Sukses


Pelatih Malaysia Minta Suporter Indonesia Penuhi Stadion Manahan

Bola.com, Kuala Lumpur - Meski hanya berlabel uji coba sebagai pemanasan Piala AFF 2016, pelatih timnas Malaysia, Ong Kim Swee, memandang serius pertandingan versus Indonesia yang digelar di Stadion Manahan, Solo, Selasa (6/9/2016) ini.

Seperti dilansir dari Utusan Malaysia, Ong Kim Swee menyiapkan pasukannya sebaik mungkin agar bisa membungkam tim tuan rumah di depan pendukung mereka sendiri. Sejak Senin (29/8/2016), Amri Yahyah dkk. sudah digembleng dalam pemusatan latihan.

Ong Kim Swee juga terlihat mencermati kekuatan terkini Indonesia pasca pencabutan sanksi FIFA. "Saya mengetahui ada empat atau lima pemain yang tampil di Piala AFF 2014 dan selebihnya pemain muda," kata pelatih 45 tahun itu saat ditanya kondisi Timnas Indonesia.

"Saya yakin Indonesia, seperti halnya kita (Malaysia), juga melakukan transisi dengan memanggil lebih banyak pemain muda (ke timnas)," imbuh Kim Swee di Wisma FAM, Sabtu (3/9/2016).

Seperti diketahui, 11 dari 24 pemain yang dipanggil Ong Kim Swee masuk Timnas Malaysia untuk meladeni Indonesia sebagai persiapan Piala AFF 2016 merupakan muka baru.

Di mata Ong Kim Swee, pasca pengunduran diri empat pemain yang dalam beberapa waktu terakhir jadi andalan timnas, jadi momen tepat untuk melakukan perombakan di tubuh Harimau Malaysia. Kondisi ini diakui pelatih asal Melaka itu, mirip dengan kondisi Timnas Indonesia yang berbenah pasca pencabutan sanksi FIFA.

"Indonesia tampil pertama selepas sanksi dicabut dan kami bermain dengan pemain baru," ujarnya.

"Situasi ini baik untuk kedua tim, di mana pertandingan ini bagus sebagai gambaran kelemahan dan kelebihan masing-masing tim," imbuhnya.

 

2 dari 2 halaman

Berharap stadion dipenuhi fans Indonesia

Menariknya, mantan pelatih timnas Malaysia U-23 itu meminta fans Tim Merah-Putih berbondong-bondong menyaksikan secara langsung pertandingan di stadion.

KimSwee tak gentar dengan dukungan yang akan diberikan suporter Indonesia di laga nanti karena ia justru berharap pasukannya bisa mendapat tekanan kuat dari suporter tuan rumah.

Pasalnya, hal ini sekaligus bakal jadi latihan uji mental skuat Malaysia untuk menghadapi kondisi nyata saat menjalani penyisihan Grup A di Myanmar mendatang.

Amri Yahyah akan memimpin skuat Malaysia pada uji coba kontra Indonesia. (AFP/Mohd. Rasfan)

"Saya harap pendukung Indonesia memenuhi stadion karena saya percaya stadion saat pertandingan melawan Myanmar di Piala AFF 2016 juga akan dipenuhi penonton tuan rumah," tuturnya.

"Uji coba (melawan Indonesia) akan memberi pengalaman berharga sebelum kami menghadapi Myanmar," ujarnya lagi.

Di sisi lain, jelang melawan Timnas Indonesia, Kim Swee mengungkapkan kondisi terkini timnya. Dua pemain yang sebelumnya mengalami cedera ringan, Brendan Gan dan Ahmad Hazwan Bakri, kondisinya membaik. 

Ia juga mempergunakan uji coba ini untuk mencoba beberapa pemain dan berbagai posisi dan ia mengaku sudah punya gambaran komposisi pemain yang akan diturunkan. "Hanya, siapa yang akan dimainkan bergantung pada kondisi terakhir saat dua hari latihan di Solo," ucapnya.

Selepas melawan Indonesia, timnas Malaysia dijadwalkan beruji coba melawan Singapura pada 7 Oktober di Singapura dan Afganistan di Stadion Shah Alam, Selangor, empat hari kemudian. Selain itu, Hong Kong dan Korea Utara juga direncanakan jadi lawan latih tanding Harimau Malaysia jelang Piala AFF 2016.

Sementara Indonesia, sejauh ini baru memastikan Malaysia jadi lawan uji coba karena rencana menggelar laga persahabatan internasional dengan Vietnam serta Myanmar masih belum bisa dipastikan PSSI.

 

 

Video Populer

Foto Populer