Sukses


Liga Spanyol: Barcelona Rekrut Luuk de Jong, Buat Apa Ronald Koeman?

Bola.com, Jakarta - Barcelona merekrut Luuk de Jong pada deadline day bursa transfer musim panas. Keputusan Blaugrana ini tergolong mengejutkan, tapi apa sebenarnya tujuan Ronald Koeman?

Menurut Sport, transfer Luuk de Jong adalah permintaan sang pelatih, Ronald Koeman. Barcelona cukup sibuk pada momen deadline day dengan kepergian Antoine Griezmann, sehingga Luke de Jong perlu didatangkan sebagai pengganti.

Dua transfer ini menjadi kejutan besar yang dilakukan Barcelona. Tak ada satu pun yang menduga Antoine Griezmann bakal dilepas kembali ke klub lamanya. Tak ada pula yang mengira De Jong akan datang sebagai pengganti.

Luuk de Jong memang merupakan pemain yang sudah berpengalaman dengan sepak bola Spanyol. De Jong merupakan pemain yang dimiliki Sevilla sebelum bergabung bersama Barcelona.

Bersama Sevilla, Luuk de Jong meraih trofi Liga Europa 2019/2020. Kini apa yang akan dipersembahkannya untuk Barcelona?

 

2 dari 3 halaman

Permintaan Ronald Koeman

Ronald Koeman dan Luuk de Jong memang sudah pernah bekerja sama di Timnas Belanda, tepatnya ketika Koeman menjadi pelatih pada 2018 hingga 2020.

Ketika bermain di Timnas Belanda, Luuk de Jong bermain sebagai penyerang tengah atau second striker. Artinya peran inilah yang kemungkinan akan dipikul De Jong untuk Barcelona nanti.

Saat ini Barcelona sudah punya cukup banyak penyerang. Ada Ansu Fati yang bakal segera pulih, ada Sergio Aguero, Ousmane Dembele, Memphis Depay, Martin Braithwaite, dan Yusuf Demir.

Jika melihat permainan Barcelona pada awal musim ini, Depay akan menjadi tumpuan di lini serang. Artinya De Jong mungkin akan berpasangan dengan Memphis Depay.

 

3 dari 3 halaman

Percaya

Tidak hanya itu, Luuk de Jong dapat disebut sebagai striker bertipe berbeda dengan penyerang Barcelona lainnya. Dia mencetak banyak gol dari sundulan dan bisa menjadi targetman.

Artinya, Luuk de Jong bisa menambah variasi lini serang Barcelona.

"Saya berbeda dari para penyerang lain di sini, saya tinggi, bagus di udara," ujar De Jong.

"Saya tahu saya tidak akan bermain di setiap pertandingan. Namun, saya punya hubungan baik dengan Ronald Koeman."

"Dia mengenal saya dari tim nasional dan tahu kapan dia membutuhkan pemain tinggi dan bagus di udara untuk pertandingan penting," lanjutnya.

Sumber: Sport

Disadur dari: Bola.net (Richard Andreas, published 8/9/2021)

Video Populer

Foto Populer