Sukses


Mantan Presiden FIFA Joao Havelange Wafat dalam Usia 100 Tahun

Bola.com, Rio de Janeiro - Mantan Presiden FIFA, Joao Havelange, meninggal dunia dalam usia 100 tahun, di Rio de Janeiro, Brasil, Selasa (16/8/2016). 

Havelange menjabat sebagai Presiden FIFA pada periode 1974 hingga 1998. Setelah itu, posisinya digantikan Sepp Blatter, yang saat ini sedang tersangkut kasus dugaan korupsi. 

Havelange sempat melepaskan jabatan sebagai Presiden Kehormatan FIFA pada April 2013 setelah badan tertinggi sepak bola dunia itu sedang diinvestigasi kasus dugaan korupsi. Saat itu, ia juga dikabarkan mulai sering menjalani pengobatan di rumah sakit setelah kondisinya menurun akibat masalah paru-paru. 

Semasa mengemban tugas, Havelange berperan besar saat mengubah format Piala Dunia dari 16 tim ke 32 tim, yang saat ini masih dipertahankan FIFA. Total, enam turnamen tertinggi sepak bola tersebut digelar selama dia menjabat sebagai Presiden FIFA. 

Selain menjabat sebagai Presiden FIFA, Havelange juga pernah masuk ke dalam anggota International Olympic Committee (IOC) sejak 1963 hingga 2011. Pria yang sempat menjadi atlet renang Brasil pada Olimpiade 1363 itu mengundurkan diri sebagai anggota IOC setelah menderita penyakit infeksi paru-paru. 

Sumber: BBC

Saksikan cuplikan pertandingan dari Liga Inggris, Liga Italia, dan Liga Prancis dengan kualitas HD di sini

Video Populer

Foto Populer