Sukses


    FIFA Ingin Tambah Peserta Piala Dunia Jadi 48 Negara

    Bola.com, Zurich - Presiden FIFA, Gianni Infantino, dikabarkan The Telegraph, Selasa (4/10/2016), sedang mempertimbangkan untuk menambah jumlah peserta Piala Dunia menjadi 48 negara. Menurut dia, rencana itu akan diputuskan pada 2017. 

    Putaran final Piala Dunia 2018 akan diikuti 32 negara, dengan rincian satu juara bertahan dan 31 negara yang lolos babak kualifikasi. Penyelenggaraan turnamen tersebut bakal berlangsung di Rusia pada 14 Juni hingga 15 Juli mendatang. 

    "Ide-ide ini untuk mencari solusi terbaik. Kami akan mendebatkan hal ini pada bulan ini dan akan memutuskan berbagai hal pada 2017. Kami akan mencari berbagai ide terbaik," ujar Juru Bicara FIFA, mengutip pernyataan Infantino. 

    Format dari rencana tersebut, yakni sebanyak 16 dari total 48 negara akan langsung lolos ke putaran final, sedangkan 32 sisanya akan bertanding pada babak penyisihan. 32 negara itu akan memperebutkan 16 sisa tempat untuk putaran final. 

    "Ini artinya kami tetap melanjutkan Piala Dunia seperti biasa dengan 32 tim, tetapi yang ikut serta dalam pesta sebanyak 48 tim. FIFA memiliki ide untuk mengembangkan sepak bola di seluruh dunia dan Piala Dunia adalah perayaan terbesar," jelas juru bicara FIFA.

    Infantino terpilih sebagai Presiden FIFA pada 26 Februari lalu menggantikan Sepp Blatter, yang sedang menjalani sanksi larangan beraktivitas dalam dunia sepak bola selama enam tahun. Penambahan jumlah peserta Piala Dunia pun sempat menjadi poin dalam kampanye Infantino. 

    Ketika itu, Infantino mengusulkan penambahan peserta Piala Dunia diikuti 40 tim. Namun, usulan tersebut mendapat kritik dari berbagai petinggi dan delegasi FIFA karena dianggap bakal sulit dijalankan dengan format sederhana. 

    Sumber: The Telegraph

    Saksikan cuplikan pertandingan dari Liga Inggris, La Liga, Liga Champions, dan Liga Europa, dengan kualitas HD di sini

    Video Populer

    Foto Populer