Sukses


    Baru Sekali Menang di Putaran Kedua, Strategi Persib Monoton?

    Bola.com, Bandung - Persib Bandung baru mendapatkan empat poin dari empat laga pertama yang sudah mereka mainkan di putaran kedua Torabika Soccer Championship 2016 presented by IM3 Ooredoo. Formasi yang terkesan monoton yang diterapkan oleh Djadjang Nurdjaman baru membawa Persib satu kali menang saat menjamu Persiba Balikpapan di Stadion Wibawa Mukti, Cikarang, Sabtu (1/10/2016).

    Tim berjulukan Maung Bandung itu mengawali putaran kedua TSC 2016 dengan menghadapi Arema Cronus di Stadion Si Jalak Harupat, Soreang, pada 27 Agustus 2016. Laga imbang tanpa gol menjadi akhir dari pertemuan dua klub besar Indonesia itu.

    Namun, perjalanan Persib Bandung kemudian dilanjutkan dengan dua kekalahan. Maung Bandung dihabisi Sriwijaya FC dengan skor 0-3 di Stadion Gelora Sriwijaya Jakabaring dan kalah tipis 0-1 dari Bali United di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Gianyar.

    Kemenangan 2-1 diraih Persib kala menjamu Persiba Balikpapan dalam laga kandang usiran di Stadion Wibawa Mukti, Cikarang. Namun, kemenangan Maung Bandung diraih dengan kurang menyakinkan.

    Setelah sempat tertinggal lebih dulu oleh gol yang dicetak Shohei Matsunaga, Persib memang berhasil menyamakan kedudukan melalui gol indah yang dicetak oleh Sergio van Dijk melalui tandukan kepalanya.

    Poin absolut Tim Pangeran Biru diraih dengan sebuah hadiah penalti kontroversial. Vladimir Vujovic pun membawa Persib akhirnya merasakan kemenangan di putaran kedua TSC 2016.

    Meraih satu kemenangan, dua hasil imbang dan satu kekalahan, Persib tak banyak melakukan perubahan dalam empat laga itu. Djadjang Nurdjaman, sang pelatih, selalu memainkan formasi yang sama, 4-2-3-1, dalam empat laga tersebut. Tak hanya itu, komposisi pemain pun tak banyak berubah.

    Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

    2 dari 3 halaman

    6 Pemain Pelanggan Posisi Inti

    Rotasi pemain tampaknya tidak ada dalam kamus Djadjang Nurdjaman di putaran kedua TSC 2016 ini. Dari 11 pemain yang diturunkan di lapangan dalam setiap pertandingan, enam di antaranya selalu tampil dalam empat pertandingan tersebut, yaitu Toni Sucipto, Jajang Suksmara, Hariono, Kim Jeffrey Kurniawan, Zulham Zamrun, dan Sergio van Dijk.

    Vladimir Vujovic sempat digantikan posisinya oleh Dias Angga pada laga kontra Bali United, tapi kembali menjadi starter dalam laga kontra Persiba sekaligus menjadi pemain yang menentukan kemenangan melalui eksekusi penaltinya.

    Bek kanan Persib, Rudolof Yanto Basna, sempat dibangku cadangkan oleh Djadjang dalam laga Persiba setelah tampil dalam tiga laga sebelumnya. Namun, di babak kedua Djadjang pun memainkannya dengan menarik keluar Jajang Suksmana.

    Atep dan Robertino Pugliara pun menjadi andalan Persib di lini tengah. Selain laga kontra Bali United, kedua pemain ini terus menjadi andalan Djanur. Namun, Taufiq yang mendapatkan banyak kesempatan di putaran pertama, kini belum lagi mendapatkan kesempatan untuk mengawal lini tengah Maung Bandung.

    Pemain Persib Bandung, Sergio Van Dijk, satu dari sekian pemain Persib yang selalu dimainkan dalam setiap pertandingan. (Bola.com/Nicklas Hanoatubun)

    Tak hanya Taufiq, penyerang sayap Persib, Tantan, belum lagi mendapatkan kesempatan bermain bersama asli Jawa Barat itu selepas pulih dari penyakit demam berdarah yang dialaminya.

    Sementara itu, David Laly pun hanya mendapatkan satu kali tampil di putaran kedua TSC 2016 ketika menghadapi Bali United.

    Kepercayaan Djadjang Nurdjaman terhadap pemain-pemain tim utama dan baru menggantinya dalam situasi tertentu, seperti cedera atau pun akumulasi kartu kuning, bisa dikatakan cukup berisiko.

    Skuat Persib tampak kurang menyegarkan dan kerap memperlihatkan permainan yang monoton dalam setiap pertandingan.

    3 dari 3 halaman

    Ujian Berat Maung Bandung Tanpa Pemain Timnas

    Laga kontra Madura United di pekan ke-22 TSC 2016, Sabtu (8/10/2016), akan menjadi sebuah ujian besar bagi Persib Bandung. Bertandang ke Gelora Bangkalan, Persib Bandung yang menghadapi pemuncak klasemen sementara TSC 2016 itu harus bermain tanpa Zulham Zamrun dan Rudolof Yanto Basna yang kembali menjadi langganan dipanggil Timnas Indonesia untuk laga uji coba kontra Vietnam di Stadion Maguwoharjo, Minggu (9/10/2016).

    Kehilangan Zulham dan Yanto Basna di laga penting kontra Madura United, Djadjang mengaku akan menyiapkan taktik baru. Diogo Ferreira akan menjadi pengganti Yanto Basna di lini belakang, sementara Djadjang masih akan melihat siapa pemain yang tepat untuk mengisi lubang yang ditinggalkan Zulham, antara David Laly, Taufiq, dan Samsul Arif.

    "Sudah pasti dengan absennya dua pemain yang dipanggil ke Timnas Indonesia akan ada skenario taktik baru. Pemain yang duduk di bangku cadangan bisa turun menggantikannya," ujar Djanur sapaan akrabnya di Mes Persib, Jalan Ahmad Yani, Bandung, Kamis (6/10/2016).

    "Saya masih mencari-cari yang paling pas untuk pengganti Zulham Zamrun. Ada tiga pemain yang kemungkinan bisa menggantikan Zulham. Bisa Samsul Arif, David Laly, atau Taufiq. Satu di antaranya pasti menggantikan posisi Zulham," lanjutnya.

    Namun, dengan komposisi pemain pengganti yang disiapkan, tampaknya Djadjang Nurdjaman tetap akan dengan formasi andalannya 4-2-3-1 dalam menghadapi Engelberd Sani dkk. Akankah strategi yang sudah begitu sering dipakai ini efektif meredam keganasan MU di kandangnya?

     

    Video Populer

    Foto Populer