Sukses


    Menpora Beri Rekomendasi untuk Naturalisasi Ezra Walian

    Bola.com, Jakarta - Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia, Imam Nahrawi, mengeluarkan surat rekomendasi untuk mendukung proses naturalisasi pesepak bola muda keturunan Indonesia, Ezra Walian.

    Surat rekomendasi tersebut dikeluarkan oleh Menpora dan ditujukan kepada Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia agar proses naturalisasi bisa segera dilakukan dengan tujuan membawa sang pemain bisa masuk dalam skuat Timnas Indonesia U-22 di SEA Games 2017.

    Wacana Ezra Walian, pemain Belanda berdarah Manado yang bermain untuk Jong Ajax, untuk menjadi pemain naturalisasi Indonesia demi bermain di Timnas Indonesia U-22 di SEA Games 2017 Kuala Lumpur tampaknya bisa segera terwujud. Menpora Imam Nahrawi langsung menindaklanjuti surat dari KONI Pusat agar proses naturalisasi pemain berusia 19 tahun itu bisa segera dilakukan.

    "Menindaklanjuti Surat Ketua Umum Komite Olahraga Nasional Indonesia Pusat Indonesia Nomor: 2270/UMM/XII/2016 Tanggal 28 Desember 2016 perihal Rekomendasi Naturalisasi Atlet atas nama Ezra Harm Ruud Walian (atlet sepak bola), dengan hormat disampaikan bahwa Kementerian Pemuda dan Olahraga pada prinsipnya menyambut baik dan sangat mendukung keinginan atlet yang bersangkutan untuk menjadi Warga Negara Indonesia."

    "Sehubungan hal tersebut, agar yang bersangkutan dapat segera ikut memperkuat skuat Tim Nasional Sepak bola Putra, mohon berkenan Menteri untuk memproses pemberian hak kewarganegaraan bagi atlet yang dimaksud sesuai ketentuan Pasal 20 Undang-Undang Nomor 12 Tahun 2006 tentang Kewarganegaraan Republik Indonesia," bunyi surat dari Menpora Imam Nahrawi yang juga ditembuskan hingga kepada Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo.

    Ezra Walian merupakan pemain sepak bola kelahiran Amsterdam, Belanda, dari ayah bernama Glen Walian yang merupakan pria asal Manado dan ibu bernama Linda Bos yang merupakan wanita asli Belanda.

    Ezra bermain sepak bola bersama Jong Ajax di Liga Belanda dan sempat memperlihatkan kemampuannya di depan Ketua Umum PSSI, Edy Rahmayadi, dalam sebuah pertandingan ekshibisi di Cijantung, Jakarta, Kamis (27/12/2016).

    Ezra Walian, yang memang berkeinginan membela Timnas Indonesia sejak melihat Irfan Bachdim melakukannya di Piala AFF 2010, kemungkinan besar akan menjadi bagian dari Timnas Indonesia U-22 yang akan berlaga di SEA Games 2017 yang akan digelar di Kuala Lumpur, Malaysia.

    Ketua Umum PSSI, Edy Rahmayadi, awalnya mengaku belum ada pembicaraan mengenai kemungkinan Ezra dinaturalisasi. Namun, surat dari Menpora kepada Menteri Hukum dan HAM telah menegaskan Ezra akan menjadi bagian dari Tim Garuda Muda.

    Video Populer

    Foto Populer