Sukses


Yellow Jersey Tour de France 2015 Kembali Makan Korban

Bola.com, Le Havre - Harga hak pakai yellow jersey di ajang balap sepeda Tour de France (TdF) 2015 rupanya sangat mahal. Selain pebalap Team Sky, Chris Froome, dua pebalap yang pernah merasakan kebanggaan mengenakan yellow jersey TdF tahun ini, Fabian Cancellara (Trek Factory Racing) dan Tony Martin (Etixx-Quick Step), harus membayar hak pakai tersebut dengan mengundurkan diri dari TdF.

Cancellara menjadi pebalap sepeda pemegang yellow jersey TdF 2015 pertama yang undur diri setelah mengalami patah tulang belakang, menyusul kecelakaan fatal di Etape ke-3 Anvers - Huy. Setelah Cancellara, 'jinx' yellow jersey berpindah ke Martin di akhir Etape ke-6 Abbeville-Le Havre.

Sama seperti Cancellara, Martin juga 'memaksakan diri' menyelesaikan balapan dalam kondisi patah tulang. Satu yang membedakan ialah lokasi tulang patahnya. Martin dilaporkan mengalami patah tulang selangka usai terlibat kecelakaan di etape keenam sepanjang 191.5 km.

Kepergian Martin membuat Froome kembali tertiban durian runtuh. Serupa dengan skenario balapan di etape ketiga menuju etape keempat, jelang etape ketujuh malam nanti, Froome juga dipastikan menerima lungsuran yellow jersey dari pimpinan klasemen sebelumnya, Martin.

Namun begitu, Froome menolak bila hal tersebut datang berdasar keberuntungan semata. Menurut Juara TdF 2013 itu, posisinya saat ini didapat lewat kerja keras yang juga berdarah-darah.

"Saya mendapat benturan di tulang lutut saya, dan ada sedikit kucuran darah di sana. Saya harus menunggu di pinggir jalan lantaran sepeda saya tak bisa saya gowes," cetus Froome, yang juga terlibat dalam insiden etape keenam kemarin, dilansir AFP.

"Seperti yang saya katakan sebelumnya, saya sangat senang dengan keadaan saya saat ini, dan saya tidak bisa meminta hal yang lebih baik lagi. Saya harap kami bisa menjaga hal ini," lanjutnya.

Tahun lalu, sebagai juara bertahan, Froome harus mengubur mimpinya lebih awal lantaran mengalami patah tulang pada pergelangan tangannya. Di Tour de France 2014, Chris Froome undur diri di etape kelima setelah mengalami kecelakaan sebanyak tiga kali dalam tempo dua hari.

Akankah 'jinx' yellow jersey Tour de France 2015 kembali hadir di sisa etape balapan?

Baca juga:

Zdenek Stybar Juarai Etape Keenam, Martin Kokoh di Puncak

Greipel Juara Etape ke-5, Tony Martin Pertahankan Jaket Kuning

Sempat Kesulitan, Tony Martin Juarai Etape 4 Tour de France 2015

Video Populer

Foto Populer