Sukses


3 Modal Valentino Rossi untuk Menangi MotoGP Italia

Bola.com, Mugello - Pebalap Movistar Yamaha, Valentino Rossi, belum dipastikan turun di ajang MotoGP Italia, Minggu (4/6/2017). Sang pebalap masih harus menunggu izin dari dokter sebelum memutuskan berpartisipasi di balapan kandangnya tersebut.

Rossi masih dalam proses pemulihan setelah mengalami kecelakaan saat berlatih motocross. Dia sempat dirawat semalam di rumah sakit di Ramini, Italia. Meski sudah diizinkan pulang, kondisi The Doctor masih terus dipantau dokter.

Belum ada keterangan resmi dari dokter atau tim Movistar Yamaha tentang keikutsertaan Rossi pada balapan di Sirkuit Mugello tersebut.

Namun, jika akhirnya diizinkan balapan, Rossi punya beberapa modal apik untuk memenangi balapan MotoGP Italia. Salah satu modal yang dimaksud adalah rekor menterengnya di Sirkuit Mugello.

Valentino Rossi merupakan pebalap yang mengantongi jumlah kemenangan terbanyak di Mugello, khususnya di era MotoGP. Pesaing terdekatnya adalah mantan rekan setimnya di Movistar Yamaha, Jorge Lorenzo.

Lalu, apakah modal lainnya yang bisa membantu Rossi menjuarai MotoGP Italia?

Inilah tiga modal Valentino Rossi untuk merebut kemenangan di Sirkuit Mugello, akhir pekan ini:

2 dari 4 halaman

Gelar Juara Terbanyak

Valentino Rossi merupakan pebalap yang paling sering menjuarai MotoGP Italia di Sirkuit Mugello pada era MotoGP. Total, The Doctor sudah mengantongi tujuh kali kemenangan, yang diraih secara beruntun pada 2002-2009.

Pesaing terdekat Rossi dalam kategori ini adalah Jorge Lorenzo yang kini memperkuat Ducati. X-Fuera sudah lima kali juara di MotoGP Italia, yaitu pada 2011, 2012, 2013, 2015, dan 2016.

Marc Marquez kurang begitu cocok dengan sirkuit ini karena baru satu kali juara pada 2014.

Namun, Rossi juga harus waspadai. Meski mengoleksi kemenangan terbanyak, namun yang terakhir diraihnya pada musim 2008 alias sembilan tahun silam. Pada musim lalu, Rossi bahkan gagal finis karena mesin motornya jebol.

Daftar juara MotoGP Italia sejak 2002:

2016 Jorge Lorenzo

2015 Jorge Lorenzo

2014 Marc Márquez

2013 Jorge Lorenzo

2012 Jorge Lorenzo

2011 Jorge Lorenzo

2010 Dani Pedrosa

2009 Casey Stoner

2008 Valentino Rossi

2007 Valentino Rossi

2006 Valentino Rossi

2005 ValentinoRossi

2004 Valentino Rossi

2003 Valentino Rossi

2002 Valentino Rossi

3 dari 4 halaman

Paling Sering Rebut Pole

Selain mengoleksi kemenangan terbanyak, Valentino Rossi juga meraih pole paling sering di MotoGP Italia, yang berlangsung di Sirkuit Mugello.

The Doctor sudah enam kali start dari posisi terdepan di Mugello. Posisi kedua dalam kategori ini ditempati pebalap Repsol Honda, Dani Pedrosa, yang tiga kali merebut pole.

Adapun posisi ketiga ditempati mantan pebalap Ducati dan Repsol Honda, Casey Stoner. Pebalap Australia tersebut dua kali start terdepan di Sirkuit Mugello.

4 dari 4 halaman

Dukungan Fans Fanatik

Seri MotoGP Italia merupakan balapan kandang bagi Valentino Rossi. Pendukung fanatik Rossi dipastikan bakal mendominasi tribune di Mugello. Sirkuit Mugello bakal menguning, sesuai dengan warna yang menjadi ciri khas The Doctor. 

Dukungan penuh fans ini bakal menjadi suntikan semangat tersendiri bagi Valentino Rossi.

 

 

Video Populer

Foto Populer