Sukses


Terungkap! Xavi Ternyata Bingung Bagaimana Caranya Memberi Motivasi kepada Robert Lewandowski Agar Serius di Liga Europa

Bola.com, Barcelona - Barcelona gagal berbicara banyak di Liga Europa 2022/2023. Mereka tersingkir di playoff fase gugur turnamen tersebut.

Barca kalah bersaing dengan Manchester United. Pada leg pertama tim asuhan Xavi Hernandez hanya bisa bermain imbang 2-2.

Sementara itu Barcelona harus kalah 1-2 pada leg kedua yang berlangsung di kandang MU. Blaugrana pun gagal melaju ke babak 16 besar Liga Europa musim ini.

Baru-baru ini seorang jurnalis asal kota Barcelona, Joan Fontes mengungkapkan fakta menarik. Menurut Fontes, Xavi Hernandez bingung bagaimana cara memberikan motivasi kepada Robert Lewandowski untuk memenangkan Liga Europa.

Kalimat itu disebut keluar dari mulut Xavi ketika sedang berbicara dengan kiper Villarreal, Pepe Reina sebelum laga antara The Yellow Submarine kontra Barca (13/2/2023). Laga itu berlangsung empat hari sebelum duel pertama Barca kontra MU.

“Bagaimana saya bisa memotivasi Lewandowski untuk memenangkan gelar itu?," kata Xavi kepada Pepe Reina sebelum duel melawan Manchester United.

2 dari 5 halaman

Bergelimang Gelar

Robert Lewandowski memang tak terbiasa bermain di Liga Europa. Selama memperkuat Bayern Munchen, ia selalu berlaga di Liga Champions.

Robert Lewandowski juga bergelimang gelar juara bersama tim Jerman itu. Ia sudah meraih 10 gelar juara Bundesliga.

Lewandowski juga pernah sekali memenangkan gelar juara Liga Champions bersama Bayern Munchen pada musim 2019/2020.

Selain itu penyerang berusia 34 tahun itu juga meraih banyak gelar di level individu. Termasuk dua gelar pemain terbaik versi FIFA.

3 dari 5 halaman

Rekor Buruk Xavi

Xavi memjulai pekerjaan sebagai pelatih Barcelona sejak 6 November 2021. Ia menggantikan posisi Ronald Koeman saat itu.

Namun, Xavi ternyata memiliki rekor buruk saat menukangi Barcelona di kompetisi Eropa. Rekor itu semakin memburuk ketika Barca disingkirkan Manchester United di Europa League musim ini.

Sejauh ini Barcelona sudah 16 kali bermain di kompetisi Eropa bersama Xavi. Mereka hanya meraih empat kemenangan, enam kali imbang, dan enam kali menelan kekalahan.

Barcelona pun masih harus menunggu lama untuk menyudahi puasa gelar di Eropa. Terakhir kali Barca meraih gelar Liga Champions terjadi pada musim 2014/15.

4 dari 5 halaman

Fokus di La Liga

Setelah tersingkir dari Europa League, saat ini Barcelona langsung mengalihkan fokus mereka ke kompetisi domestik di Spanyol. Mereka memang berpeluang menjadi juara La Liga musim ini.

Sejauh ini Barcelona masih ada di puncak klasemen sementara La Liga 2022/2023. Blaugrana unggul tujuh poin dari Real Madrid yang ada di posisi kedua.

Gelar La Liga musim ini akan terasa manis bagi Barca. Sebab, mereka belum juara ajang tersebut sejak musim 2018/2019.

Selain itu, Barcelona juga masih bertarung di ajang Copa Del Rey. Tambahan trofi pada ajang itu juga menjadi pencapaian yang lumayan bagi Barca.

Sumber: Football Espana

5 dari 5 halaman

Yuk Lihat Peta Persaingan

Video Populer

Foto Populer