Sukses


Cerita dari Spanyol: Bersua Wartawan Jepang, Langsung Tebak-tebakan Skor Duel Timnas Indonesia Vs Samurai Biru di Piala Asia 2023

Bola.com, Bilbao - Perhelatan Piala Asia 2023 di Qatar menjadi salah satu pembahasan menarik, terutama untuk wartawan dari Benua Kuning, di sela-sela media trip yang digelar LALIGA Spanyol di Basque Country pekan ini. Media trip ini melibatkan jurnalis dari berbagai negara, termasuk Bola.com dari Indonesia. 

Selain itu ada juga wartawan dari Maroko, Malaysia, Jepang, China, Kolombia, Argentina, Brasil, Uni Emitar Arab, India, dan Inggris. Media trip ini salah satu agenda utamanya adalah menonton pertandingan Derby Basque antara Athletic Bilbao kontra Real Sociedad di Stadion San Mames, Sabtu (13/1/2024). 

Seperti diketahui perhelatan Piala Asia 2023 akan bergulir mulai Jumat (12/1/2024) di Qatar. Timnas Indonesia tergabung di Grup D bersama Jepang, Irak, dan Vietnam. 

Peluang Timnas Indonesia lolos dari grup ini dianggap kecil. Ketiga negara yang dihadapi Indonesia bukan kaleng-kaleng. 

Vietnam selama ini selalu menjadi musuh bebuyutan Timnas Indonesia di level Asia Tenggara. Adapun reputasi Jepang tidak perlu diragukan lagi, karena Tim Samurai Biru sedang ganas-ganasnya. 

Sementara itu Irak sejak dulu juga menjadi tim yang disegani di Asia. Di atas kertas, peluang Tim Merah Putih lolos ke babak selanjutnya sangat tipis. 

Apalagi, dalam tiga kali ujicoba menjelang Piala Asia 2023 melawan Libya (dua kali) dan Iran), hasil yang dipetik tim besutan Shin Tae-yong memprihatinkan dan mengkhawatirkan. Timnas Indonesia selalu kalah. 

Lalu, bagaimana prediksi wartawan dari Jepang soal pertandingan Timnas Indonesia versus Jepang di Piala Asia 2023?

---- 

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 3 halaman

Jepang Butuh Adaptasi

Seperti diketahui, Timnas Indonesia akan lebih dulu menghadapi Irak pada 15 Januari 2024 pada pertandingan pertama Grup D.

Setelah itu, Timnas Indonesia akan berjibaku melawan sesama tim ASEAN, yaitu Vietnam, pada 19 Januari 2024.  Yang terakhir, Tim Merah Putih akan meladeni Jepang pada 24 Januari 2024. 

Banyak pihak yang memprediksi Timnas Indonesia bisa menjadi lumbung gol Jepang. Tim Samurai Biru tampil sangat mengerikan dalam beberapa waktu terakhir. Setelah lolos ke babak 16 Piala Dunia 2022, Jepang juga pernah menang telak atas Jerman, Turki, dan Peru pada beberapa laga uji coba.

Apakah Timnas Indonesia akan menjadi bulan-bulanan Jepang? Ternyata, Kanuzori Hirachi, jurnalis dari media Jepang, The Yomiuri Shimbun, tidak sepakat dengan prediksi itu. 

Dia menilai Jepang akan butuh beradaptasi lagi untuk bermain di Qatar. Selain itu, ada beberapa pemain andalan Jepang yang kondisinya tidak 100 persen. 

"Saya rasa Timnas Indonesia masih ada peluang saat menghadapi Jepang. Jepang pasti butuh beradapatasi di Piala Asia 2023," kata Hirachi, dalam perbincangan dengan Bola.com, di sela-sela acara media trip dari LALIGA, Rabu (11/1/2023). 

 

 

3 dari 3 halaman

Sebut Timnas Indonesia Masih Punya Peluang

Menurut Hirachi, faktor cedera Takefusa Kubo bisa memengaruhi penampilan Timnas Jepang di Piala Asia 20233. Bintang muda Jepang itu diterpa cedera menjelang partisipasi pada Piala Asia 2023.

Kubo cedera saat menjalani pekan ke-19 Liga Spanyol 2023-2024 bersama Real Sociedad. Dia tetap berangkat ke Qatar untuk memperkuat Jepang di Piala Asia 2023 dan kemungkinan akan tetap menjadi andalan. 

"Selain itu, Takehiro Tomiyasu yang dari Arsenal juga mengalami cedera sebelum Piala Asia 2023. Jadi, faktor Kubo dan Tomiyasu bisa memengaruhi penampilan Jepang. Saya rasa Jepang tidak akan menang mudah begitu saja. Timnas Indonesia masih punya peluang," tuturnya. 

Saat ditanya berapa kira-kira skor pertandingan Timnas Indonesia kontra Jepang, Hirachi malah tertawa dan menolak menjawab. 

"Wah, kalau skornya saya tidak tahu. Nanti dilihat dulu hasil pertandingan Jepang melawan Vietnam. Dari situ bisa dilihat dulu seperti apa kondisi skuad Jepang di Piala Asia," imbuhnya. 

Video Populer

Foto Populer