari 6 halaman

Duet Lini Belakang Impresif

Dalam laga ini, Koeman membuat keputusan berani nan mengejutkan dengan memasang duet bek muda di lini belakang, yakni Ronald Araujo dan Oscar Mingueza.

Secara luar biasa, Araujo dan Mingueza pun sukses membayar kepercayaan Koeman lewat performa meyakinkan dan solid dalam laga melawan tim yang mengandalkan high pressing.

Araujo sendiri dipercaya bermain selama 90 menit penuh, sedangkan Mingueza tampil hingga menit ke-79 sebelum digantikan Clement Lenglet.

 

6 dari 6 halaman

Kembali ke Jalur Juara

Kemenangan atas Sociedad melesatkan Barcelona ke peringkat lima klasemen sementara La Liga dengan nilai 20. Blaugrana masih tertinggal enam poin dari tiga tim teratas.

Masih memiliki tabungan satu pertandingan, Barcelona jelas memiliki peluang sangat terbuka untuk kembali menyodok ke papan atas dan meramaikan persaingan juara.

Setelah sempat tertatih-tatih di awal musim, Barcelona kini mulai menemukan jalan mereka dan siap merebut kembali trofi La Liga musim lalu diraih Real Madrid.

Sumber: Berbagai sumber

Disadur dari: Bola.net (Penulis: Ari Prayoga/Published: 17/12/2020)

Video Populer

Foto Populer