Sukses


Liga Spanyol: Beban Lionel Messi di Barcelona Kini Beralih ke Frenkie de Jong

Bola.com, Jakarta - Barcelona punya pekerjaan besar setelah kehilangan Lionel Messi pada musim panas ini. Beban tim yang sebelumnya mampu ditangani oleh pemain asal Argentina itu kini dipikul oleh pemain asal Belanda, Frenkie de Jong.

Barcelona hanya bermain imbang 1-1 dengan Athletic Bilbao pada laga jornada kedua La Liga pada akhir pekan lalu. Barcelona terbilang cukup beruntung meraih satu poin berkat gol Memphis Depay, mengingat pemainan tim asuhan Ronald Koeman itu tidak maksimal.

Ada beberapa masalah yang dihadapi Barcelona. Sulit membangun serangan dari belakang, lini kedua terlambat naik, dan kesulitan untuk menghadapi tekanan tinggi Athletic Bilbao.

Barcelona kesulitan dalam 30 menit pertama pertandingan dan tidak bisa mengimbangi permainan Athletic Bilbao. Martin Braithwaite pun membuang peluang matang yang seharusnya menjadi gol.

2 dari 4 halaman

Bangkit pada Babak Kedua

Barcelona baru berhasil bangkit pada babak kedua, memperlihatkan reaksi terhadap permainan tangguh Athletic Bilbao. Muncul tanda-tanda dominasi Barcelona, tentu ada peran besar Frenkie de Jong di balik itu semua.

Dalam 60 menit pertama, Barcelona dipaksa mengikuti ritme permainan lawan. Namun, situasi berubah ketika De Jong mulai bermain lebih bebas dan mengontrol permainan.

De Jong bermain elegan, khas gelandang klasik No. 10. Dia membongkar lini pertahanan lawan dengan dribel dan datang dari lini kedua untuk mendukung para penyerang.

De Jong nyaris mencetak gol pada menit ke-75 dengan sepakan lob yang cantik. Beberapa menit berselang, Memphis Depay berhasil menyamakan kedudukan untuk Barcelona berkat assist dari De Jong.

 

3 dari 4 halaman

Beban di Pundak Frenkie De Jong

Performa Frenkie De Jong dalam pertandingan tersebut terbilang impresif untuk ukurang gelandang serang. Dia kini memikul beban tim yang sebelumnya ada di pundak Lionel Messi.

Frenkie De Jong bermain berani, mencari solusi, dan mau mencoba beberapa hal dalam pertandingan. Pemain seperti ini penting untuk Ronald Koeman.

Pelatih asal Belanda itu tahu bahwa era baru Barcelona harus dipikul oleh De Jong, Depay, dan Griezmann. Tiga pemain ini seharusnya menjadi pilar baru Barcelona. Sejauh ini, De Jong terbukti tampil impresif, Depay mulai mantap, dan Griezmann masih kesulitan.

Sumber: Sport

Disadur dari: Bola.net (Richard Andreas, published 24/8/2021)

4 dari 4 halaman

Posisi Barcelona Saat Ini

Video Populer

Foto Populer