Sukses


Fakta Unik Kylian Mbappe: Usia 11 Tahun Sudah Bikin Takjub, 5 Kali Gagal Diboyong Real Madrid

Bola.com, Jakarta - Bintang PSG, Kylian Mbappe baru saja membuat geger dengan memutuskan bertahan di Paris. Sekaligus ia telah menolak pinangan dari Real Madrid.

Durasi kerja striker Timnas Prancis itu bersama Les Parisiens akan berakhir pada 30 Juni 2022. Situasi tersebut membuat Kylian Mbappe diincar sejumlah klub elite Eropa, satu di antaranya adalah Real Madrid.

Berstatus bebas transfer pada musim panas tahun ini, Mbappe bisa melakukan negosiasi dengan Madrid, tanpa perlu melibatkan PSG. Dia disebut telah melakukan pembicaraan dengan Presiden Real Madrid, Florentino Perez.

Kedua kubu pun dikabarkan telah mencapai kesepakatan secara lisan. Akan tetapi, Mbappe masih belum menandatangani kontrak yang disodorkan pihak El Real.

Tetapi pada akhirnya, Kylian Mbappe membuat Real Madrid patah hati. Pemain berusia 23 tahun itu justru memutuskan untuk menambah durasi kerjanya bersama Paris Saint-Germain hingga 30 Juni 2025.

2 dari 6 halaman

Diincar Sejak Belia

Jurnalis asal Prancis, Julien Laurens, mengungkap informasi menarik soal Real Madrid dan Kylian Mbappe. Laurens menyebut Los Blancos sudah tertarik pada jasa Mbappe bahkan ketika usianya baru 11 tahun!

Mbappe telah membuat geger pada akhir musim 2021/2022. Bukan soal hattrick dan performa apiknya saat PSG menang 5-0 atas Metz pada pekan terakhir Ligue 1, tapi yang terjadi dua hari sebelum laga itu digelar.

Pemain 23 tahun itu membuat keputusan yang sangat penting. Mbappe memilih bertahan di PSG dan meneken kontrak berdurasi tiga tahun. Mbappe menolak tawaran yang diajukan Real Madrid untuknya sejak beberapa bulan sebelumnya.

Bagi Mbappe, ini adalah keputusan yang rumit. Sementara, bagi Real Madrid, kegagalan transfer Mbappe menjadi pukulan telak bagi mereka.

3 dari 6 halaman

5 Kali Gagal Direkrut

Kylian Mbappe adalah bagian dari rencana jangka panjang Real Madrid. Jadi, kegagalan ini membuat Madrid harus menyusun rencana baru. Lebih dari itu, ini menjadi kegagalan kelima Real Madrid untuk memboyong Mbappe.

"Real Madrid telah mencoba mengontrak Mbappe sejak ia berusia 11 tahun, membuat tawaran beberapa kali (pada 2011, 2016, 2017 dan 2021, dan lagi musim panas ini) selama 12 tahun terakhir," tulis Laurens di ESPN.

Ada banyak faktor yang membuat Real Madrid gagal mendatangkan Mbappe. Pada kasus musim panas 2022 ini, situasi yang terjadi cukup rumit. Transfer Mbappe juga terkait dengan Piala Dunia 2022 yang digelar di Qatar.

Kepemilikan PSG yang berbasis di Qatar tidak ingin bintang utama Piala Dunia 2022 bukan dari klub mereka. Jadi, PSG berupaya keras dan meyakinkan Mbappe lewat kekuatan finansial dan proyek olahraga yang penting.

4 dari 6 halaman

Libatkan Presiden Prancis

Lebih jauh, Laurens menyebut bahwa transfer Mbappe juga melibatkan banyak orang penting lain. Presiden Prancis saat ini, Emmanuel Macron, juga ambil bagian. Orang nomor satu di Prancis itu secara khusus meminta Mbappe untuk bertahan di PSG.

"Mbappe mendengarkan pendapat ibunya, Fayza, dan ayahnya, Wilfried; dia berkonsultasi dengan pengacara, Delphine Verheyden," tulis Laurens.

"Bahkan Mbappe menerima telepon dari Emmanuel Macron, presiden Prancis, yang memintanya untuk tinggal di Paris. Dia menerima pesan dari beberapa orang paling berkuasa di Prancis, semuanya mengatakan hal yang sama," sambung Laurens.

5 dari 6 halaman

Dikenai Denda?

Setelah memutuskan batal bergabung ke Real Madrid membuat Kylian Mbappe dijatuhi denda. Menurut laporan sejumlah media Spanyol, Mbappe terkena penalti hingga mencapai 300 juta euro (Rp 4,6 triliun).

Denda tersebut karena mantan pemain AS Monaco itu telah melanggar kesepakatan yang telah dilakukan dengan Real Madrid. Lantas, benarkah kabar tersebut?

Seperti dilansir Marca, kabar tersebut hanya sebatas rumor belaka. Pasalnya, Kylian Mbappe belum menandatangani kontrak dengan Real Madrid, dan tak bisa dijatuhi denda.

Yang sebenarnya terjadi, Mbappe hanya menyetujui tawaran yang diajukan Florentino Perez. Presiden Los Blancos itu pun memercayai perkataan Kylian Mbappe, yang justru membuat patah hati.

Sumber: ESPN

Disadur dari: Bola.net (Asad Arifin, published 24/5/2022)

6 dari 6 halaman

Yuk Intip Posisi Real Madrid di Musim Ini

Video Populer

Foto Populer