Sukses


Hanya Sekali Latihan, Timnas Indonesia Pede Hadapi Malaysia

Bola.com, Jakarta - Timnas Indonesia akan menghadapi Malaysia dalam laga uji coba di Stadion Manahan, Solo, Selasa (6/9/2016). Duel ini merupakan laga internasional pertama bagi skuat Garuda setelah absen selama satu tahun akibat sanksi FIFA.

Menghadapi Harimau Malaysia, Indonesia berkekuatan 22 pemain. Pemain yang terpilih merupakan gabungan junior-senior. Beberapa di antaranya eks anak buah Alfred Riedl di Piala AFF 2010, seperti Irfan Bachdim, Beny Wahyudi, dan Kurnia Meiga. Sementara ada banyak nama baru, mulai Indra Kahfi, Dedi Gusmawan, dan Abdul Rahman.

Namun, Timnas Indonesia hanya menjalani satu kali latihan untuk menghadapi Malaysia. Evan Dimas dkk. dijadwalkan tiba di Solo dua hari menjelang pertandingan atau pada Minggu (4/9/2016). Rencananya, mereka akan menjalani latihan pada keesokan harinya.

"Latihan menjelang melawan Malaysia hanya sekali. Ini waktu yang kami punya mengingat agenda klub juga berjalan. Kami mencoba memaksimalkan waktu yang ada," kata asisten pelatih Timnas Indonesia, Wolfgang Pikal.

Bila dibandingkan dengan Malaysia, persiapan Indonesia jelas minim. Malaysia terakhir kali menjalani tur Oseania melawan Fiji dan Papua Nugini pada Juni lalu. Indonesia cukup beruntung dalam partai bergengsi ini karena Malaysia kehilangan sejumlah pilar yang mengalami cedera dan memutuskan pensiun.

Dalam uji coba tersebut, tim pelatih Indonesia memiliki target tersendiri, yakni melihat sejauh mana pemain muda mampu melewati pertandingan yang bisa dibilang panas. Selain menguji teknik individu, tim pelatih juga akan melihat mental para pemain mengingat lawan yang dihadapi di babak penyisihan grup Piala AFF adalah tim-tim kuat, Thailand, Singapura, dan tuan rumah Filipina.

"Coach Alfred ingin memaksimalkan para pemain muda dalam pertandingan itu. Mereka akan berkolaborasi dengan pemain senior. Kami juga memberi kesempatan kepada pemain yang tidak terpantau di dalam negeri, seperti Andik dan Dedi Gusmawan," imbuhnya.

Sejauh ini, Timnas Indonesia baru mendapatkan kepastian lawan uji coba melawan Malaysia. Dua negara lain, Vietnam dan Myanmar sudah masuk agenda namun belum dipastikan waktu dan tempat pelaksanaan. 

Daftar 22 pemain Indonesia melawan Malaysia:

Kiper: Kurnia Meiga (Arema), Andritany Ardhiyasa (Persija), Dian Agus Prasetyo (Pusamania Borneo FC)

Belakang: Beny Wahyudi (Arema), Indra Kahfi (Bhayangkara Surabaya United), Hansamu Yama Pranata (Barito Putera), Dedi Gusmawan (Zeyar Shwe Myay), Rudolof Yanto Basna (Persib), Fachrudin Wahyudi Aryanto (Sriwijaya FC), Abdul Rahman (Persiba Balikpapan), Abduh Lestaluhu (PS TNI)

Tengah: Andik Vermansah (Selangor FA), Evan Dimas (Bhayangkara Surabaya United), Ichsan Kurniawan (Sriwijaya FC), Bayu Pradana (Mitra Kukar), Adam Alis (Barito Putera), Septian David Maulana (Mitra Kukar), Irsyad Maulana (Semen Padang)

Depan: Boaz Solossa (Persipura), Irfan Bachdim (Hokkaido Consadole Sapporo), Zulham Zamrun (Persib), Lerby Eliandry Pong Baru (Pusamania Borneo FC)

Video Populer

Foto Populer