Sukses


Liga Spanyol: Ronald Araujo, Pemain Barcelona yang Berkembang Paling Signifikan di Mata Xavi

Bola.com, Jakarta - Barcelona mulai kembali ke performa terbaik dalam beberapa pertandingan terakhir. Meski sempat diragukan pada awal kehadirannya di Camp Nou, Xavi Hernandez sukses mengembalikan Blaugrana ke papan atas La Liga Spanyol.

Xavi Hernandez datang ke Barcelona pada 9 November 2021. Mantan gelandang Blaugrana itu ditunjuk untuk menggantikan Ronald Koeman yang dinilai tidak bisa mengembalikan Barcelona ke performa terbaik.

Laga debut Xavi bersama Barcelona berakhir manis lewat kemenangan 1-0 atas Espanyol dalam derbi Catalan. Namun, hasil imbang tanpa gol dengan Benfica dan kekalahan 0-3 dari Bayern Munchen membuat Barcelona tersingkir dari Liga Champions dan harus turun kasta ke Liga Europa.

Dari situlah Xavi sempat diragukan bisa menjadi jawaban untuk masalah yang dihadapi oleh Barcelona. Bahkan Barcelona juga kalah dari Real Madrid di Supercopa de Espana dan tersingkir dari Copa del Rey di tangan Athletic Bilbao.

Namun, Xavi memberikan jawaban lewat penampilan Barcelona yang lebih baik setelah mendatangkan beberapa pemain baru di lini depan timnya, seperti Ferran Torres, Adama Traore, dan Pierre-Emerick Aubameyang. Sejak bursa transfer Januari 2022 ditutup, Barcelona belum terkalahkan hingga saat ini.

Bahkan dalam empat laga terakhirnya di semua kompetisi, termasuk leg kedua play-off Liga Europa di markas Napoli, Barcelona selalu meraih kemenangan. Posisi Barcelona di La Liga pun makin baik, kemenangan 2-1 di markas Elche membantu Blaugrana untuk menempati peringkat ketiga di klasemen La Liga Spanyol saat ini.

Performa anak-anak asuh Xavi Hernandez itu kian baik seiring perjalanan waktu di musim ini. Namun, siapa yang berkembang paling signifikan di skuad Barcelona musim ini menurut sang pelatih?

2 dari 4 halaman

Ronald Araujo di Mata Xavi

Xavi Hernandez menyorot performa bek tengah timnya, Ronald Araujo. Menurutnya stoper Barcelona ini sudah diprediksi akan memiliki masa depan yang cerah, tapi ia membuat perkembangan luar biasa besar di bawah asuhan Xavi.

Ronald Araujo akan menjadi starter untuk banyak pertandingan di Camp Nou, menantikan kontrak baru dari pihak klub, di mana saat ini kontraknya akan berakhir pada 2023.

Namun, secara tiba-tiba, pemain berusia 22 tahun ini seolah-olah bisa menjadi satu di antara pemain terbaik di posisinya. Ia akan sangat berkembang di bawah asuhan Xavi.

"Kami membutuhkan umpan, membutuhkan seorang pengubah arah permainan. Tanpa bola, ia adalah satu yang terbaik di dunia, dan ketika memegang bola, ia harus bisa lebih baik lagi dan itu fundamental baginya dan bagi tim," tegas Xavi Hernandez.

3 dari 4 halaman

Jadi Tandem Sekaligus Penerus Gerard Pique

Ronald Araujo merupakan stoper Barcelona yang tampaknya akan membangun pertahanan mereka lebih ke depan, di mana Gerard Pique yang sudah memasuki senja karier ada bersamanya.

Untuk saat ini, Gerard Pique akan menjadi tandem utama bagi pemain asal Uruguay tersebut. Namun, kemungkinan besar Barcelona akan memperkuat sektor bek tengah lagi pada musim panas mendatang.

Bek tengah memang masih menjadi persoalan bagi Barcelona, terutama mengingat Gerard Pique kemungkinan besar akan segera gantung sepatu dalam beberapa tahun mendatang.

Belum baiknya performa Eric Garcia, Xavi harus memberikan persaingan yang lebih ketat di pusat pertahanan timnya.

Sumber: Football Espana

 

4 dari 4 halaman

Posisi Barcelona di La Liga Spanyol Saat Ini

Video Populer

Foto Populer