Froome Prediksi Persaingan Makin Ketat di Etape ke-8 TdF 2015

oleh Diya Farida diperbarui 11 Jul 2015, 14:45 WIB
SENGIT - Pebalap Team Sky, Chris Froome (tengah), memerkirakan persaingan pada klasemen umum bakal semakin sengit di Etape ke-8 Rennes - Mur de Bretagne Tour de France 2015 malam nanti.(AFP/Lionel Bonaventure)

Bola.com, Fougeres - Pemegang yellow jersey Tour de France (TdF) 2015, Chris Froome, memrediksi persaingan akan semakin ketat di Etape ke-8 Rennes - Mur de Bretagne, Sabtu (11/7/2015) malam WIB. Hal itu tidak lepas dari tipisnya selisih waktu antara dirinya dengan dua pebalap sepeda di posisi tiga besar, Peter Sagan dan Tejay Van Garderen.

Froome, resmi kembali mengenakan yellow jersey setelah menyelesaikan Etape ke-7 Livarot - Fougeres dalam peloton terdepan. Meski cuma dicatat finis ke-24, rekaman waktu pebalap Team Sky itu tetap sama dengan kampiun etape ketujuh, Mark Cavendish, 4 jam 27 menit 25 detik.

Advertisement

Total, Froome kini membukukan waktu selama 26 jam 40 menit 51 detik. Unggul 11 detik atas Sagan, dan 13 detik dari Van Garderen.

Sementara dua rival utamanya, Alberto Contador dan Vincenzo Nibali, masih tercecer di peringkat 7 dan 11 klasemen umum pebalap sementara. Contador, yang merupakan Juara Giro D'Italia 2015, mencatat waktu 36 detik lebih lambat. Sedang sang juara bertahan, tertinggal 1 menit 38 detik.

Namun begitu, Froome memerkirakan jarak waktu dengan para kompetitornya bisa terpangkas. Apalagi, karakter rute balapan etape kedelapan nanti lebih pendek dan memiliki tanjakan sepanjang 1.3 km dengan rata-rata kecuraman 9.6 persen.

"Jujur, saya tidak begitu tahu mengenai jalanan Mur de Bretagne. Saya harus memelajari lebih banyak lagi rute ini," tutur Froome, dilansir AFP, Sabtu (11/7/2015).

"Dari pemahaman saya, rute ini tidak akan lebih seselektif seperti di etape ketiga Mur de Huy kemarin. Tapi saya tetap berpikir para pebalap akan memikirkan untuk memotong jarak waktu di klasemen umum," tukas Juara Tour de France 2013 itu.

Seperti pada etape keempat, di etape kedelapan nanti, Froome akan membalap dengan mengenakan yellow jersey, sebagai tanda pimpinan klasemen umum pebalap. Sebelumnya, di etape ketujuh, pebalap asal Inggris ini menolak memakai yellow jersey, meski sejatinya hak pakai sudah ada di tangannya.

Chris Froome mengaku enggan mengenakan yellow jersey di etape ketujuh demi menghormati pebalap Etixx Quick Step, Tony Martin, yang terpaksa undur diri karena mengalami patah tulang selangka menyusul insiden di pertengahan Etape ke-6 Abbeville - Le Havre Tour de France 2015.

Berikut klasemen umum pebalap sementara:

1. Chris Froome (Team Sky), 26 jam 40 menit 51 detik
2. Peter Sagan (Tinkoff-Saxo), +11 detik
3. Tejay Van Garderen (BMC Racing), +13 detik
4. Tom Gallopin (Lotto-Soudal), +26 detik
5. Greg Van Avermaet (BMC Racing), +28 detik
6. Rigoberto Uran Uran (Etixx Quick Step), +34 detik
7. Alberto Contador (Tinkoff-Saxo), +36 detik
8. Zdenek Stybar (Etixx Quick Step), +52 detik
9. Geraint Thomas (Team Sky), +1 menit 3 detik
10. Warren Barguil (Team Giant-Alpecin), +1 menit 7 detik

Baca juga:

Ini Dia Kasus Doping Pertama di Tour de France 2015

Yellow Jersey Tour de France 2015 Kembali Makan Korban

Patah Tulang Belakang, Cancellara Mundur dari Tour de France 2015