Sukses


Pesona Stadion Pakansari Jadi Rebutan Klub Besar di Tanah Air

Bola.com, Bogor - Kemegahan Stadion Pakansari menjadi primadona baru di dunia sepak bola Indonesia. Stadion yang terletak di Cibinong Kabupaten Bogor, Jawa Barat itu kini menjadi rebutan untuk menggelar laga kandang beberapa klub besar Indonesia.

Pembangunan Pakansari sendiri memakai dana sebesar Rp 282 miliar yang berasal dari bantuan Pemerintah Provinsi Jabar Rp 100 miliar dan APBD Pemerintah Kabupaten Bogor Rp50 miliar. Sementara sisainya berasal dari bantuan APBN yang diturunkan secara bertahap.

Saat ini, Stadion Pakansari diperebutkan tiga tim besar. PS TNI, Persib Bandung hingga Persija Jakarta berebut untuk menetap di stadion tersebut. Hingga kini baru PS TNI yang sudah pasti bermarkas di Pakansari.

Setiap tim yang ingin memakai Stadion Pakansari mempunyai alasan tersendiri. PS TNI misalnya, klub yang berjulukan  The Army ini memakai Pakansari karena kandang mereka sebelumnya, yakni Stadion Siliwangi sedang memasuki tahap renovasi jelang gelaran PON 2016 di Jawa Barat.

Sedangkan Persib memilih Pakansari sebagai opsi kedua jika pemakaian Stadion Gelora Bandung Lautan Api tidak terlaksana dengan baik. Sementara itu, Persija memilih Pakansari karena alasan jarak yang dekat dengan Jakarta. Macan Kemayoran hingga detik ini tidak mempunyai kandang tetap setelah kehilangan stadion di kawasan Menteng 10 tahun lalu dan digusurnya Stadion Lebak Bulus belum lama ini.

Alhasil, hingga kini Macan Kemayoran pun kerap berpindah-pindah tempat jia Stadion Utama Gelora Bung Karno, Senayan, tidak bisa dipakai karena adanya agenda lain.

Selain diperebutkan klub-klub besar Indonesia. Stadion Pakansari juga punya pesona yang tak kalah dengan stadion-stadion besar lainnya. Hal ini dikarenakan stadion ini memiliki hawa yang sejuk dan dikelilingi oleh bukit, dan pegunungan.

Fasilitas yang ada di Pakansari juga sangat menunjang untuk klub-klub profesional Indonesia bermarkas di Pakansari. Rumput yang halus jadi primadona bagi tim manapun yang bermain di stadion ini.

Akses ke stadion pun tidak begitu sulit. Perjalanan lewat Jalan Raya Bogor atau pun jalan tol Sentul bisa ditempuh oleh penonton jika ingin menyaksikan pertandingan di Stadion Pakansari. Inilah yang menjadi pertimbangan klub seperti Persija ingin berkandang sementara di Stadion Pakansari.

Stadion Pakansari sendiri menjadi sarana olahraga yang pas bagi warga Kabupaten Bogor. Area olahraga seperti jogging tersedia sebagai fasilitas penunjang stadion. Selain itu, domisili Stadion Pakansari di Kabupaten Bogor membuat stadion megah tersebut otomatis sebagai kandang dari Persikabo Kabupaten Bogor.

Persikabo yang sebelumnya menempati Stadion Persikabo di Jalan Pemda Bogor kini diproyeksikan menjadi penghuni stadion yang dibangun pada tahun 2012 itu. Dalam pertandingan PS TNI, beberapa pendukung Persikabo sebagai tuan rumah pun hadir menemani dua pendukung, yakni PS TNI dan The Macz Man.

Megahnya Stadion Pakansari menjadi warisan fasilitas olahraga Indonesia. Tidak banyak stadion di Indonesia yang memiliki akses, fasilitas dan sarana yang cukup lengkap seperti stadion-stadion berstandar internasional.

Video Populer

Foto Populer