Sukses


7 Pemain Barcelona yang Lahir Kembali di Tangan Xavi, Bikin Gemetar Tim-Tim Lawan

Bola.com, Jakarta - Xavi Hernandez mengubah Barcelona yang hancur lebur menjadi tim yang kembali disegani. Blaugrana kini memimpin di puncak klasemen Liga Inggris musim ini.

Padahal saat mantan kapten legendaris itu kembali ke Barcelona, November 2021, kondisi klub berantakan. Barcelona tercecer di papan tengah dan diragukan lolos ke Liga Champions

Perlahan tapi pasti, Xavi mengubah semuanya hingga finis kedua musim lalu. Kini, Xavi membawa Barcelona berada di posisi puncak pada paruh pertama musim ini.

Itu berkat tangan dingin Xavi yang jitu melakukan tranfer pemain. Xavi juga mampu mengembalikan kemampuan terbaik para pemain yang sempat kehilangan kepercayaan diri.

Berikut tujuh pemain yang kemampuannya meningkat sejak Xavi Hernandez mengambil alih Barcelona.

 

2 dari 8 halaman

1. Marc-Andre ter Stegen

Sejak memenangi Liga Champions pada musim debutnya serta empat gelar La Liga dalam enam tahun bersama Barcelona, Ter Stegen justru mengalami penurunan performa. Musim ini, dia tampil luar biasa dengan 13 clean sheet dari 17 laga.

"Kami melihat Marc-Andre ter Stegen masih yang terbaik dalam waktu yang lama," kata Xavi. "Dalam satu lawan satu, dia spektakuler, dia adalah pemimpin tim dan pemain yang berharga," sambungnya.

 

3 dari 8 halaman

2. Eric Garcia

Eric Garcia dibawa kembali ke Catalonia dari Manchester pada musim panas 2021, dan diharapkan mengikuti jejak Gerard Pique. Namun, pemain berusia 22 tahun itu kesulitan menemukan permainan terbaik sebelum Xavi datang.

Tidak ada bek tengah La Liga yang mendapatkan menit bermain lebih banyak darinya musim ini. Garcia telah berkontribusi pada rekor pertahanan Barcelona dengan hanya kebobolan enam gol dalam 17 pertandingan.

 

4 dari 8 halaman

3. Alejandro Balde

Kedatangan Xavi juga membuat sejumlah pemain muda Barcelona berkembang termasuk bek kiri berusia 19 tahun Alejandro Balde. Dia mampu merebut tempat di tim utama mengungguli seniornya, Jordi Alba hingga Marcos Alonso.

Penampilan Balde yang luar biasa membuatnya dipanggil Timnas Spanyol di Piala Dunia 2022. Dia melakukan debutnya di La Roja sebagai pemain pengganti Alba saat Matador menang 7-0 atas Kosta Rika.

 

5 dari 8 halaman

4. Ronald Araujo

Pemain Uruguay tersebut sudah menjadi calon bintang saat Barcelona ditangani Ronald Koeman. Xavi memberikan sentuhan yang membuat Ronaldo Araujo jadi bek tengah terbaik di Eropa. Xavi bahkan memberikan latihan khusus kepadanya.

"Ronald Araujo adalah pemain yang paling berkembang sejak kedatangan kami di Barcelona. Dia banyak berkembang dengan bola," kata Xavi yang akhirnya membuat sang pemain mendapat kontrak baru hingga 2026.

 

6 dari 8 halaman

5. Frenkie de Jong

Saat pertama tiba di Barcelona, De Jong terlihat canggung bermain di lini tengah bersama Sergio Busquets. Bahkan sejak Xavi datang, pemain Belanda ini juga masih kerap jadi pemain cadangan.

Perubahan terjadi ketika Barcelona berusaha mendepaknya hijrah ke Manchester United. De Jong seperti terlahir kembali dan menjadi kunci kesuksesan skema Xavi di lini tengah.

 

7 dari 8 halaman

6. Gavi

Lulusan La Masia menjadi debutan termuda keempat Barcelona pada Agustus 2021, tiga bulan sebelum kedatangan Xavi. Bakatnya juga membuat pelatih Timnas Spanyol, Luis Enrique, tertarik memanggilnya.

Kedatangan Xavi semakin membuat wonderkid ini berkembang pesat. Dia begitu mencuri perhatian dengan satu gol dan dua assist dalam kemenangan Supercopa 3-1 Barca atas Real Madrid.

 

8 dari 8 halaman

7. Ousmane Dembele

Prestasi Dembele di Barcelona terkenal dengan pasang surut bahkan termasuk enam bulan pertama Xavi bertugas di Camp Nou. Namun, Dembele membuktikan Barcelona tidak perlu kecewa mengeluarkan banyak uang untuk merekrutnya.

Tidak ada pemain di La Liga yang mencatat lebih banyak assist musim lalu dibanding Dembele. Hanya Lionel Messi dan Kevin De Bruyne yang memiliki lebih banyak assist di lima liga teratas Eropa pada 2022.

Sumber: Planet Football

Video Populer

Foto Populer