Sukses


Ini 12 Klub Dunia yang Pernah Berkunjung ke Indonesia

Bola.com, Jakarta - Berbicara kualitas sepak bola di Indoneisa mungkin masih kalah dengan Jepang dan Korea Selatan. Namun, Indonesia boleh berbangga hati, lantaran fanatisme publik di Tanah Air terhadap sepak bola menarik antusiasme klub-klub papan atas dunia untuk berkunjung dan menggelar pertandingan pra musim.

Klub papan atas Serie A Italia, AS Roma berksempatan mengunjungi Indonesia dan menggelar pertandingan eksebisi pada tanggal 25 Juli 2015. Akan tetapi, sebelum Roma, banyak klub elit dunia yang pernah merasakan bagaimana atmosfer pendukung sepak bola di Indonesia.

Bola.com telah menyusun 12 klub papan atas dunia sebelum AS Roma, yang pernah menyambangi Indonesia dan menggelar pertandingan persahabatan, berikut ulasannya :


1. PSV Eindhoven (1971,1987,1988)

PSV Eindhoven berhasil meraih trofi juara Eredivisie Belanda musim 2014/15. PSV mampu mengunci gelar setelah mengalahkan Heerenveen 4-1.

Klub papan atas PSV Eindhoven pernah merasakan bertanding di Indonesia. Pada tahun 1971, PSV petama kali menyambangi Indonesia dengan menggelar pertandingan melawan PSMS Medan, Persebaya Surabaya, dan Timnas Indonesia.

PSV berhasil mengalahkan PSMS dengan skor 4-0 di Medan, mengalahkan Pesebaya dengan skor 8-1 di Surabaya, dan Timnas Indonesia dengan skor 6-0 di Jakarta.

Selanjutnya The Rood Witten kembali menyambangi Indonesia pada tahun 1987. Ketika itu, Ruud Gullit dkk. berhasil mengalahkan Persib Bandung dengan skor telak 6-0 di Stadion Siliwangi, Bandung.

Setahun berselang, PSV kembali melakukan kunjungannya ke Indonesia. Pada kunjungan ketiga kalinya, PSV kembali mengalahkan Persib dengan skor 4-0 di Stadion Siliwangi.

2. Ajax Amsterdam (1975 dan 2014)

Ajax Amsterdam (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)

Juara Eredivisie sebanyak 33 kali tersebut pernah menyambangi Indonesia pada tahun 1975. Saat itu, tim kebanggaan Ibu Kota Belanda tersebut menggelar pertandingan segitiga bersama klub Premier League, Manchester United dan Indonesia Tamtama (All Star bentukan Liga Galatama Indonesia).

Ketika itu, pemegang empat kali Juara Liga Champions itu berhasil mengalahkan Indonesia Tamtama dengan skor 4-1 di Jakarta pada 5 Juni 1975 dan mengalahkan MU dengan skor 3-2, dua hari sebelumnya.

Selanjutnya, Ajax menggelar pertandingan melawan juara turnamen antar regional tahun 1974, PSSI Wilayah I. Secara mengejutkan, de Joden tumbang di tangan PSSI Wilayah I yang didominasi pemain PSMS Medan ketika itu, dengan skor 2-4 di Stadion Teladan, Medan, 7 Juni 1975.

Kemudian, Ajax menggelar pertandingan melawan Persija Jakarta di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta, 9 Juni 1975. Ketika itu, Macan Kemayoran berhasil menahan imbang Ajax dengan skor 1-1.

Dipertandingan terakhirnya, Ajax menantang Persebaya Surabaya di Stadion 10 November, Surabaya, 11 Juni 1975. Dalam pertandingan tersebut, de Godenzonen mampu mengalahkan Bajul Ijo dengan skor 3-2.

Berselang 39 tahun kemudian tepatnya pada bulan Mei 2014, Ajax Amsterdam kembali mengunjungi Indonesia. Saat itu, Ajax berhasil mengalahkan Persija Jakarta dengan skor 3-0 di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta pada 11 Mei 2014.

Selanjutnya, Ajax Amsterdam menggelar pertandingan melawan Persib Bandung, di Stadion Si Jalak Harupat Soreang Kabupaten Bandung, 15 Mei 2014. Ketika itu, Maung Bandung mampu menahan tim anak-anak asuhan Frank de Boer dengan skor 1-1.

3. Manchester United (1975)

Pemain Manchester United tertunduk lesu usai dikalahkan Milton Keynes Dons (0-4) di ajang Piala Liga Inggris, di Stadion MK, London, (27/8/2014). (REUTERS/Eddie Keogh)

Siapa sangka klub papan atas Premier League, Manchester United pernah menyambangi Indonesia pada tahun 1975. Ketika itu, The Red Devils menggelar turnamen segitiga bersama Ajax Amsterdam dan Indonesia Tamtama (All Star bentukan Liga Galatama Indonesia) di Jakarta.

Ketika itu, The Red Devils kalah di tangan Ajax dengan skor 2-3, (3/6/1975). Melawan Indonesia Tamtama, Setan Merah harus puas dengan hasil imbang tanpa gol, (1/6/2015).

Pada tahun 2009, Manchester United bersiap untuk kembali datang ke Indonesia. Namun sayang, Wayne Rooney dkk. batal karena serangan terorisme yang melanda hotel tempat para penggawa MU dijadwalkan menginap selama di Jakarta.

4. Arsenal (1983 dan 2013)

Pemain Arsenal dan manajer Arsene Wenger berpose bersama sebelum melakukan parade keliling kota usai meraih Piala FA di London, Inggris, (31/5/2015). Arsenal meeraih Trofi piala FA usai mengalahkan Aston Villa 4-0. (REUTERS/Neil Balai)

Klub papan atas Premier League, Arsenal untuk pertama kalinya menyambangi Indonesia pada tahun 1983. Ketika itu, The Gunners mampu mengalahkan klub VSP Medan (PSMS Medan) dengan skor 3-0 di Medan. Selanjutnya mengalahkan VSPSSI (Timnas Sea Games ketika itu) dengan skor telak 5-0 di Jakarta.

Pada pertandingan terakhirya, Arsenal harus mengakui ketangguhan Juara Galatama, NIAC Mitra di Stadion 10 November, Surabaya. The Gunners yang dilatih Terry Neill ketika itu harus menyerah 0-2 dari NIAC Mitra. Dua gol kemenangan NIAC Mitra dicetak Fandi Ahmad dan Joko Malis.

Tiga puluh tahun berselang, Arsenal kembali menyambangi Indonesia pada tahun 2013. Pada laga persahabatan tersebut, tim Meriam London mampu mencukur Indonesia IX dengan skor telak 7-0, di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta.

Gol kemenangan The Gunners ketika itu dicetak Theo Walcott, Chuba Akpom, dua gol Oliver Giroud, Lukas Podolski, Kristoffer Olsson, dan Thomas Eisfeld.

5. AC Milan (1994)

Sulley Ali Muntari (AC Milan) (OLIVIER MORIN / AFP)

Klub papan atas Serie A Italia, AC Milan juga pernah merasakan bemain sepak bola melawan klub Liga Indonesia pada Mei 1994. Klub yang diarsiteki Fabio Capello ketika itu, menggelar petandingan melawan Persib Bandung.

Pada laga tersebut, Zvoniir Boban dkk. mampu mencukur Persib Bandung dengan skor 8-0. Namun sayang, para bintang Rossoneri seperti Franco Baresi, Paolo Maldini, Marco Van Basten, dan Ruud Gullit tak ikut serta bertanding di Indonesia.

6. Borussia Dortmund (2007)

Borussia Dortmund (REUTERS/Wolfgang Rattay)

Der BvB menjadi klub Bundesliga yang pertama kali mengunjungi Indonesia pada bulan Desember tahun 2007. Ketika itu, Dortmund menggelar pertandingan melawan Indonesia Selection.

Dalam pertandingan yang digelar di Stadion Utama Gelora Bung Karno tersebut, Dortmund berhasil mengalahkan Indonesia Selection dengan skor 1-0 melalui gol yang dicetak Mladen Petric.

7. Bayern Muenchen (2008)

Para punggawa Bayern Muenchen mengangkat trofi liga champions tahun 2013 di Wembley. (AFP)

Klub papan atas Bundesliga, Bayern Muenchen pernah menyambangi Indonesia pada Mei 2008. Dalam kunjungannya tersebut, Die Roten menggelar pertandingan melawan Timnas Indonesia di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta.

Dalam duel itu, Oliver Khan dkk. mampu membungkam Timnas Indonesia dengan skor telak 5-1. Lima gol kemenangan The Bavarians dicetak Breno Borges, Viktor Bopp, Jan Schlaudraff dengan dua gol, dan Toni Kroos. Sementara satu-satunya gol skuat Garuda dicetak Bambang Pamungkas.

8. La Galaxy (2011)

Mantan Kapten Liverpool dan Timnas Inggris, Steven Gerrard, memulai petualangannya bersama klub anggota MLS, LA Galaxy, dengan mengikuti sesi latihan perdana di Carson, California, AS. Rabu (8/7/2015) pagi WIB. (AFP PHOTO/Frederic J. Brown)

Tidak hanya klub-klub benua Eropa, klub Major League Soccer (MLS) Amerika Serikat, La Galaxy pernah menyambangi Indonesia pada bulan November 2011.

La Galaxy yang ketika itu di perkuat mantan bintang Manchester United dan Real Madrid, David Beckham mampu mengalahkan Indonesia Selection dengan skor 1-0, di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta. Gol tunggal kemenangan La Galaxy dicetak Robbie Keane pada menit ke-13.

Selain pertandingan, ada hal yang menarik yaitu, winger Timnas Indonesia U-23 ketika itu, Andik Vermansyah berhasil bertukaran jersey dengan David Beckham usai pertandingan.

9. Inter Milan (2012)

Hernanes mencetak gol bagi Inter Milan ke gawang Lazio (Reuters/Giampiero Sposito)

Klub papan atas Serie A Italia, Inter Milan pernah merasakan merumput di Indonesia pada Mei 2012. Ketika itu, I Nerazzurri menggelar pertandingan melawan Timnas Indonesia.

Dalam pertandingan tersebut, Javier Zanneti dkk. berhasil mengalahkan Timnas Indonesia PSSI (Indonesia Selection) dengan skor 4-2 di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta.

Gol kemenangan Inter Milan disumbangkan oleh Philippe Coutinho dan Giampaolo Pazzini yang masing-masing mencetak dua gol. Sementara dua gol Timnas Indonesia PSSI (Indonesia Selection) dicetak oleh Patrich Wanggai dan Yosua Pahabol.

10. Liverpool (2013)

Liverpool vs Crystal Palace (AP Photo/Jon Super)

The Reds juga pernah merasakan bertanding di Indonesia. Klub papan atas Premier League tersebut menggelar pertandingan melawan Indonesia IX pada hari Sabtu, (20/6/2013).

Ketika itu, Steven Gerrard cs. berhasil mengalahkan Timnas Indonesia dengan skor 2-0, di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta. Dua gol kemenangan The Reds dicetak Philippe Coutinho dan Raheem Sterling.

11. Chelsea (2013)

Chelsea Juara Liga-Premier Inggris musim 2014-2015

The Blues pernah menyambangi Indonesia pada bulan Juli tahun 2013. John Terry dkk. menggelar pertandingan melawan tim Indonesia Selection BNI di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta.

Pada pertandingan tersebut, Chelsea berhasil mengalahkan Indonesia yang didominasi pemain Timnas Indonesia dengan skor telak 8-1. Gol kemenangan Chelsea di cetak Eden Hazzard, dua gol dari Ramires, Demba Ba, John Terry, dua gol dari Romero Lukaku, dan Betrand Traore.

Sementara gol Indonesia All Stars datang dari gol bunuh diri penggawa Chelsea setelah Greg Nwokolo berhasil melakukan aksi individu hingga ke dalam kotak penalti The Blues.


12. Juventus (2014)

Para pemain Juventus berpesta merayakan keberhasilan meraih gelar juara Coppa Italia usai mengalahkan Lazio di Final Coppa Italia di Olimpico Roma, Italia, Rabu (20/5/2015). Ini merupakan gelar ke 10 Juventus di coppa italia. (Reuters/Giampiero Sposito)

Klub papa atas dunia terakhir yang mengunjungi Indonesia adalah Juventus pada tahun 2014. Juara Serie A Italia musim lalu tersebut menggelar pertandingan melawan Indonesia ISL All Stars.

Pada pertandingan tersebut Nyonya Tua berhasil mencukur Indonesia ISL All Stars dengan skor 8-1. Gol kemenangan Juve dicetak oleh Andrea Pirlo, hat-trick dari Fernando Llorente, Giovinco, Kingsley Coman, Carlos Tevez dan Simione Pepe. Sementara satu-satunya gol dari Indonesia ISL ALl Stars dicetak oleh Lupicic.

Baca Juga :

Nostalgia : 7 Veteran Piala Dunia yang Bermain di Indonesia

Ini Dia 5 Pemain Asing Tersukses di Kompetisi Indonesia

6 Momen Terbaik Timnas Indonesia di Sejarah SEA Games

Video Populer

Foto Populer