Sukses


5 Manajer yang Digosipkan ke Barcelona: Dari Jose Mourinho hingga Xabi Alonso

Bola.com, Jakarta - Xavi Hernandez telah mengumumkan bahwa dia akan meninggalkan Barcelona pada akhir musim. Menarik untuk mengetahui bagaimana langkah manajemen klub menentukan siapa pelatih yang mengisi kekosongan. 

Spekulasi mengenai siapa yang akan ditunjuk sebagai penerus Xavi di musim panas semakin meningkat, dengan beragam nama, mulai dari pelatih muda yang sedang naik daun, hingga nama-nama besar, hingga opsi internal, semuanya disebut-sebut akan menempati kursi panas di Camp Nou. .

Nah, berikut ini adalah enam nama yang bisa melatih Barcelona menggantikan Xavi Hernandez musim depan, dari mulai Xabi Alonso hingga Jose Mourinho.

--

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 7 halaman

Jose Mourinho

Jose Mourinho merupakan asisten Bobby Robson dan Louis van Gaal dan kabarnya pernah mendapatkan tawaran untuk pekerjaan di Barcelona ketika ada lowongan pada tahun 2008. Dia juga dilaporkan memberikan presentasi PowerPoint yang menarik yang mencakup rincian tentang bagaimana dia dapat menyesuaikan pendekatan taktisnya agar sesuai dengan pendekatan klub.

Keputusan Joan Laporta untuk mengabaikan Mourinho dan malah menunjuk pemain baru Pep Guardiola, atas saran Cruyff, dapat dilihat sebagai salah satu titik balik sepak bola yang hebat. Barca yang meraih treble di bawah asuhan Guardiola merevolusi cara bermain sepak bola hingga hari ini.

Enam belas tahun kemudian Jose Mourinho dihadapkan pada segala kemungkinan. Sayangnya hal itu mungkin tidak akan pernah terjadi juga. Penyebabnya? Rivalitas yang tercipta antara Mourinho dengan Barcelona.

3 dari 7 halaman

Roberto De Zerbi

Pelatih Brighton and Hove Albion asal Italia berusia 43 tahun ini masuk sebagai kandidat. Ia baru menangani Brighton pada 18 September 2022 menggantikan posisi Graham Potter yang dipinang Chelsea.

Sebelumnya Roberto De Zerbi menjadi pelatih Shakhtar Donetsk sejak 25 Mei 2021. Pada laga debutnya ia sukses menahan imbang Liverpool 3-3 di Anfield (1/10/2022) dan membawa Brighton ke pentas Eropa pertama klub, meski 'cuma' di Conference League.

Kemunculannya sedikit banyak mengingatkan pada sosok Mauricio Pochettino, manajer asal Argentina yang tiba-tiba dihormati karena suksesnya bersama Tottenham Hotspur meski sebelumnya melatih Southampton.

4 dari 7 halaman

Marcelo Bielsa

“Berikan Bielsa Barcelona saya dan Anda akan melihat bagaimana dia akan memenangkan gelar,” kata Pep Guardiola kepada Telemundo Sports pada tahun 2022.

Bielsa sering dikaitkan dengan pekerjaan di Barcelona pada tahun-tahun pasca-Guardiola, tetapi dengan Bielsa yang sekarang bertanggung jawab atas Uruguay, yang dikontrak hingga Piala Dunia 2026, sulit bagi Barca untuk 'meyakinkan' sang manajer.

Biar bagaimanapun, akan sangat menarik untuk melihat bagaimana pendekatan tanpa kompromi dari ahli taktik asal Argentina yang berpengaruh ini akan cocok dengan klub level elite.

 

5 dari 7 halaman

Xabi Alonso

Seperti Mourinho, bagian yang menyenangkan melihat Alonso di Barcelona adalah kehancuran yang terjadi di ibu kota Spanyol. Setelah memenangkan segalanya di Real Madrid selama masa bermainnya, Alonso telah lama ditunjuk sebagai penerus Carlo Ancelotti di Bernabeu.

Itulah sebabnya hal itu (mungkin) tidak akan pernah terjadi. Hal ini sangat disayangkan karena rekam jejak, gaya permainan, dan kemampuan sosok berusia 42 tahun untuk mengembangkan dan meningkatkan pemain memenuhi semua kriteria yang dibutuhkan Barcelona saat ini.

6 dari 7 halaman

Jurgen Klopp

Klopp merasa dia membutuhkan waktu istirahat dari sepak bola untuk mengisi ulang tenaganya dan kami akan terkejut melihatnya kembali bekerja sebelum tahun 2025.

Meskipun gaya sepak bola intensitas tinggi yang ia miliki berbeda dengan Johan Cruyff, kekuatan kepribadian Klopp akan terasa cocok untuk klub seperti Barcelona, ​​.

Ya, kita tunggu saja, apakah Klopp bakal benar-benar cuti atau malah tertarik menangani Barcelona.

7 dari 7 halaman

Persaingan di Liga Spanyol

Video Populer

Foto Populer