Sukses


Liga Spanyol: Barcelona Vs Valencia, Statistik Berpihak ke Ronald Koeman

Bola.com, Jakarta - Barcelona akan menghadapi Valencia pada pekan ke-13 Liga Spanyol 2020/2021 di Camp Nou, Sabtu (19/12/2020). Duel ini menyuguhkan adu taktik pelatih kedua tim, Ronald Koeman dan Javi Garcia. 

Jelang laga ini, Koeman berada di atas angin. Posisi Barcelona di klasemen lebih baik ketimbang skuad besutan Gracia.

Barcelona berada di peringkat kelima dengan raihan 20 angka dari 12 laga. Sementara, Valencia masih berada di posisi 12 dengan koleksi 14 poin dari 13 pertandingan.

Selain itu, Koeman juga memiliki rekor lumayan apik ketika menghadapi Valencia. Dalam dua laga kontra Los Ches, ia meraih dua kali hasil imbang. Rataan poin per pertandingan Koeman kontra Valencia adalah 1.

Sementara, Gracia sudah enam kali berhadapan dengan Barcelona. Hasilnya, ia meraih sekali kemenangan, dua kali hasil imbang, dan tiga kali kalah. Rataan poin per pertandingan Gracia kontra Barcelona adalah 0,83.

Bagaimana perbandingan data selengkapnya antara kedua pelatih tersebut? 

 

2 dari 4 halaman

Koeman Unggul Pengalaman

Selama berstatus sebagai pemain, Koeman dan Gracia berada di generasi yang berbeda. Ketika masuk ke dunia kepelatihan, Koeman terjun lebih dulu daripada Gracia.

Koeman masuk ke dunia kepelatihan pada 1997, ketika pria yang kini berusia 57 tahun tersebut menjadi asisten Guus Hiddink di Timnas Belanda.

Pada 1997, ketika Koeman sudah meretas karier kepelatihan, Gracia masih menjalani kariernya di Real Sociedad. Ia baru masuk ke dunia kepelatihan pada 2007, satu dekade setelah Koeman berkarier sebagai pelatih.

Sejauh ini, Koeman sudah melakoni 691 pertandingan, termasuk 20 laga bersama Timnas Belanda.

Sementara, dibandingkan Koeman yang sudah banyak makan asam garam dunia kepelatihan, Gracia bisa dibilang masih bau kencur. Pelatih berusia 50 tahun tersebut baru melakoni 375 laga sebagai pelatih.

 

3 dari 4 halaman

Lemari Trofi Koeman Lebih Sesak Trofi

Koeman tak hanya unggul soal pengalaman. Pelatih asal Belanda ini juga sudah meraih lebih banyak trofi dibandingkan Gracia.

Selama nyaris seperempat abad terjun di dunia kepelatihan, Koeman sudah meraih delapan trofi. Trofi-trofi yang diraih Koeman antara lain adalah Piala Super Spanyol, trofi juara Liga Belanda, trofi juara Piala Belanda, trofi juara Piala Super Super Belanda, dan trofi juara Piala Super Super Portugal.

Sementara, sejauh ini, lemari trofi Gracia masih belum terisi.

Koeman -secara total- memiliki rataan poin per pertandingan sebesar 1,82. Rataan poin ini membaik ketika ia menangani Barcelona. Dalam 17 laga menjadi nakhoda Blaugrana, ia memiliki rataan poin sebesar 1,88.

Sementara itu, sepanjang karier kepelatihannya, Gracia memiliki rataan poin per pertandingan sebesar 1,34.

Rataan poin Gracia menurun ketika ia menangani Valencia. Sejauh ini, dalam 14 laga yang telah dijalani, ia memiliki rataan poin per pertandingan sebesar 1,21.

Sumber: berbagai sumber

Disadur dari: Bola.net (PenulisDendy Gandakusumah/Editor Serafin Unus Pasi, published 18/12/2020)

4 dari 4 halaman

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini

Kisah Cristiano Ronaldo dan Tenis Meja

Video Populer

Foto Populer