Sukses


Mulai dari Benfica hingga Barcelona, Joao Cancelo Langganan Klub Top Eropa: Raih Trofi di Mana Saja?

Bola.com, Jakarta - Full-back Manchester City, Joao Cancelo, telah bergabung bersama Barcelona dengan status pinjaman pada bursa transfer musim panas 2023. Pemain asal Portugal itu tercatat sudah membela 7 klub di 4 liga top Eropa, bahkan menjadi langganan di kompetisi Eropa.

Joao Cancelo merupakan pemain andalan Man City di bawah asuhan Pep Guardiola, terutama pada musim 2021/2022. Saat itu Cancelo tampil dalam 36 laga Man City di Premier League dan total berlaga dalam 52 laga di semua kompetisi.

Namun, pada musim lalu, tepatnya pada paruh kedua musim 2022/2023, Joao Cancelo dipinjamkan oleh Man City ke Bayern Munchen. Padahal pada paruh pertama musim, Joao Cancelo tampil dalam 17 laga.

Setelah setengah musim lalu membela Bayern Munchen sebagai pemain pinjaman, Joao Cancelo kembali ke Man City pada musim panas 2023.

Sayangnya, sang pemain merasa enggan kembali ke Etihad Stadium, sementara pihak klub juga sedikit keberatan untuk melepasnya.

Joao Cancelo akhirnya dipinjamkan ke Barcelona pada musim 2023/2024 ini. Kepindahan tersebut diumumkan pada deadline day bursa transfer musim panas 2023.

Blaugrana juga merekrut kompatriot Cancelo, Joao Felix, dari Atletico Madrid, juga sebagai pemain pinjaman.

Barcelona menjadi klub ketujuh yang dibela Joao Cancelo dalam kariernya. Menariknya, pemain asal Portugal itu selalu mendapatkan kesempatan bermain di klub besar yang kerap berlaga di kompetisi Eropa.

2 dari 3 halaman

Selain Portugal, Joao Cancelo Sudah Cicipi Liga Inggris, Spanyol, dan Italia

Joao Cancelo memulai kariernya di Benfica. Selain memperkuat Benfica B pada 2012 hingga 2014, pemain asal Portugal itu bisa menembus tim utama pada 28 Juli 20212 dalam laga persahabatan melawan Gil Vicente.

Namun, Cancelo baru mendapatkan pertandingan resmi pertama bersama Benfica pada 25 Januari 2014. Hanya tujuh bulan setelah debutnya itu, Benfica memutuskan untuk meminjamkan Cancelo ke Valencia.

Joao Cancelo akhirnya mendapatkan kontrak permanen bersama Valencia pada 25 Mei 2015. Ia menyepakati kontrak yang mengikatnya selama enam tahun dengan transfer senilai 15 juta euro.

Namun, pada Agustus 2017, Valencia memutuskan meminjamkan Joao Cancelo ke Inter Milan. Selama satu musim Cancelo bermain bersama klub berjulukan Nerazzurri itu, tetapi pada musim selanjutnya bergabung bersama Juventus dengan kontrak berdurasi lima tahun bernilai 40,4 juta euro.

Hanya semusim di Juventus, Joao Cancelo ditransfer ke Man City dengan nilai 27,5 juta pound dan penukaran Danilo ke Turin, yang memiliki total 60 juta pound. Cancelo meneken kontrak berdurasi enam tahun bersama The Citizens.

Setelah 3 musim yang penuh prestasi bersama Man City, Joao Cancelo kemudian dipinjamkan ke Bayern Munchen pada tengah musim keempatnya bersama tim asuhan Pep Guardiola itu.

Hanya setengah musim bersama Bayer Munchen, Joao Cancelo kemudian dipinjamkan Man City ke Barcelona pada musim panas 2023.

3 dari 3 halaman

Raih Trofi Juara Bersama 4 Klub

Joao Cancelo sudah merasakan gelar juara sejak bersama Benfica. Ia membantu klub Portugal itu menjadi juara Primeira Liga pada 2013/2014.

Gelar juara selanjutnya diraih Joao Cancelo kala berseragam Juventus. Supercoppa Italiana 2018 menjadi trofi pertamanya di Juventus, yang disusul Scudetto pada akhir musim 2018/2019.

Man City adalah puncak karier bagi Joao Cancelo. Bersama klub raksasa Inggis itu, Joao Cancelo merasakan gelar juara. Dua gelar juara Premier League berturut-turut diraih Joao Cancelo bersama Man City, yaitu pada musim 2020/2021 dan 2021/2022, selain Piala Liga Inggris 2020/2021.

Joao Cancelo yang terdaftar sebagai pemain Man City dianggap juga menjuarai Premier League dan Liga Champions 2022/2023. Namun, ia saat itu tengah dipinjamkan ke Bayern Munchen.

Justru bersama Bayern Munchen, Joao Cancelo turut merasakan gelar juara Bundesliga pada 2022/2023.

Video Populer

Foto Populer