Sukses


Ini 3 Calon Kapten Baru Timnas Malaysia untuk Lawan Indonesia

Bola.com, Kuala Lumpur - Ong Kim Swee melalui Asosiasi Sepak Bola Malaysia (FAM) sudah memanggil sebanyak 24 pemain yang akan dibawa ke Solo, Jateng, untuk menghadapi Indonesia pada partai persahabatan internasional jelang Piala AFF 2016. 

Selain melanjutkan persiapan jelang uii coba internasional itu, salah satu pekerjaan rumah yang dimiliki Ong Kim Swee adalah menentukan kapten timnas Malaysia. Seperti dilansir dari ESPN Asia, pelatih asal Melaka itu punya tiga kandidat kapten menggantikan Safiq Rahim yang mundur dari timnas medio Juli lalu.

"Saya masih belum menentukan siapa pemain yang akan ditugasi jadi kapten pada pertandingan melawan Indonesia. Tapi, saya punya tiga calon, yakni Khairul Fahmi, Baddrol, dan Amri. Mereka punya pengalaman dan kematangan untuk memimpin tim," ujarnya.

Khairul Fahmi merupakan kiper Kelantan FA yang terbilang pemain senior di timnas, Baddrol Bakhtiar yang bermain di Kedah FA pernah berstatus kapten timnas U-23, sementara Amri Yahyah tercatat sebagai kapten dalam tur Jelajah Oceania lalu. Ketiganya memang langganan timnas setidaknya dalam satu enam tahun terakhir.

Selama ini jabatan kapten timnas Malaysia begitu lekat dengan Safiq Rahim. Tidak heran karena pemain Johor Darul Ta'zim (JDT) itu mengenakan ban kapten sejak awal 2011 atau selepas timnas Malaysia memenangi gelar Piala AFF 2010.

Keputusan pensiun dini Safiq Rahim, yang lantas diikuti tiga pemain langganan timnas lainnya (yang juga berasal dari JDT) tidak hanya berimbas pada harus diputuskannya kapten baru untuk timnas. Ong Kim Swee bahkan terpaksa merombak skuatnya.

Hal itu terlihat dari 13 wajah baru yang dipanggil untuk persiapan uji coba melawan Indonesia. Mantan pelatih timnas Malaysia U-23 itu hanya menyisakan 11 pemain dari daftar pemain yang dibawanya kala timnas Malaysia beruji coba ke negara-negara di kawasan Oceania, 12-26 Juni 2016. 

Keputusan itu hingga kini masih menyisakan pro dan kontra. Publik sepak bola Malaysia menilai ada beberapa pemain yang dianggap layak dipanggil, dan sebaliknya. 

"24 pemain itu adalah yang terbaik sejauh ini. Saya harap mereka memberi saya penampilan terbaik mereka di pentas internasional," jawab Kim Swee.

Meski begitu, pelatih 45 tahun itu tidak anti pada pemain baru. Seperti dilansir dari Harian Metro, Ong Kim Swee memastikan bila 24 pemain yang dipanggil itu belum berstatus final alias ia bisa saja memanggil pemain baru.

"Mereka tidak otomotis dibawa ke Piala AFF 2016. Bila selama pemusatan latihan atau dalam perkembangannya penampilannya menurun, dia akan digantikan pemain lain. Saya sudah memiliki daftar pemain pelapis," tegasnya.

 

Video Populer

Foto Populer