Sukses


Hasil Liga Spanyol: Kemenangan Barcelona Sirna, Espanyol Rebut Poin di Camp Nou

Bola.com, Jakarta - Barcelona gagal meraih poin sempurna dalam laga jornada 15 La Liga Spanyol 2022/2023. Barcelona ditahan imbang 1-1 oleh Espanyol dalam derbi Catalan di Spotify Camp Nou, Sabtu (31/12/2022).

Barcelona sejak awal laga tampil menjanjikan. Mereka sangat dominan dari segi penciptaan peluang dan penguasaan bola. Barcelona bahkan mencetak gol pada menit ke-7 melalui sundulan Marcos Alonso memanfaatkan situasi sepak pojok.

Espanyol akhirnya bisa mencetak gol di menit ke-73. Joselu sukses mengonversi penalti yang diperolehnya sendiri.

Raihan satu poin ini masih menempatkan Barcelona di puncak klasemen sementara dengan 38 poin, tetapi jumlah poinnya sama dengan Real Madrid di posisi dua. Espanyol sendiri masih tertahan di peringkat ke-16 dengan 13 poin.

2 dari 5 halaman

Barcelona Unggul Cepat

Barcelona sukses memecah kebuntuan saat laga baru memasuki menit ke-7. Proses golnya berawal dari sepak pojok. Espanyol buruk ketika bertahan, sehingga membiarkan Andreas Christensen mudah menyundul bola.

Arah sundulan tersebut mengarah ke tiang jauh. Marcos Alonso yang tidak terkawal dengan mudah melepas sundulan dengan kekuatan penuh.

Alonso nyaris menggandakan keunggulan lewat proses yang sama pada menit ke-18. Kali ini, kontak terakhirnya dengan bola sangat tidak bagus yang menyebabkan bola justru melenceng dari sasaran.

Barcelona benar-benar bisa mengurung pertahanan Espanyol selama 45 menit pertama. Bahkan sampai menit ke-30, Barcelona menguasai 75 persen penguasaan bola dan Espanyol belum bisa melepas tembakan.

Espanyol baru bisa menciptakan tembakan pertamanya di laga ini pada menit ke-33. Sayangnya, upaya dari Nico Ribaudo masih belum maksimal.

3 dari 5 halaman

Espanyol Cetak Gol Penyeimbang

Barcelona masih terus dominan sepanjang babak kedua. Persentase penguasaan bolanya bukan turun, justru terus meningkat ke angka 77 persen.

Bedanya, Barcelona lebih kesulitan membongkar pertahanan Espanyol dan melepas tembakan. Espanyol bermain pragmatis dengan mencegah ruang terbuka di pertahanan sendiri dan menyerang balik secepat mungkin.

Saat situasi yang tidak menguntungkan, Espanyol justru mampu mencetak gol penyeimbang kedudukan. Gol tersebut lahir pada menit ke-73 melalui eksekusi penalti Joselu.

Joselu sebelumnya terjatuh saat menerima bola atas di kotak penalti Barcelona. Wasit utama Antonio Miguel Mateu Lahoz menganggap ada kontak yang cukup dari pemain Barcelona yang menyebabkan Joselu jatuh, sehingga dirinya memberikan penalti.

Tensi pertandingan mulai panas jelang akhir pertandingan. Total ada tiga kartu merah yang keluar dari saku wasit.

Kartu merah pertama diberikan kepada Jordi Alba pada menit ke-78. Ia mendapatkan kartu kuning kedua sebelumnya, Espanyol juga kehilangan pemain di menit ke-81 setelah Vinicius de Souza menerima kartu kuning kedua pula.

Kartu merah langsung juga sempat diberikan kepada pemain Espanyol lainnya, Leandro Cabrera. Namun, setelah melakukan pengecekan VAR, wasit membatalkan kartu merah tersebut.

 

4 dari 5 halaman

Susunan Pemain

  • Barcelona (4-3-3): Marc-Andre ter Stegen; Sergi Roberto (Alex Balde 82’), Andreas Christensen, Marcos Alonso, Jordi Alba; Pedri, Frenkie de Jong (Frenkie de Jong 83’), Gavi (Sergio Busquets 52’); Ansu Fati (Ferran Torres 62’), Robert Lewandowski, Raphinha (Ousmane Dembel 62’).
  • Pelatih: Xavi Hernandez
  • Espanyol (5-3-2): Alvaro Fernandez; Leandro Cabrera, Sergi Gomez, Fernando Calero (Edu Exposito 57’), Brian Olivan (Aleix Vidal 90’), Oscar Gil (Ruben Sanchez 90’); Sergi Darder, Vinicius Souza, Nico Ribaudo (Javier Puado 57’); Joselu, Martin Braithwaite (Wassim Keddari 86’).
  • Pelatih: Diego Martinez

 

Disadur dari: Bola.net (Abdi Rafi Akmal, published 31/12/2022)

5 dari 5 halaman

Persaingan di La Liga Spanyol saat Ini

Video Populer

Foto Populer