Sukses


Menpora: Rio Haryanto Dipastikan Tampil di F1 2016 Bersama Manor

Bola.com, Jakarta - Menpora Imam Nahrawi memastikan pebalap Indonesia, Rio Haryanto, akan tampil di Formula 1 musim 2016 bersama tim Manor Racing. Hanya, belum diketahui apakah Rio bakal tampil semusim penuh atau tidak.

"Rio Haryanto sudah dipastikan bisa masuk ke F1 pada 2016. Semoga bisa full race," kata Menpora Imam Nahrawi setelah bermain futsal dengan dua pebalap MotoGP, Marc Marquez dan Dani Pedrosa, di Jakarta, Sabtu (13/2/2016) pagi.

Kepala Komunikasi Publik Kemenpora, Gatot S. Dewa Broto, juga membenarkan manajemen Rio telah membayar uang muka kepada Manor Racing sebesar 3 juta euro (Rp 45 miliar rupiah). Namun, dia tak merinci dana tersebut berasal dari mana.

"Ya, saya sudah komunikasi dengan Ibu Indah Pennywati (Ibunda Rio Haryanto) tadi malam. Intinya sudah ada kemajuan," ujar Gatot saat ditemui terpisah.

Namun, pihak Rio belum bisa bernapas lega sampai Manor Racing memberikan keterangan resmi. Pasalnya, mereka tak cuma mesti membayar uang muka, tapi juga melunasi biaya satu kursi yang diminta Manor Racing sebesar 15 juta euro (Rp 228 miliar) jika ingin tampil semusim penuh.

Rio sebenarnya sudah mendapatkan bantuan dana 5,2 juta euro dari Pertamina dan Rp 100 miliar dari Kemenpora lewat KONI. Namun, proses pencairan dana tersebut terkendala birokrasi.

"Dana Rp 100 miliar itu belum bisa diberikan. Kami sedang berusaha meyakinkan DPR supaya ada toleransi. Menurut peraturan, dana APBN bisa diberikan kepada swasta dalam kondisi tertentu yang darurat dan mendesak. Semoga DPR bisa mempertimbangkannya," kata Menpora.

Menpora juga berencana mencari dana tambahan dengan cara menemui para pengusaha. "Rio tak boleh jalan sendiri. Karena itu, saya minta teman-teman wartawan untuk membantu mengabarkan supaya ada dermawan yang mau membantu Rio," tambah Menpora.

Satu kursi di Manor sudah menjadi milik pebalap Jerman, Pascal Wehrlein. Slot tersisa diperebutkan beberapa pebalap seperti Alexander Rossi, Will Stevens, dan juga Rio. Namun, Manor lebih memprioritaskan Rio.

"Buktinya, perwakilan Manor (Abdulla Boulsien) sampai rela jauh-jauh datang dari Inggris ke Indonesia untuk menemui Menpora dan manajemen Rio pada Kamis (11/2/2016) lalu. Padahal, mereka juga sedang sibuk mempersiapkan tes pramusim pada 22 Februari mendatang. Itu sudah jadi nilai plus," kata Gatot.

Gatot mengatakan Abdulla mengakui Menpora memang serius ingin menampilkan Rio di F1. Namun, mereka juga meminta pembayaran segera dilakukan.

"Sekarang kita sudah memasuki waktu krusial yang sangat menentukan. Saat pertemuan pada Kamis (11/2/2016), Manor mengatakan akan mengumumkan kepastian Rio bisa tampil di F1 atau tidak dalam lima hari ke depan. Artinya, tinggal tersisa tiga hari lagi. Harapannya tentu Manor tak berubah pikiran dan akan mengumumkan Rio sebagai pebalap resmi mereka," kata Gatot.  

Video Populer

Foto Populer