Sukses


Tendangan Voli Modric Jadi Penentu Kemenangan Kroasia atas Turki

Bola.com, Paris - Luka Modric memperlihatkan fungsinya sebagai pemain kunci Timnas Kroasia. Ia menjadi penentu raihan tiga angka bagi negaranya pada partai perdana Grup D Piala Eropa 2016, di Stadion Parc des Prince, Paris, Minggu (12/6/2016).

Kroasia menang 1-0 atas Turki setelah sepakan voli dari luar kotak penalti yang dilakukan Modric, gagal dibendung kiper Volkan Babacan. Momen pada menit ke-41 tersebut membuat Kroasia mendapatkan hasil maksimal, dan menjadi modal untuk lolos dari fase grup.

Bagi Modric, gol tersebut tak hanya menentukan kemenanga, melainkan torehan rekor yang menyertai penampilan apiknya. Ia tercatat sebagai pemain pertama asal Kroasia yang mampu mencetak gol dari luar kotak penalti sepanjang sejarah partisipasi di Piala Eropa.

Modric juga tercatat sebagai pemain ke-26 asal Real Madrid yang mampu mencatatkan namanya di papan skor turnamen Piala Eropa. Terakhir, aksi gelandang berusia 30 tahun tersebut membuat empat dari delapan gol yang sudah tercetak di Euro 2016, berasal dari luar kotak penalti.

Sepakan gelandang Kroasia, Luka Modric (tengah) yang berhasil merobek jala Turki, pada laga Grup D Piala Eropa 2016, di Stadion Parc des Princes, Paris, Prancis, Minggu (12/6/2016).  (EPA/Georgi Licovski)

Sementara bagi Turki, kekalahan ini membuat mereka selalu nirpoin pada tiga partai pembuka turnamen Piala Eropa.

Pada pertandingan tersebut, Turki turun dengan kekuatan penuh. Mereka mengandalkan formasi 4-3-3, dengan menempatkan kuartet bek Gökhan Gönül, Mehmet Topal, Hakan Balta dan Caner Erkin.

Tiga pemain gelandang diisi Ozan Tufan, Selçuk İnan dan Oğuzhan Özyakup. Sosok Cenk Tosun menjadi target man dengan diapit Hakan Çalhanoğlu di sisi kanan dan Arda Turan. Strategi ala Pelatih Fatih Terim tersebut sempat membuat repot lini tengah Kroasia.

Sedangkan Kroasia menurunkan dua dirigen lini tengah yang bermain di La Liga, yakni Ivan Rakitic dan Luka Modric. Mereka menjadi sentral permainan, dengan ditemani Milan badelj, Marcelo Brozovic dan Ivan Perisic, untuk mensuplai bola ke bomber Mario Mandzukic.

Kroasia tampil menekan sejak peluit babak pertama dibunyikan. Peluang perdana mereka hadir melalui aksi Ivan Rakitic pada menit kedua yang tendangannya masih melebar dari gawang Turki.

Begitu juga dengan usaha dari Mario Mandzukic pada menit ke-17. Tandukan Mandzukic masih bisa diblok oleh kiper Turki kawalan Volkan Babacan.

Peluang perdana Turki hadir melalui aksi Ozan Tufan pada menit ke-29. Menerima operan Gokha Gonul, Tufan melepaskan tandukan yang berhasil dijinakkan oleh kiper Kroasia kawalan Danijel Subasic.

Gawang Turki akhirnya bobol pada menit ke-41 melalui aksi Luka Modric. Diawali dari sepakan Rakitic ke depan gawang Turki yang berhasil diantisipiasi oleh Selcuk Inan.

Namun, bola sapuan Inan berhasil dimanfaatkan oleh Modric dengan melepaskan tendangan volley menggunakan kaki kanan. Bola hasil sepakan keras dari luar kotak penalti itu akhirnya bersarang di pojok bawah kiri gawang Turki. 

Memasuki paruh kedua pada menit ke-52, Kroasia nyaris menggandakan keunggulan melalui upaya Darijo Srna. Namun, tendangan bebas kapten tim tersebut masih dimentahkan oleh mistar gawang.

Kroasia kembali mendapatkan peluang pada menit ke-67 melalui Marcelo Brozovic. Namun, bola hasil sepakannya masih melebar.

Tiang gawang kembali menjadi momok bagi Kroasia. Tandukan Ivan Perisic hampir merobek jala Turki andai tak membentur mistar gawang.

Pada menit ke-78, giliran Marcelo Brozovic yang menebar teror di depan gawang Turki. Diawali dari lemparan ke dalam, Brozovic melepaskan sundulan yang masih bisa diselamatkan oleh kiper Babacan. Hingga laga usai, tak ada lagi gol tambahan.

Menurut statistik UEFA, Turki sebenarnya tampil dominan sepanjang laga dengan memiliki 51 persen penguasaan bola, namun hanya mampu melepaskan sembilan percobaan yang dua di antaranya akurat. Sedangkan Kroasia sukses memiliki 18 peluang yang enam di antaranya tepat sasaran.

Setelah laga ini, Kroasia akan menantang Republik Ceska di Stade Geoffroy-Guichard, Saint-Etienne (17/6/2016). Pada hari yang sama, Turki akan menghadapi Spanyol di Stadion Allianz Riviera, Nice.

Susunan pemain
Turki: 1-Volkan Babacan, 3-Hakan Balta, 15-Mehmet Topal, 8-Selcuk Inan, 18-Caner Erkin, 7- Gökhan Gönül, 14-Oguzhan Özyakup (20-Volkan Sen, 46') 16-Ozan Tufan, 10-Arda Turan (17-Burak Yilmaz, 65') 6-Hakan Calhanoglu, 9-Cenk Tosun (21-Emre Mor, 69')
Pelatih: Fatih Terim (Turki)

Kroasia: 23-Danijel Subasic, 21-Domagoj Vida, 5-Vedran Corluka, 3-Ivan Strinic, 11-Darijo Srna, 7-Ivan Rakitic, 19-Milan Badelj, 10-Luka Modric, 17-Mario Mandzukic, 4-Ivan Perisic, 14-Marcelo Brozovic
Pelatih: Ante Čačić (Kroasia) 

Saksikan cuplikan pertandingan dari Liga Inggris, Liga Italia, dan Liga Prancis dengan kualitas HD di sini

 

Video Populer

Foto Populer