Sukses


12 Peraturan Baru Premier League 2016-2017

Bola.com, London - Premier League musim 2016-2017 sebentar lagi bergulir. Berikut sejumlah peraturan baru yang terdapat pada kompetisi sepak bola kasta tertinggi di Inggris itu.

Kompetisi Premier League musim 2016-2017 akan berlangsung pada 13 Agustus 2016 dan berakhir pada 21 Mei 2017. Ada tiga tim yang promosi dari Championship Division. Mereka adalah Burnley, Middlesbrough, dan Hull City. Ketiga klub itu menggantikan Newcastle United, Norwich City, dan Aston Villa.

Burnley mendapatkan tiket ke Premier League mendapatkan tiket ke Premier League setelah mengalahkan Queens Park Rangers (QPR). Tiket kedua didapat oleh Middlesbrough.

Pada pertandingan terakhir, mereka bermain imbang 1-1 melawan Brighton & Hove Albion. Tiket terakhir ke Premier League didapat Hull City setelah menang 1-0 melawan Sheffield Wednesday pada babak play-off yang berlangsung di Stadion Wembley, London, (28/5/2016).

Sebelum Premier League musim 2016-2017, sudah ada delapan pergantian pelatih, di antaranya Jose Mourinho melatih Manchester United, Josep Guardiola menjadi manajer Manchester City, dan Antonio Conte menjadi juru racik taktik Chelsea. Selain pergantian pelatih, ada juga perubahan peraturan.

1. Kick Off
Seperti yang terlihat pada Piala Eropa 2016, kini bola tidak perlu lagi harus mencapai daerah lawan saat kick off untuk memulai pertandingan. Selama bola sudah bergulir maka pertandingan sudah bisa dimulai. Hal ini memungkinkan kick off dilakukan oleh satu pemain saja.

2. Kartu merah sebelum laga
Mulai musim mendatang, ofisial pertandingan diperbolehkan untuk memberikan kartu merah sebelum laga dimulai. Hukuman ini dapat diberikan kepada pemain yang melakukan tindakan agresif ketika masih berada di lorong stadion. Hukuman kartu merah juga dapat diberikan ketika laga sudah selesai.

3. Tidak ada lagi 'triple-punishment law'
Sebelumnya, pemain sebuah klub akan mendapat tiga hukuman jika melanggar pemain yang berpeluang besar untuk mencetak gol di dalam kotak penalti, yaitu kartu merah, larangan bertanding dan penalti. Namun sekarang, pemain yang melanggar tidak langsung diganjar dengan kartu merah, tetapi dilihat terlebih dahulu keras tidaknya pelanggaran tersebut. Pemain yang melanggar bisa saja hanya diganjar dengan kartu kuning.

4. Perlakuan terhadap pemain yang mengalami cedera
Jika ada pemain yang dilanggar dan mengalami cedera, sementara pelanggarnya mendapat kartu kuning atau merah, maka penanganan cedera bisa langsung dilakukan di dalam lapangan tanpa harus membawa pemain yang cedera ke luar lapangan terlebih dahulu.

5. Pemain yang mengganti sepatu di tengah pertandingan
Sebelumnya, pemain yang mengganti perlengkapan di tengah pertandingan harus membutuhkan izin dari wasit terlebih dahulu sebelum kembali bergabung ke dalam lapangan. Namun kini pemain tersebut boleh kembali bergabung setelah ofisial keempat memeriksa perlengkapan yang diganti.

6. Penalti
Eksekutor penalti akan mendapat kartu kuning jika berhenti atau melakukan gerakan tipuan setelah selesai melakukan larian. Peraturan tidak berlaku jika eksekutor melakukan gerakan tipuan ketika masih berada dalam lariannya.

7. Gangguan dari staf klub atau pemain cadangan
Jika ada protes keras dari staf klub atau pemain cadangan yang berada di area teknikal, maka wasit bisa memberikan hukuman tendangan bebas atau bahkan tendangan penalti kepada tim lawan.

8. Warna pakaian dalam (base layer)
Warna pakaian dalam bagian atas harus disesuaikan dengan warna bagian lengan seragam klub. Sementara pakaian dalam bagian bawah harus sama dengan warna celana atau warna kaus kaki.

9. Offside
Pemain akan dinyatakan offside jika bagian tubuhnya (termasuk lengan dan tangan) melewati batas pemain terakhir lawan. Tendangan bebas yang disebabkan oleh offside harus dilakukan di tempat offside terjadi.

10. Handball
Pemain yang melakukan handball akan diganjar kartu kuning jika pelanggaran tersebut menghentikan serangan lawan yang berpotensi menghasilkan gol.

11. Restart
Para pemain yang mengambil set-pieces (sepak pojok dan tendangan bebas) tidak diperbolehkan hanya menyentuh bola saja. Bola harus bergerak dan berpindah dari titik awal.

12. Tindakan agresif dari pemain
Pengadil pertandingan akan bersikap lebih tegas terhadap tindakan agresif yang dilakukan oleh para pemain. Para pemain yang mendebat keputusan wasit akan diganjar dengan kartu kuning. Sementara pemain yang mengeluarkan kata-kata tidak pantas dan memperlihatkan gestur yang menantang akan diganjar kartu merah.

Sumber: Sky Sports

Video Populer

Foto Populer