Sukses


    Prediksi Persija vs PSM: Sang Macan Rindu Menang

    Bola.com, Jakarta - Kondisi tidak menyenangkan sedang dihadapi Persija Jakarta jelang menjamu PSM Makassar pada pekan ke-16 Torabika Soccer Championship (TSC) 2016 presented by IM3 Ooredoo. Pasalnya, Macan Kemayoran belum lagi merayakan manisnya kemenangan sejak delapan laga terakhir. Bentrok di Stadion Manahan, Solo, Minggu (21/8/2018), dipastikan jadi panggung yang akan dimaksimalkan Persija.

    Kemenangan mutlak diraih Persija guna mendongkrak posisi di klasemen sekaligus mengakhiri hasil delapan kali laga tidak pernah menang. Ismed Sofyan dkk. sekarang ini tertahan di posisi 15 dengan 14 poin. Bila kalah atau sekadar memperoleh hasil imbang, bisa berakibat buruk untuk tim ibu kota negara yang terusir dari Jakarta ini.

    Misi berat itu benar-benar disadari caretaker pelatih Jan Saragih. Namun, Jan mengklaim 18 pemain yang diboyong ke Kota Solo dalam kondisi siap tempur melawan pasukan Juku Eja. "Kami siap bermain dengan sistematis dan lebih efektif dari laga-laga sebelumnya. Target kami harus mendapatkan poin penuh karena bermain di kandang," katanya.

    Pelatih berlisensi UEFA B itu cukup lega dengan perkembangan permainan skuatnya terutama lini depan. Hal ini tidak lepas dari laga uji coba terakhir, saat melawan Jagorawi United dengan kemenangan 4-0. Tiga dari empat gol tersebut diciptakan para penyerang, Bambang Pamungkas (dua gol) dan Rahmat Afandi (sebiji gol.

    Hanya, Jan Saragih enggan membeberkan apakah menurunkan Bepe dalam laga Minggu malam ini. Meski desakan memainkan striker gaek itu berembus dari kalangan suporter, Jan memastikan seluruh pemainnya memiliki kesempatan yang sama untuk tampil reguler. Pelatih 30 tahun itu akan menentukan starting line-up beberapa jam sebelum kick-off.

    "Sepak bola itu permainan tim, bukan hanya satu personel. 18 pemain punya kesempatan untuk bermain sejak awal laga. Mereka semuanya siap" tegasnya.

    Optimisme juga dilontarkan pemain sayap muda, Ambrizal Umanailo. Pemain asal Ambon itu antusias menghadapi laga pertamanya melawan PSM Makassar. Jika dipercaya tampil, dirinya akan mengeluarkan kemampuan terbaik guna memutus paceklik kemenangan. "Kami rindu kemenangan. Semua pemain termasuk saya sangat termotivasi meraih tiga angka," ucapnya.

    Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

    2 dari 2 halaman

    PSM dan Trio Ferrari

    Kondisi berbeda menyelubungi PSM Makassar. Sukses mengemas tujuh poin pada tiga laga terakhir jadi modal PSM menantang Sang Macan. Pelatih PSM, Robert Alberts, tak segan membidik kemenangan tandang perdana TSC 2016. "Kalau pemain tampil normal, Saya optimitis PSM meraih tiga poin di Solo," ujarnya.

    Penampilan PSM pada tiga laga terakhir memang menjanjikan. Juku Eja mengemas sembilan gol dan kemasukan empat gol. Saat dijamu Mitra Kukar pada pekan ke-13 (31/7/2016), PSM hampir membawa pulang tiga poin ke Makassar setelah sempat unggul 2-0 sebelum tuan rumah menyamakan kedudukan. "Saya berharap mental pemain tetap terjaga dan pertandingan berlangsung fair di Solo nanti," imbuh sang pelatih.

    Skuat Persija harus waspada saat menjamu PSM karena tim tamu datang dengan modal positif . (Bola.com/Nicklas Hanoatubun)

    Menghadapi Persija, Robert mengisyaratkan tidak melakukan perubahan dalam daftar 11 pemain inti. Pelatih asal Belanda ini puas dengan kinerja para pemain yang mengisi starting line up saat melibas Bali United 4-0 pada pekan ke-15  yang berlangsung di Stadion Andi Mattalatta Mattaongin (14/8/2016)."PSM tampil bagus melawan Bali United. Kondisi ini harus tetap dipertahankan sampai putaran pertama berakhir," jelas Robert.

    Itu berarti Robert tetap memercayakan Trio Ferrari, yaitu Ferdinand Sinaga, Rahmat Syamsuddin, dan Ridwan Tawainella di lini depan. Sementara Muchlis Hadi Ning Syaifulloh dan Maldini Pali harus menunggu kesempatan tampil dari bangku cadangan.

    Sedang di lini tengah, duet Syamsul Chaeruddin dan Rizky Pellu jadi penopang Rasyid Bakri yang bertugas sebagai gelandang serang dibelakang Trio Ferrari. "Persija tentu sudah mempersiapkan diri untuk menghadapi PSM. Tapi, kami punya modal bagus untuk mengalahkan mereka," tegas Robert.

    Bagi PSM, menghadapi Persija adalah kesempatan terakhir membuktikan diri bukan jago kandang karena setelah dijamu Persija, Juku Eja akan menyelesaikan putaran pertama dengan menjamu Persipura Jayapura di Stadion AMM, Minggu (28/8/2016).

    Jadi, apakah Persija yang akan mampu meluapkan kerinduan memenangi pertandingan ataukah PSM Makassar yang akan merayakan kemenangan pertama di kandang lawan?

    Prakiraan formasi pemain:

    Persija Jakarta (4-3-3): Andritany Ardhiyasa (kiper); Andik Rendika Rama, Maman Abdulrahman, Gunawan Dwi Cahyo, William Pacheco (belakang); Amarzukih, Ade Jantra, Rudi Setiawan (tengah); Sutanto Tan, Aldi Al Achya, Bambang Pamungkas (depan)

    Pelatih: Jan Saragih

    PSM Makassar (4-3-3): Syaiful; Wasyiat Hasbullah, Ardan Aras, Hendra Wijaya, Valentino Telaubun, Rasyid Bakri, Syamsul Chaeruddin, Rizky Pellu; Ridwan Tawainella, Ferdinand Sinaga, M Rahmat

    Pelatih: Robert Alberts

     

    Video Populer

    Foto Populer