Sukses


Antonio Rudiger Bukan yang Pertama, 5 Pemain Ini Gabung Real Madrid Setelah Meninggalkan Chelsea

Bola.com, Jakarta - Bek asal Jerman, Antonio Rudiger, sudah resmi meninggalkan Chelsea dan bergabung bersama Real Madrid. Rudiger pindah ke Santiago Bernabeu dengan status bebas transfer.

Antonio Rudiger diikat kontrak selama empat tahun oleh Real Madrid. Dengan begitu, Rudiger akan membela Los Blancos hingga 2026.

Sebelumnya, Antonio Rudiger memutuskan hengkang dari Chelsea pada akhir musim ini. Pemain berusia 29 tahun itu meninggalkan Stamford Bridge setelah kontraknya berakhir.

Rudiger memutuskan pergi setelah tidak menemui kata sepakat untuk perpanjangan kontrak bersama Chelsea. Rudiger pun menerima pinangan dari Real Madrid.

Menariknya, Antonio Rudiger bukan satu-satunya pemain Chelsea yang pindah ke Santiago Bernabeu. Ada beberapa nama besar yang juga telah bertukar sisi di antara kedua klub.

Berikut ini 5 pemain Chelsea yang hengkang ke Real Madrid sebelum Antonio Rudiger:

2 dari 6 halaman

Arjen Robben

Arjen Robben tampil menjanjikan saat membela Chelsea. Real Madrid kemudian mendatangkan pemain asal Belanda tersebut pada 2007 seharga 35 juta euro.

Namun, kiprah Robben bersama Real Madrid hanya bertahan dua musim. Dia tersingkir setelah Los Blancos mendatangkan Cristiano Ronaldo dan Ricardo Kaka pada musim panas 2009.

Robben tercatat membuat 65 penampilan di semua dengan mencetak 13 gol dan 15 assist untuk Cheslsea. Dia dijual ke Bayern Munchen seharga 25 juta euro dan meraih kesuksesan besar besama Die Roten.

 

3 dari 6 halaman

Ricardo Carvalho

Ricardo Carvalho mempunyai karier yang sangat sukses saat bermain bersama Chelsea. Jose Mourinho kemudian memboyongnya ke Real Madrid pada 2010 seharga 8 juta euro.

Carvalho sempat menjadi rekan duet Pepe di lini belakang Los Blancos. Bek tengah asal Portugal tersebut ikut memenangkan gelar La Liga dan Copa del Rey selama berseragam Madrid.

Carvalho hanya bertahan dua musim di Santiago Bernabeu sebelum hijrah ke AS Monaco. Bersama Los Blancos, dia mencatatkan 77 laga dengan torehan tiga gol dan dua assist.

4 dari 6 halaman

Michael Essien

Michael Essien bergabung dengan Real Madrid pada musim panas 2012. Saat itu Essien datang ke Santiago Bernabeu dari Chelsea dengan status pinjaman selama semusim.

Essien memainkan 21 pertandigan di semua kompetisi bersama Los Blancos. Sayangnya, gelandang asal Ghana itu gagal memenangkan satu gelar pun dengan El Real.

Performa Essien itu tidak cukup untuk membuatnya mendapatkan kontrak yang lebih panjang. Setelah gagal bersinar bersama Real Madrid, Essien, melanjutkan kariernya di AC Milan.

5 dari 6 halaman

Thibaut Courtois

 

Real Madrid membeli Thibaut Courtois dari Chelsea pada 2018. Kiper timnas Belgia tersebut ditebus dengan biaya yang mencapai 35 juta euro.

Setelah datang ke Santiago Bernabeu, Courtois langsung menjadi kiper nomor satu. Dia berhasil menggeser posisi Keylor Navas di bawah mistar gawang.

Sampai sejauh ini, Courtois sudah mencatatkan 180 penampilan di semua kompetisi untuk Real Madrid. Dia juga memenangkan enam gelar termasuk La Liga dan Liga Champions.

6 dari 6 halaman

Eden Hazard

 

Eden Hazard pindah ke Real Madrid pada 2019 setelah tampil gemilang bersama Chelsea. Los Blancos mengeluarkan 115 juta euro untuk mendapatkan pemain asal Belgia tersebut.

Namun, Hazard belum mampu menunjukkan performa terbaiknya setelah datang ke Santiago Bernabeu. Pemain berusia 31 tahun tersebut banyak melewatkan pertandingan karena sering mengalami cedera.

Sampai sejauh ini, Hazard baru memainkan 66 pertandingan di semua kompetisi bersama Los Blancos. Dia mencetak enam gol dan 10 assist dari penampilannya tersebut.

Sumber: Transfermarkt

Disadur dari: Real Madrid (Aga Deta, published 3/6/2022)

Video Populer

Foto Populer